Mengenal tentang Personal Branding

Apakah personal branding penting bagi kita? Yes, memang penting kalau menurutku supaya bisa mengetahui siapa diri sendiri dan punya kemampuan yang dimiliki. Di jaman sekarang ini seperti di medsos banyak sekali berlomba-lomba adu percaya diri untuk menujukkan siapa diri yang sesungguhnya, banyak sekali beragam konten-konten yang unik dan bermanfaat di akun medsos yang bertujuan sebagai content creator dan memberikan informasi yang aktual serta menginspirasi.

Seperti di Instagram atau Youtube yang rawan content creator untuk menujukkan bakat dan inspiratif yang biasanya lewat sebuah quotes atau kata-kata penyemangat hingga membuat sebuah artikel mini, aku sendiri nggak terlalu up-to-date kalau lagi upload post di feed instagram entah foto selfie atau segala bikin quotes gitu. Biasanya aku bikin akun second instagram yang khusus buat semacam konten tulisan quotes gitu sih kalau misalnya ada ide buat upload di Instagram. Sayangnya aku benar-benar jarang banget upload ke feed instagram dan lebih suka upload di Instagram story.

Bisa dibilang aku cuek kalau ngurusin merawat akun instagramku dan kalau mau upload konten feed pas lagi ikut kegiatan volunteer online sih yang umumnya tugasnya disuruh upload konten dengan tema terterntu dari pihak sananya. Sedangkan sisanya cuman upload twibbon doank sama upload foto pemandangan aja sih. Meskipun Instagramku miskin jarang update foto terbaru, tetapi aku tetap aktif di instagram story dan biasanya isinya cuman share konten dari ig lain atau kalau lagi gabut-gabut aja, nggak suka repost foto alay atau selfie di instagram story.

Soal tentang personal branding, aku lebih justru suka aktif di blog karena suka upload tulisan di blog dan kerap share ke situs komunitas blogger, twitter, atau WhatsApp grup blogger kalau lagi kegiatan blogwalking, sama kayak instagram aktif juga di blog dan aktif lagi blogwalking ke seluruh penjuru blogger indonesia. Dan aku juga aktif di Linkedin untuk ngescroll konten tentang dunia kerja dan selalu rajin upgrade skill dan kemampuanku di akun Linkedin supaya terlihat oke dan bisa mengenali diri aku sendiri.

Disitulah aku menyadari kalau ini yang namanya disebut personal branding, dimana bisa mengetahui kelebihan dan kekuranganku serta tak sengaja menunjukkan kemampuannya di dunia maya. Padahal aku masih agak malu-malu kalau lagi memperagakan kemampuan bakat di depan orang, gak papa sih kalau mau nunjukkin asal jangan terlihat malu atau minder di depan orang karena merasa skillnya masih dibawah rata-rata atau masih pemula. Aku dulu juga gitu merasa minder kalau pertama kali menulis di blog dan takut kalau ada yang dibaca sama orang lain termasuk orang terdekatnya sendiri, sampai saat ini aku udah terbiasa menulis di blog karena udah hampir 2 tahun ngeblog disini tetapi masih agak sedikit rasa minder.

Bagi kalian yang mau mempunyai personal branding yang baik, tips ini bisa lakukan dengan cara menggali siapa diri kalian sebenarnya dan apa bakat kalian? kalian tinggal bisa mencai hal-hal baru yang menurutnya cocok dengan kalian sendiri, jika sudah menemukan hobi atau skill yang baru langsung terusin saja belajar yang benar supaya kemampuan kalian menjadi ahli dengan baik. Jangan lupa sebisa mungkin bikin sebuah konten tentang bakat kalian supaya orang-orang bisa mengenal kalian sendiri itu siapa, malu adalah hal biasa bagi pemula jika baru belajar hal baru cuman jangan sampai pesimis dan takut ketika belum mulai melakukannya.

Tetap semangat dan teruslah maju!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s