Sopankah mengatur hak pribadi orang lain ?

Dari judulnya saja aku iseng menuliskan tema ini karena sebagai untuk tempat opini sekaligus bebas mengeluh terkait masalah pribai yang selalu diungkit oleh orang lain. Banyak sekali sebagian masyarakat rata-rata suka bergosip atau ghibah tentang pribadi orang lain, entah topik fisik tubuh, kepribadian orang lain, atau sifatnya yang pokoknya selalu dibahas dah sama si kelompok tukang ghibah.

Bahkan ada juga yang suka ngatur pribadi orang lain yang selalu memerintah aturan yang mana boleh dan mana yang gak boleh, misalnya kamu nggak boleh bermain musik oleh orang lain karena kamu itu gak cocok dengan kemampuan kamu, padahal kamu sendiri sebenarnya suka banget bermain musik. Sehingga lu disuruh cari hobi yang lain atau pokoknya jangan ikut-ikutan dengan teman-teman deketmu yang juga sama-sama suka main musik, entah kenapa seseorang yang sengaja mengatur hak pribadi kamu itu karena mereka iri atau nggak suka dengan kamu tanpa alasannya dan juga bisa jadi karena kamu itu orangnya cupu dan punya latar belakang dari kalangan status paling rendah. Dan ada juga biasanya mereka bakal takut kalau misalnya kamu merasa pintar dan pasti akan mudah mengalahkan saingan sama mereka.

Jangankan hanya kamu aja yang pernah mengalami begini, bahkan kebanyakan orang lain termasuk beberapa tokoh publik saja juga suka merasa selalu diatur oleh netizen. Aku pernah waktu itu membaca sebuah berita dan melihat komentar dari warganet bahwa ada seorang artis yang mengalami depresi akibat terus dinyinyir oleh para netizen, seperti mereka murka karena artis berfoto bersama artis yang lain dan sampai-sampai nggak boleh disuruh bertemu oleh rekan artis atau melakukan hal-hal lain sama netizen, dan itu aja sih setahu aku yang pernah membaca komentar itu dari warganet. Well, sebenarnya kasus ini sudah lama banget.

Sopankah begitu ?

Setiap orang punya hak pribadi masing-masing dan tak mau digugat oleh orang lain, kecuali kalau misalnya seseorang yang punya perilaku buruk atau membahayakan orang lain. Setiap orang juga mempunyai rasa kebahagian dan kebebasan masing-masing karena itu adalah sebuah arti hidup bebas, seseorang tidak mau dianggap sebagai robot atau boneka yang selalu diatur oleh orang-orang lain. Kita ini bukan robot, boneka, atau *sorry binatang peliharaan. Kita ini manusia yang diciptakan oleh sang pencipta, tujuan kita hidup di dunia ini adalah berdoa, beribadah, dan bebas kita mau ngapain aja yang asal bersifat positif.

Seperti ingin menjadi orang yang berguna di masa depan, menebar pesan kedamaian di dunia, dan ingin membantu orang-orang yang membutuhkan serta mendekatkan diri kepada tuhan.

Kembali lagi ke masalah ngurusin hak pribadi orang lain, ikut campur masalah pribadi orang lain apalagi sok-sok’an mengatur hak orang lain itu sifatnya dosa bagiku karena itu sangat tidak sopan. Mirip seperti gimmick lah atau suka gosip tentang pribadi orang lain, pastinya seseorang merasa gak enak donk berada di lingkaran toxic yang suka mengacaukan kehidupan pribadi seseorang.

Lebih baik janganlah ngurusin hak pribadi orang lain dan mending urusin aja diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s