Jejak Urban legend dan tempat angker terkenal di Jepang bersama Dimas Setiaboedi

Hari ini aku mau bahas travel trip lagi nih yang diselenggarakan secara virtual bersama Virtual Guide, sebenarnya udah beberapa kali aku pernah bahas tentang tempat-tempat wisata di berbagai belahan negara. Tetapi aku nggak bahas tentang tempat wisata sih, melainkan membahas tentang tempt-tempat sejarah yang konon dikenal angker yang memiliki aura mistis dan kisah-kisah lama yang kerap kali dibicarakan oleh semua orang.

Ada yang suka horor gak nih, angkat tangannya donk. Well, bagi yang pecinta horor atau misteri kumpul sini yuk untuk menyimak kisah-kisah horor sampai urband legend yang terkenal di Jepang bersama Virtual Tour Guide, yang dipandu oleh Kak Dimas Setiaboedi.

Di Horor Jepang Trip kali ini, Kak Dimas akan menceritakan tempat-tempat wisata horor yang ada di Negeri Sakura, mulai dari tempat bekas bom atom di Hiroshima, kastil-kastil di Jepang, cerita urband legend & kisah nyata sampai penampakan hantu di Jepang. Yuk kita uji nyali ke berbagai tempat angker di Jepang.

1. Hyakku monogatari Kaidankai

Hyakku Monogatari

Yang pertama dari cerita mistis tentang Hyakku Monogatari Kaidankai, ini adalah sebuah permainan horor dari jepang yang dimana jaman dulu orang-orang Jepang pada berkumpul untuk bercerita tentang kisah 100 cerita menyeramkan dan menyalakan 100 lilin disekitarnya. Para pemain yang berkumpul di dalam ruangan tersebut akan menceritakan kisah-kisah menyeramkan secara bergantian, jika ada yang sudah bercerita tentang horor akan mematikan satu lilin begitu dengan yang lain sampai seterusnya. Apa yang terjadi jika sampai angka lilin keseratus dimatikan? seluruh diruangan yang mereka pakai buat main ini tiba-tiba menjadi gelap dan hantunya pun muncul sambil menujukkan dirinya kepada mereka.

Setan Jepang

2. teke-teke

Teke-teke

Teke-teke merupakan hantu terkenal dari Jepang yang memiliki setengah badan menjadi 2 akibat korban tertabrak sebuah kereta api, hantu sendiri awalnya merupakan seorang siswi perempuan yang tewas tertabrak truk sehingga terlindas menjadi 2 bagian yang terpisah. Jika seseorang bertemu hantu tersebut, hantu itu mengeluarkan suara teke-teke dan memotong korbannya menjadi 2 tubuh & mengajaknya untuk menghantui korban lainnya. Cerita ini cukup menyebarluas di Jepang terutama di era 2000an karena ini termasuk legenda, tingkat kecelakaan di kereta api inilah yang menyebabkan korban tewas dengan kondisi tubuhnya terbelah seperti teke-teke.

3. Kastil Himeji

Kastil ini adalah tempat terkenal di Jepang yang dimana dimana Hantu Yurei (arwah penasaran) itu berada . Menurut kisah tragisnya, dahulu ada seorang wanita yang bernama Oiku yang merupakan pelayan dari seorang samurai terkenal bernama Aoyama Tetsuzan, yang merupakan bawahan dari penguasa Kastil Imeji. Well sebenarnya aku sudah pernah baca tentang Okiku ini di beberapa sumber yang pernah baca ini, kastil ini punya Daimyou (gurbernur) dan Tuan Okikunya sendiri adalah salah satu staf di kastil sekaligus bos penguasanya bernama Tuan Norimoto.

Tuan Norimoto itu berencana megkudeta kepada si gurbernunya untuk menggulingkan pemerintahannya itu, mendengar rencana itu Okiku membocorkan rahasia Norimoto tersebut kepada si gurbernurnya sehingga gurbernur itu selamat dengan melarikan diri. Gara-gara rahasianya dibocorin oleh si Okiku, pelaku kudetanya itu marah besar dan gagas sehingga mereka mencari siapa pelaku yang membocrkan rencana kudeta tersebut, sedangkan Okiku hanya memilih diam saja agar tidak mau mengakuinya. Sayangnya ada satu orang pun sudah tahu bahwa Okikulah yang membocorkan rencana kudeta tuannya ke gurbernur, belum lagi orang itu menyukai Okiku sejak dulu dan ingin mengajaknya untuk menikah. Tetapi Okiku tidak mau menikah dengan dia sehingga dirinya diancam oleh orang itu dan berkata, “jika kamu tidak mau diajak denganku untuk menikah, maka rahasia kamu akan dibongkar ke semuanya bahwa kamulah yang pelaku membocorkan kudeta itu ke gurbernur itu yang membuat kudetanya jadi gagal.”

Namun Okiku malah tetap menolaknya sehingga dirinya dijebak, suatu hari Okiku mendapat tugas untuk menjaga 10 piring (pusaka) yang sangat berharga, sayangnya salah satu dari 10 pusakanya hilang dan ada yang disembunyikan sehingga Okiku harus mencari benda pusaka itu sampai keliling disekitar kastil dan tetap saja benda itu belum ditemukan sama sekali. Orang itu yang ingin menikahi Okiku itu menawarkan satu kali ke Okiku dan berkata,”Mau tidak saya kasih tahu benda itu ada dimana? jika kamu selamat dari masalah itu saya akan kasih tahu dimana benda itu berada, dengan syaratnya kau harus menikah denganku.”

Lagi-lagi penawaran itu ditolak mentah-mentah sama Okiku sehingga orang itu menjadi marah dan memutuskan untuk membunuhnya dengan keji, jasad Okiku kemudian dibuang kedalam sumur yang disebut Sumur Okiku sehingga tak ada satupun orang yang menemukannya. Dan jasadnya itu masih ada di sumur itu hingga sekarang.

Sejak malam itulah apalagi di bulan purnama, ada sosok hantu wanita yang berkeliaran disekitar sumur itu yang konon berjalan sambil menghitung dari satu sampai sembilan seperti menghitung benda pustakanya di semasa hidupnya, jika sudah mencapai angka 9 sosok itu akan bertanya “Dimana benda pustaka yang satunya lagi?” sambil menangis tersedu-sedu. Jika kalian melengkapi benda itu dengan mengucapkan 10 dengan keras, maka sosok itu akan menjadi tenang atau akan muncul sambil menunjukkan dirinya yang berlumuran darah.

4. Kastil Matsue

Masih membicarakan tentang kastil lagi nih, Kasti Matsue adalah sebuah kastil yang juga sama-sama mempunyai kisah horor yang tekenal dengan Hitobashira (pilar-pilar manusia yang dijadikan sebagai praktik tumbal proyek). Jaman dulu pembangunan kastil ini selalu gagal dan berkali-kali runtuh sehingga para pekerja mengusulkan untuk harus menumbalkan seseorang agar kastilnya bisa berdiri dengan kokoh, usulnya ini akhirnya disetujui dan mulailah mengincar seorang penari wanita yang mempunyai tarian yang indah di acara Festival Obon. Mereka menangkap wanita itu dan disekap kemudian dibunuh oleh mereka, jasad wanita itulah yang dikuburkan di dalam tembok kastil sehingga pembangunan kastilnya menjadi lancar dan akhirnya kastil pun menjadi kokoh hingga sekarang.

Tidak ada yang tahu dimana lokasi bagian kastil itu yang terdapat tubuh jasad wanita tersebut, dihari-hari tertentu seluruh bagian kastil akan mengguncang ketika ada perempuan yang menari di jalanan kota yang dekat dengan kastil ini. Maka dari itu, semenjak dulu kota itu dilarang untuk perempuan yang menari di jalanan dekat kastil ini karena menghindari terjadinya guncangan dahsyat dari sosok arwah korban tumbal proyek dari Kastil Matsue.

5. Kiyotaki Tunnel

Terowongan ini terletak ditengah hutan lebat yang mempunyai kisah tragis dibalik pembuatan terowongan tersebut. Awalnya tempat ini adalah akses jalur kereta api sebelum Perang Dunia 2, terowongan ini dibangun oleh para tenaga kerja “budak” yang dipaksa bekerja dan gak pernah dapat gaji sama sekali hingga akhir hayatnya, dan juga sering ada kecelakaan di dalam terowongan. Jika bukan kecelakaan, mereka sengaja tubuhnya dikuburkan disini, jika kalian masuk ke dalam terowongan ini sudah hal biasa bagi orang-orang Jepang yang terjadi banyak kecelakaan disini dan kerap terdengar suara-suara aneh disekitar terowongan.

Jika ingin melihat isi Terowongan Kiyotaki Tunnel tersebut bisa tonton di video ini.

6. Iwojima

Iwo Jima adalah sebuah pulau terpencil di luar pulau Jepang yang terkenal sebagai saksi bisu Perang Dunia 2, dimana dulunya para sekutu ingin menaklukan Jepang dan menyerang penduduknya menggunakan alat seperti nyembur api kepada para tentara Jepang. Sekutu itu membakar semua tempat di area pulau ini sampain ke gua-gua, dan sekarang tempat ini digunakan sebagai base camp tentara Amerika dan pasukan beladiri Jepang. Setiap ada pergantian untuk bertugas disini, orang-orang yang baru datang ke tempat ini biasanya suka dengar suara ketokan di pintunya, begitu dibuka tiba-tiba mendapati sosok hantu yang menampakkan dirinya yang terlihat berdiri & mematung di depan pintu.

Penampakan hantu Tentara Jepang

Bahkan seluruh tentara di pulau ini tahu bahwa sosok itu adalah sisa-sisa arwah tentara Jepang yang gak bisa pulang ke rumahnya. Melihat itu bukannya merasa takut justru merasa kasihan dengan arwah tentara itu dan kemudian mereka mengajaknya sambil berkata, “Ayo kita pulang, perang sudah selesai.” setelah mengucapkan itu sosok hantu tentara tersebut menghilang.

7. Place memorial Park Hiroshima

Tempat ini adalah tempat yang paling bersejarah di Jepang sekaligus menjadi saksi bisu terjadinya bom atom di Kota Hiroshima, tempat ini adalah sisa-sisa bekas kena bom atom yang dimana peristiwa itu terjadi. Sedangkan sisa-sisa yang lainnya hancur begitu saja sedangkan para penduduknya tewas terbakar sampai ada yang langsung menguap dan meninggalkan bekas bayangan, disekitar tempat ini juga ada terdapat sebuah bangku-bangku yang sudah ada sejak jaman dulu.

Menurut berdasrkan pengalaman Kak Dimas yang pernah mewancarai salah satu narasumber yang ada disana, ada beberapa pajangan yang sekarang sudah dipindahkan ke museum. Disitu juga terdapat sisa bayangan manusia yang merupakan orang-orang yang tewas menguap begitu saja, saat terjadinya bom atom bayangan mereka lagi duduk disini dan tiba-tiba tubuhnya langsung menguap sehingga meninggalkan sisa bayangannya saja. Terus ada juga mereka yang terbakar dengan sangat parah dan berlarian untuk mencari air agar bisa memadamkannya, sayangnya ketika sudah mencapai di pinggir sungai mereka langsung tewas begitu saja.

Sungai ini adalah tempat dimana jutaan penduduk Jepang mati seketika ketika sudah mendekati sungai, usai pengeboman bom atom Sungai Hiroshima ini menjadi warna hitam pekat dari campuran abu mayat serta berwarna merah dari darah mayat korban. Ketika masuk ke air dan meminumnya ternyata air itu malah memperparah pendarahan sehingga membuat mereka merenggang nyawa, maka itulah area sekitar sungai ini diselimuti oleh banyaknya mayat dan bahkan dekat bantaran sungai pun tempat mayatnya dibakar disini

Berdasarkan cerita pengalamannya Kak Dimas, jika kalian datang kesini atau ada yang pernah merasakan aura disekitar sini, udaranya yang padahal bersih tiba-tiba harinya tuh rasanya kayak merasa sesak karena ada asap yang menutup udaranya sehingga merasa pusing & kepalanya merasa berat sekali tanpa sebab. Ketika Kak Dimas menonton videonya Om Hao, itu terjadi kalau kalian yang merasa sensitif akan dibawa ke suasana di tahun 1945 ketika bom atom itu terjadi. Menurut dari seorang narasumber lain yang merupakan bule yang sedang mengajar disana, salah satu temannya itu punya istri dan juga seorang anak. Suatu hari mereka lagi jalan-jalan disekitar sini dan anaknya itu melihat kearah sungai, tiba-tiba sungai itu ada sosok yang melambai-lambai di balik air sungai dan sosok itu gak hanya 1 tetapi banyak sampai ribuan atau ratusan.

Ada satu lagi nih dari ceritanya Kak Dimas, salah satu narasumber lain bercerita,

“suatu malam aku tertidur di musim panas sambil jendelanya dibiarkan terbuka. Entah kenapa tiba-tiba badanku merasa berat sekali dan gak bisa bergerak, saat aku membuka mata tiba-tiba mendapati sosok kakek tua yang mematung di ujung kasur dengan wajahnya yang pucat. Aku merasa ketakutan dan tubuhku gak bisa bergerak sama sekali sehingga kututupkan kepalaku dengan selimut agar gak mau liat kakek itu lagi, dan tiba-tiba sosok kakek itu menghilang.”

8. Kadena Air base

Kadena Air Base

Habis ke Hiroshima berlanjut pindah ke Okinawa nih, Okinawa adalah prefektur yang terletak di bagian selatan Jepang dan dikenal sebagai tempat pangkalan udara dari amerika. Dulu Okinawa terjadi pembantaian besar-besaran orang Jepang oleh sekutu, tetapi sebetulnya nggak hanya sekutunya saja, bahkan tentara Jepang sendiri pun juga pernah melakukan pembantaian. Bahkan juga terjadi perisitwa bunuh diri massal orang-orang Jepang sebelum sekutunya datang. Kadena Air Base ini juga punya kisah-kisah pengalaman yang horor dan ini pernah dibahas oleh National Airum Go, sampai sekarang Kadena Air Base ini selalu dipakai oleh kepentingan oleh Amerika.

Kalau mau lihat kejadian horor di Kadena Air Base, bisa liat di video ini.

Penjelasan video yang waktu itu dibagikan oleh Kak Dimas, sosok hantu di video itu bukanlah hantu tentara Jepang, melainkan hantu tentara Amerika yang dulunya pernah menjaga di gerbang no.3 . Bahkan suka nemenin seorang petugas yang sedang berjaga di pos malam, waktu itu sedang berjaga-jaga sambil menyalakan sebatang rokok dan tiba-tiba ada suara seseorang yang minta rokok itu entah dari mana, tetapi diyakini sosok itu memakai seragam tentara jadul dan seketika sosok itu langsung menghilang.

Rumah no. 2283

Selain tempat gerbang no. 3 disekitar Kadena Air Base, ada juga nih tempat angker satu lagi yang terletak di bagian dalam bernama Rumah no.2283. Dan sekarang tempat itu sudah diratakan dengan tanah yang sudah dikonfirmasi oleh tim National Geographic ketika pernah mengunjunginya. Dulunya tempat ini dihuni oleh sebuah keluarga militer dari Amerika, bapak dari keluarga itu hobinya mabuk-mabukkan dan membantai seluruh anggota keluarganya, usai membantai keluarganya sendiri, si bapak itu akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Setelah peristiwa tragis terjadi, rumah ini dihuni oleh keluarga lain dan sering merasakan hal aneh seperti kran air yang tiba-tiba nyala sendiri, padahal gak ada siapapun yang menyalakan air kran itu sehingga mereka merasa gak tahan di rumah ini dan memutuskan untuk pindah.

Di sebelah rumahnya juga ada tempat penitipan anak dan anak-anaknya itu suka lempar mainan kearah rumah no.2283.

“Kenapa kalian melempar mainan ke rumah itu?” tanya seorang guru.

“Kami melempar mainan itu ke seorang anak yang ada di rumah itu, bu.” jawab anak-anak itu.

Padahal rumah no.2283 itu sudah kosong selama bertahun-tahun dan bahkan disegel untuk tidak boleh ada yang nempatin.

Selain itu juga, Kadena Air Base ini ternyata dibangun diatas pemakaman seorang samurai terkenal pada zaman dulu, sehingga suka menampakkan sosok samurai tanpa kepala dan sambil menuggang kudanya. Area lain yang tak kalah paling seram adalah tempat bunker Rumah Sakit, tempat inilah yang dulu digunakan untuk merawat korban perang sekaligus tempat bunuh diri massal. Gak hanya bunuh diri disitu saja, tetapi ada juga yang melompat dari atas tebing.

Bunker rumah sakit

Welln itulah tentang macam urband legend dan tempat-tempat angker yang ada di Jepang. Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam kisah horor di Jepang bersama Kak Dimas Setiaboedi cuman terlalu panjang sekali sehingga aku pisahkan di pos tulisan yang berikutnya.

Bagi kalian yang ingin kepo sekali ikut virtual tour, jangan lupa follow dengan klik tautan virtual.guide ini dan pantengin terus update-update jadwal tour yang akan segara datang dan berbagai macam info-info menarik tentang berbagai negara yang selalu dibahas di Virtual Tour Guide.

Sampai jumpa di part berikutnya !

Part 2 nya klik disini

26 tanggapan untuk “Jejak Urban legend dan tempat angker terkenal di Jepang bersama Dimas Setiaboedi

  1. Kalau baca soal Hyakku Monogatari Kaidankai, jadi kebayang semua orang di Dunia sama aja ya, suka yang horor2 , Kita juga sering begini ngumpul2 cerita hantu. Tapi ga mau Deh kalau hantunya muncul. Wkkww

    Suka

  2. Belum kebayang horornya di LN tuh kayak gimana, tp baca postingan ini jadi tau, klo yg serem2 itu memang seringnya dr masa lalu ya. Banyak kejadian yg kita ga tau, hingga sampe ke dunia modern gini masih ada.

    Suka

  3. Yang sumur okiku ngeri yah kisahnya tega banget cinta ditolak lamgsung dibunuh dibuang ke sumurnya btw baru tau nih serem juga ya ternyata Jepang

    Suka

  4. Katsil Matsue yang paling bikin aku amazed, karena ada seorang Penari yang dijadikan tumbal. Jadi penasaran pengen kulik sejarah / biography penari nya 😉

    Suka

  5. Twrnyata ada juga ya tragedi kerja paksa alias romusha yang juga dilakukan di Jepang sana, sampai memunculkan kisah mistis. Kukira tadinya hanya di Indonesia saja yang begitu.

    Suka

  6. mitos – mitos hantu jepang emang paling serem sih menurutku, kalau di film kan ada sadako ya. tapi kalai mitos di beberapa tempat aku baru tau sekarang, kecuali iwojima, aku pernah denger. aku paling spooky ke Terowongan Kiyotaki Tunnel kayanya. kalau ke jepang gak mau deh kesana, hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s