Penat Kuliah Online

Membahas tentang tema penat nih, kita memang sudah terbiasa merasakan penat terhadap suatu pekerjaan baik kerja kantoran, ngurusin rumah, ngerjain tugas, dan masih banyak lagi. Penat itu dimana kita mulai merasa jenuh dan pusing dengan pekerjaan yang terlalu berat sehingga membuat fisik dan mental kita jadi cepat lelah.

Aku ini lumayan gampang penat kalau lagi ngerjain hal-hal tugas termasuk kuliah, sejak pandemi masih menghantui sampai sekarang semua pembelajaran sekolah dan perkuliahan dilakukan secara daring di rumah, daring sudah mulai sejak tahun kemarin dan menghabiskan berhari-hari untuk bersekolah atau kuliah selama di rumah aja. Awalnya semua pelajar dan mahasiswa gembira bisa belajar di rumah sepanjang masa pandemi ini karena bisa santai di rumah atau bisa bermain sepuasnya, tetapi lama-kelamaan justru membuat merasa jenuh terhadap daring seperti kuliah online yang aku jalani.

Berarti udah satu tahun nih aku masih kuliah online di rumah sampai saat ini, awalnya merasa senang dan santai karena bisa melakukan hal apa saja di rumah setelah kuliah dan menyangka kalau kuliah online itu jadwalnya fleksibel serta gak padat banget. Ternyata mau offline atau online malah sama aja kayak perkuliahan biasa di kampus, sama-sama padat dan justru lebih banyak tugas. Belum lagi udah jarang banget ketemu teman-teman atau dosen secara langsung yang membuat mahasiswa jadi stress karena gak bisa kemana-mana.

Yaah inilah kehidupan mahasiswa ketika kuliah online di rumah, aku udah mulai merasakan penat kuliah online apalagi di hari jum’at. Udah gitu mana dua matkulnya hitung-hitungan semua lagi + waktu pembelajarannya lumayan panjang sehingga aku jadi bete di depan laptop. Padahal ini masih pagi dan mulai kuliahnya agak awal banget dari jam 8 sampai jam setengah 10 (atau jam 11) terus dilanjutin lagi jam 1 siang, biasanya ini terjadi di hari jum’at saja yang bikin aku bete sedangkan kalau hari yang lain B aja sih.

Satunya lagi yang membuat aku merasa jenuh dan penat adalah tugas, tugas adalah makanan pokok sehari-hari bagi mahasiswa baik ketika kuliah online maupun sesudah kuliah. Apalagi kalau tugasnya matematika nih yang soalnya susah sekali dan kalau mau ngirim tugasnya ribet juga, bukannya lewat email malah harus ngirim lewat pos. Masih banyak lagi tugas-tugas kuliah lainnya yang bikin.. ahh sudahlah jalani saja 😦

Mungkin itu saja sih dari sedikit kisah pengalamanku ketika merasa jenuh kuliah online, meskipun merasa jenuh dan stress tetap semangat untuk para mahasiswa termasuk aku yang lagi menjalani kuliah online, dan terutama buat mahasiswa semester tengah nih yang lagi PKL atau ada praktik juga, serta mahasiswa tingkat akhir yang lagi berjuang-juang menyelesaikan skripsi di tengah pandemi. Semoga cepat lulus ya, amiin !

  • Artikel ini ditulis untuk challenge 1m1c yang berjudul “PENAT”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s