Mencari sumber tulisan

Sebenarnya saya bingung mau nulis tentang apa, maklum lah semenjak jarang aktif di blog lagi minat untuk semangat menulisnya jadi memudar sehingga terpaksa harus kembali dari awal. Alasannya sih bukan selain karena malas aja, melainkan terlalu sibuk fokus belajar bahasa asing sampai rela ikut les sana-sini sampai berbayar dengan harganya yang lumayan murah. Belum lagi jadwal kuliah dan terus-terusan mencari sumber refrensi lewat artikel/e-book sehingga saya mengabaikan kegiatan waktunya untuk menulis.

Mau pingin menulis aja cuman bingung topiknya tentang apa, mau nulis cuman sering terkendala/ terdistraksi masalah lain sehingga sering batal nulisnya, apalagi sering menunda menulis karena kecapean karena habis ngerjain pekerjaan lain. Susah ya 😦

Menulis itu gampang kok asalkan harus niat, cuman hal paling sulit itu adalah mencari sumber alias topik untuk dijadikan bahan tulisan. Biasanya nyari ide itu bisa dimana aja baik nggak sadar maupun saat sibuk berburu inspirasi lewat pikirannya, sebenarnya cukup mudah kok kalau mau nyari ide sumber untuk bahan tulisan nanti. Beberapa hal ini adalah cara sederhana untuk mencari sumber untuk tulisan versi saya sendiri.

1. Pengalaman

Cara ini adalah yang sangat gampang bagi pemula untuk belajar menulis, bagi yang suka menulis diary sudah hal paling lumrah dan sangat mudah baginya. Sebaiknya kalau mau belajar menulis dari awal, coba deh tulis pengalaman tentang hal apa saja yang kalian alami di kehidupan sehari-hari.

2. Always Reading

“Buku adalah jendela ilmu.” mungkin kalian pernah mendengar seperti ini? Yah, buku memang sangat kaya berbagai ilmu dan ide inspirasi yang bisa kalian ambil. Antara membaca dan menulis itu ibarat seperti dua bersaudara yang nggak bisa dilepaskan karena sama-sama mengundang datangnya ide dan inspirasi, itulah alasan kenapa kalian (pemula menulis) juga harus rajin membaca. Kalau nggak baca buku, kalian juga bisa membaca situs-situs artikel, jurnal, atau e-book yang sangat mudah bagi kalian untuk mencari sumber inspirasi.

3. Watching video

Kalau kalian merasa jenuh karena keseringan baca demi mendapat inspirasi, menonton video juga bisa kalian lakukan untuk mencari inspirasi. Kalian bebas mau nonton video apa saja asalkan yang berguna dan positif untuk kalian semua, entah tentang pendidikan, lifestyle, berita positif, dan lain-lain. Jangan sampai nonton video yang mengandung merusak moral kalian, ya.

4. Talk or discussing

Selain membangung jaringan sosial atau pertemanan yang kuat, bersosialisasi juga mudah mendapatkan datangnya inspirasi. Caranya dengan berdiskusi dengan orang terdekatmu untuk menyampaikan tentang topik yang menarik, kalian juga bisa bertukar informasi dengan orang terdekatmu dan bisa jadi akan menjadi sumber refrensi untuk tulisan nanti.

5. menjadi pengamat

Hampir sama seperti di poin 3 yaitu sama-sama menyimak, kalian juga sering kan mengamati lingkungan di sekitarmu. Biasanya ini sering dipakai ketika sedang refreshing atau sedang pergi kemana-mana, siapa sangka kalau kalian nggak sengaja melihat peristiwa yang menarik di sekelilingnya. Secara nggak sadar, inspirasi bakal muncul di pikiran kalian.

Itulah 5 cara sederhana untuk mencari sumber untuk bahan tulisan, semua orang (penulis) juga pernah mengalami hal ini, kok. Kalau ada cara lain mencari sumber tulisan selain yang diatas boleh berbagi share di kolom komentar.

*Btw mau ganti template, ah. Kayaknya makin lama font nya jadi kecil, kalau digedein malah jadi aneh 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s