3 bahasa asing yang lagi aku kuasai

Selama di masa pandemi kita tetap harus produktif dan menjaga kesehatan baik di dalam rumah maupun di luar rumah, sejak hampir setahun dilanda Virus Covid kehidupan mulai berubah dimana kita harus berdampingan bersama para virus dan berusaha untuk menghindar dari kawanan virus. Meskipun kita masih berada di rumah saja pekerjaan tetaplah pekerjaan yang harus dilakukan dan harus pintar aktif melakukan hal positif.

Akhir-akhir ini aku memang jarang menulis di blog ini karena lagi fokus mempelajari hal-hal baru termasuk belajar bahasa asing, membahas tentang bahasa asing yang ingin di kuasai aku kembali teringat ketika dulu pernah belajar beberapa bahasa asing dari sekolah hingga kuliah. Kalau kamu mau membaca pengalaman pernah belajar bahasa asing bisa klik di sini ya, aku udah pernah cerita gimana sih belajar beberapa bahasa asing yang pernah di pelajari dari masa ke masa.

Sampai saat ini pun aku masih belajar beberapa bahasa asing meskipun sebagiannya karena ada mata kuliah umum di kampusku. Sedangkan satu nya lagi aku belajar bahasa asing karena hanya ingin mencobanya sekaligus menambah kemampuan baru dan tertarik dengan negaranya. Hanya ada 3 bahasa yang sedang aku pelajari sekaligus ingin menguasainya.

1. Bahasa belanda

Goedemiddag~

Bahasa asing pertama yang sedang kupelajari adalah bahasa Belanda, akhir-akhir ini aku lagi fokus belajar bahasa Belanda karena menurutku lumayan susah-susah gampang sih. Dan juga karena beberapa kosakata atau kalimat pun sebagian mirip bahasa Inggris & Jerman dan sebagiannya lagi mirip seperti serapan bahasa Indonesia. Alasan aku tertarik bahasa Belanda karena juga suka dengan kehidupan dan kebudayaan disana termasuk sejarah yang terkenal menjajah nusantara pada jaman dulu. Awal mengenal bahasa ini saat aku lagi iseng-iseng main di aplikasi Duolingo dan selalu catat macam kosakata atau kalimat past tense, dll disitu.

Bahkan aku rela investati 15K untuk ikutan kursus online bahasa yang saat itu lagi ada promo dengan diskon yang sangat murah. Sekarang sih aku udah selesai ikutan kursus selama 2 bulan dan ikut ujian akhir, sekarang tinggal nunggu sertifikatnya.

2. bahasa korea

Berikutnya ada bahasa Korea, siapa nih yang suka korea karena demam hallyu atau Kpop? aku pun juga termasuk dalam golongan ini cuman lebih suka ke Kpop nya aja. Btw, aku sendiri udah suka Korea sejak dulu bahkan bermimpi pingin kuliah di jurusan Sastra Korea, sayangnya sih aku gagal gara-gara gak lolos masuk PTN + nggak bisa ngambil jurusan sastra Korea di kampus swasta gegara biayanya cukup mahal. Sebelumnya aku pernah pertama kali nulis kosakata bahasa Korea saat SMP dan pernah coba belajar sendiri cuman sempat berhenti disitu, dan sekarang aku balik lagi belajar bahasa Korea sejak beberapa lama kemudian.

Dan akhirnya aku bisa dapat kesempatan lagi ikutan kursus online bahasa Korea yang sebelumnya pernah ikut webinar online bahasa Korea yang cuman agak nggak nyaman sih karena jumlah pesertanya sangat banyak dan ricuh di chat zoom nya.

3. bahasa jepang

Terakhir adalah bahasa Jepang, sebenarnya alasa aku belajar bahasa ini karena lagi kuliah sih. Kamu tahu sendiri kan kampusku itu tuh emang terkenal banget karena sastra Jepangnya sampai beberapa staff hingga dosennya tuh ada yang berasal dari Jepang juga, itu karena kampus aku sendiri tuh memang didirikan oleh para alumni dari Jepang. Itulah kenapa mata kuliah bahasa Jepang itu nggak hanya khusus Sastra Jepangnya aja, melainkan dijadikan sebagai mata kuliah umum untuk semua jurusan yang ada di kampus aku.

Aku dulu juga di sastra Jepang dan mulai mengenal tulisan dan bahasa yang agak rumit namun cukup keren kalau bacanya. Dan sampai sekarang aku masih belajar bahasa Jepang karena bukan untuk kuliah aja, tetapi mencoba belajar dengan sendiri di rumah.

Well itulah beberapa 3 bahasa asing yang sedang aku pelajari hingga sekarang, mana nih diantara 3 bahasa ini yang kamu sukai?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s