Teror Hantu Masker di Film Carved : The Slit Mouthed The Woman

Gimana nih puasanya, lancar nggak? Alhamdulillah kalau masih lancar dan sehat selalu selama di bulan Ramadhan ini. Dan semoga kamu baik-baik saja dan jaga kesehatan di masa pandemi ini.

Soal pandemi masih terus berlanjut dan ini sudah kedua kalinya kita berpuasa di tahun ini, Corona belum reda juga ya dan terus semakin bertambah jumlah pasien yang terkena covid-19. Kita masih terus berada di rumah saja dan selalu memakai masker saat keluar rumah serta memakai hand sanitizer. Oh iya, ngomong-ngomong soal tentang masker nih, sampai sekarang ini semua masyarakat sudah mulai terbiasa memakai masker guna menghindari penyakit termasuk Virus Corona, gak hanya di Indonesia saja bahkan hampir sebagian besar di seluruh penjuru dunia. Bahkan tingkat penjualan masker kian meningkat sampai harganya naik karena sudah mulai langka sehingga banyak yang memutuskan untuk membuka bisnis masker kain yang saat ini lagi ngetrend karena masker kain sangat hemat dipakai dan bisa dicuci ulang, masker pun juga suka dijadikan sebagai gaya fashion dengan corak yang unik sampai lucu sehingga rasanya membuat kamu ingin memiliki rasa itu.

Kalau pake masker memang terlihat keren serta membawa kesan misterius seolah-olah susah ditebak dengan ekspresi wajah dibalik masker tersebut. Masker itu kan nggak hanya untuk melindungi diri dari penyakit saja kok, masker juga bisa kok membuat penampilan kita makin keren kayak seperti artis Korea yang kerap berjalan di bandara atau tempat umum. Melihat orang pake masker memang sudah hal biasa yang sering kamu lihat dimana-mana, tapi pernah nggak sih kamu lihat hantu yang suka pake masker? menurut kamu merasa aneh kan kalau liat hantu pake masker kayak orang-orang pada umumnya tetapi ini beneran ada kok bahkan sampai jadi legenda terkenal yang ada di Jepang, hantu tersebut ialah Kuchisake Onna alias wanita bermulut robek. Hantu ini pun memang sangat terkenal sekali di Negeri Bunga Sakura sampai ada filmnya loh yang sudah aku tonton kemarin yaitu Carved : The Slit Mouthed Woman.

Source : IMdB

Genre : Horror, Thriller

Rilis : 9 Februari 2007 / 17 Maret 2007 (Japan)

Directed by : Koji Shiraishi

Produced by : Saori Yabe, Shuntaro Kanai, Hirokazu Kokago

Pemain : Eriko Sato, Haruhiko Kato, Chiharu Kawai, Rie Kuwana, Miki Mizuno

Negara : Jepang

Bahasa : Jepang

Rated dari aku : 77.8%

****

FYI bagi kamu yang belum tahu tentang Kuchisake Onna, Kuchisake Onna merupakan hantu wanita populer di Jepang yang terkenal selalu memakai masker yang menutupi mulutnya yang robek serta membawa gunting besar untuk memangsa korbannya. Banyak sekali versi asal-usul tentang sejarah hantu mulut robek itu. Kisah ini bermula ketika hidup di jaman masa Heian, ada seorang wanita cantik yang merupakan istri seorang samurai yang sifatnya angkuh dan gemar berselingkuh di belakang suaminya. Suatu hari ia terciduk ketahuan selingkuh bersama orang lain sehingga membuat suaminya murka dan menyiksa istrinya dengan cara merobek mulutnya menggunakan pedangnya, kemudian sang suami mengejek ke istrinya yang sedang kesakitan dan berkata, “Sekarang mana ada yang bilang kamu itu cantik.”

Sebenarnya masih banyak beberapa versi tentang asal-usul munculnya hantu Kuchisake Onna tersebut. Mulai dari wajah pasien wanita yang rusak akibat kelalaian dokter saat operasi wajah, korban kecelakaan hingga wajahnya rusak, wanita pengidap gangguan jiwa yang nekat menggunting mulutnya, sampai ada yang karena terkena kutukan sehingga menjadi siluman bermulut robek. Banyak sekali versi ceritanya cuman yang paling terkenalnya itu tentang si wanita di jaman masa Heian. Hantu itu biasanya suka menampakkan diri di tempat yang sepi dan memakai jaket coat panjang, masker mulut, serta membawa senjata tajam seperti gunting untuk menunggu korban yang lagi lewat. Jika ada korbannya sedang lewat, Kuchisake Onna akan menghadangnya dan bertanya, “Apakah aku cantik?” misalnya nih kalau kamu korbannya terus ditanyain oleh hantu itu jangan berkata “tidak” maka hantu itu akan mengejarmu dan membunuhnya dengan cara merobek mulutnya dari ujung telinga kanan sampai ke ujung telinga kiri.

Katanya salah satu cara yang paling selamat adalah harus jawab “B aja” atau “lumayan”. Hal ini membuat si Kuchisake Onna tersebut akan bingung dengan jawabanmu dan berdiam diri sambil terus berpikir sehingga kamu punya kesempatan lari untuk menjauhi hantu tersebut.

Sekarang balik lagi ke filmnya ya, film ini menceritakan tentang legenda Kuchisake Onna yang meneror masyarakat Jepang sehingga pihak sekolah memerintahkan kepada para muridnya untuk segera pulang cepat dan harus didampingi bersama guru atau teman-temannya untuk sampai ke rumahnya. Sayangnya, sudah ada beberapa murid-murid SD yang diculik sama Kuchisake Onna dan dibawa ke rumah terpencil di atas bukit sehingga tempat pemukiman Jepang semakin diperketat oleh para petugas keamanan, Hantu tersebut kerap merasuki orang-orang termasuk ibu para murid dan menyamar sebagai manusia biasa, biasanya tanda-tanda kehadiran munculnya hantu itu disertai adanya gempa dan salah satu ibunya yang kerasukan akan mengalami flu yang disertai batuk.

Kyoko adalah pemeran utamanya di film tersebut yang merupakan guru sekolah SD yang selalu melindungi murid-muridnya dari ancaman si hantu tersebut termasuk Mika. Mika sendiri adalah seorang murid SD yang punya masalah dengan ibunya sehingga dirinya sangat membenci ibunya karena suka kasar dan melukai Mika di bagian mulut dan sekujur tubuhnya sehingga dirinya selalu memakai masker saat ke sekolah. Kyoko ini juga sama seperti Mika terkait masalah keluarganya karena dirinya sudah bercerai dengan sang suami dan anaknya sendiri harus ikut bersama bapaknya. Suatu hari Mika diculik oleh hantu Kuchisake Onna tersebut sehingga membuat ibunya panik dan menghubungi gurunya, Kyoko, meminta bantuannya untuk mencari putrinya tersebut. Kyoko tidak sendiri saja, tetapi ia pergi bareng bersama guru laki-laki bernama Noboru yang ternyata punya kisah masa lalu yang berhubungan dengan hantu Kuchisake Onna.

Btw, aku masih ingat dulu pernah nonton ginian waktu masih SMP bareng teman-temannya. Film Jepang tuh emang serem banget dan lebih horor dibanding film-film biasa seperti barat, aku sendiri nggak terlalu suka film horor Jepang apalagi nonton filmnya. Kuakui hantu-hantu di Jepang sangat menyeramkan dan suka jumpscare kepada para penonton seperti video penampakan hantu di Jepang. Lihatnya aja udah mulai tutup mata dan telinga meskipun videonya baru dimulai, Film Carved ini sebenarnya udah lama banget dan ceritanya nggak mencakup aura horornya aja kok, tetapi banyak terselip kisah masalah parenting antara anak dan ibunya yang mirip seperti di kehidupan nyata sehari-hari. Biasanya emak-emak tuh sifatnya keras ya dan suka memarahi anaknya karena nakal gak nurut orangtua, ini sih udah hal biasa sih yang dirasakan sebagai anak atau ibu ketika ngelakuin hal kayak gini. Bahkan ibu juga suka memukul dengan sapu/ menjewer anaknya supaya anaknya jera dan berjanji nggak akan nakal lagi, tapi sih kataku ini terlalu keras dan parah sih.

Kalau dari segi filmnya sih, cukup seram dan alur ceritanya simpel sehingga aku mudah mengerti jalan ceritanya. Sayangnya kalau kekurangan di film itu ada plot holenya jadinya gak diketahui kenapa ibu Noboru yang sakit-sakitan dan bersikap aneh sehingga kerap memukul anak-anaknya termasuk Noboru hinggaakhirnya ibunya tewas ditangan Noboru. Sedangkan untuk visualnya seperti berlatar cerita jaman dulu, yaa emang nih filmnya udah lama banget tetapi horornya kayak berasa gitu dan bikin ngilu nontonnya. Mungkin beberapa film Jepang juga kayak gitu juga ya yang visualnya terlihat aethetic dan agak jadul kalau dari lihat segi penglihatannya.

Kalau dari segi pemainnya, sebenarnya aku nggak tahu juga sih tentang artis-artis asal Jepang, tetapi soal kualitas aktingnya cukup natural dan sikap posenya tuh memang sopan dan wajah ekspresinya juga natural ketika lagi terkejut atau kaget. Ini menurut aku ya yang iseng-iseng liat pemeran artis di film Jepang, yang pertama dari karakter Kyoko nih yang dimainkan Eriko Sato, sebagai guru SD yang baik ia selalu mendampingi murid-muridnya untuk membawanya pulang dan suka menasihati si Mika yang lagi ada masalah dengan ibunya. Meskipun Kyoko sendiri juga sama-sama punya masalah dengan suaminya hingga bercerai, Kyoko berusaha tegar dan tetap menasihati si Mika supaya menjadi anak yang baik dan patuh kepada orangtuanya meskipun ibunya orang yang keras terhadap Mika.

Terus ada karakternya Mika nih yang diceritakan seorang murid yang sering memakai masker untuk menutupi lukanya yang ada di mulut. Karakternya memang polos dan selalu tertutup terhadap teman-temannya, Mika juga pendiam dan sangat membenci ibunya karena suka bersikap kasar terhadap dirinya. Terus ada juga karakter Noboru yang merupakan guru sekolah mempunyai masa lalu yang kelam terkait hubungan yang sama seperti Mika dan cuman Noboru lebih parah dibanding si Mika.

Dan terakhir ada karakter hantu si Kuchisake Onna yang kerap meneror masyarakat Jepang khususnya anak-anak, kataku sih ini kayak mengarah ke pyscho yang suka menyiksa anak-anak korban dengan cara menggunting mulut korbannya habis itu langsung membunuhnya. Make up dan tata penampilan artis Miki Mizuna yang memerankan hantu itu sungguh terlihat nyata sekali dan memang iconic banget yang kerap dijadikan sebagai ilustrasi contoh hantu legenda Kuchisake Onna. Terus aktingnya juga bagus dan wataknya juga seperti pembunuh sungguhan serta memiliki wajahnya yang menyeramkan sehingga membuat penonton merasa bergidik melihatnya.

Dan masih banyak lagi karakter-karakter lain yang ada di film itu dan aku sendiri malas jelasinnya karena takutnya terlalu panjang tulisannya.

Dari kesimpulan yang aku ambil film ini, filmnya cukup horor dan nggak terlalu jumpscare juga sih cuman tetap aja ngeri nontonnya. Intinya film Carved itu menggambarkan bahwa anak-anak harus segera pulang sehabis maghrib dan jangan masih kelayapan di luar rumah. Ini mirip seperti di Indonesia sebenarnya katanya kalau pulangnya maghrib-maghrib atau masih keluyuran di luar rumah ntar diculik sama wewe gombel apa gitu. Terus bagi untuk anak-anak yang sehabis pulang dari sekolah pun juga harus pulang secepatnya dan jangan langsung keluyuran kemana-mana, apalagi kalau misalnya pulang sendiri yang biasanya rawan terjadi penculikan anak oleh orang jahat. Dan ini sama seperti kayak di film craved untuk menghimbau murid-muridnya untuk segera pulang cepat dan harus ditemani oleh orangtua, guru, dan teman-temannya.

Film ini juga punya kisah moral tentang parenting antara ibu dan anak bahwa seorang ibu harus sayang sama anaknya perlakukanlah dengan baik serta bijaklah menasihati anaknya supaya ia menjadi pribadi yang baik serta berbakti kepada orangtuanya. Tolong, bagi kamu yang sudah menjadi ibu maupun calon ibu janganlah berbuat kasar kepada sang buah hati sendiri seperti menyiksa atau memukul demi menyadarkan anak-anaknya seperti yang di film tersebut, karena kalau melakukan hal itu justru membuat anaknya semakin tertekan dan mengalami masalah mental di usia dewasa nanti.

Selamat malam Jum’at, Btw ada yang udah pernah nonton film Carved ?

35 tanggapan untuk “Teror Hantu Masker di Film Carved : The Slit Mouthed The Woman

  1. Aahhhhhhhh… selalu.. hwkakakaka. Tapi seru. Sebagai orang visual. Aku menghindari liat gambar hahaha. Dari ulasan meski gak bikin jumpscare tapi aku yang baca udah jumpscare hwkakaka.. apa aku ini termasuk tipe penakut ya hwkakaka.. sip sip ulasannya

    Suka

  2. Merinding kalau ada kuchisake ini. Tapi penasaran juga sama hantu Jepang ini. Cuma kalau nonton kayaknya harus rame rame ini

    Suka

  3. Ohhh iya aku pernah tau nih hantu Jepang yang pake masker terus dan mulutnya robek. Tapi belum pernah nonton film ini. Soalnya horor, aku suka parno haha

    Suka

  4. Film horor Jepang emang serem-serem mba, yang paling kuingat itu hantu Sadako yang dulu ditayangkan di TransTV. Sekarang gak berani nonton karena kadang di rumah bareng anak-anak aja. Takut nularin seremnya, hehe

    Suka

  5. Ya Alllah Kak gambar terakhir bikin kaget coba πŸ™ˆπŸ˜‚ btw kisah hantu masker ini berawal dari kisah anak2 yg disiksa ibunya ya πŸ˜₯

    Suka

  6. Duh, salah gw baca ini malem-malem. Mana isinya review film horor pula. Sekarang gw jadi gak bisa tidur bayangin orang Jepang suka ngegunting mulutnya sendiri.. Orang-orang Jepang ini gimana sih cara mikirnya, sampai-sampai tercipta pemikiran untuk mencelakai mulut..

    Suka

  7. Ya Allah, saya pas azan isya baca ini rasanya merindiingg. Hehehe. Emang nih film jepang kalau bikin horor ngena banget deh bikin rasa takut penonton menggelora. Tapi senengnya ada pesan moral di dalamnya ya kak

    Suka

  8. Aku juga nggak terlalu nyaman nonton horor sih. Paling serem malah film horor Thailand kalau buat aku.

    walau film lama, boleh juga nih jadi bahan tontonan pas kumpul sama adik-adikku.

    Suka

  9. Aduh film serem bukan aku banget. Serem. Dibayarin pun kadang aku gak mau hehehe (teringat masa pacaran). Tapi buat para penggemar film seram film ini sepertinya masuk watchlist mereka nih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s