Menulis sama dengan Self Talk

Siapa nih yang hobi banget menulis, aku yakin saat kalian sedang membaca ini pasti rata-rata kalian ini adalah seorang blogger atau penulis. Sudah lama sekali aku gak bahas tentang dunia kepenulisan dan lagi-lagi karena aku bingung mau bahas tentang menulis apa lagi ya, wkwkw.

Biasanya kalian hanya tahu kalau menulis itu adalah sebuah karya seni berbentuk tulisan yang kebanyakan isinya bermacam-macam ada yang puisi, cerpen, novel, atau tulisan yang memuat informasi seperti artikel, essay, dan sebagai self healing bagi diri sendiri seperti cerita pengalaman misalnya. Umumnya tujuan kita untuk memulai menulis karena berbagai banyak macam hal, seperti mencari hobi atau hal-hal baru, sarana self healing atau mengendalikan emosi, dan ingin menambah penghasilan lewat blog.

Menulis itu nggak hanya sekedar mencari skill hobi atau untuk mengedalikan emosi saja kok, ternyata menulis itu juga sama-sama berkomunikasi antar orang lain seperti berkirim surat atau chat online. Menulis pun juga kita jadi seolah-olah sedang berbicara sendiri yang disebut Self-talk. Self Talk adalah seseorang yang sedang berbicara sendiri atau merasa seperti mengobrol dengan dirinya sendiri, ada caranya untuk mengobrol dengan diri kita sendiri yaitu dengan menggunakan kata hati, suara lancang, atau lewat sebuah tulisan.

Menurutku saat sedang menulis seperti merasa aku nggak sengaja sambil berbicara sendiri baik dalam hati maupun lewa tsuara bisikan. Entah kenapa hatinya tuh kayak benar-benar ngikutin kata-kata kalimatnya ketika aku sedang menulis, dan kalau menulisnya tuh seperti kayak diulang-ulang kalimatnya dan begitu juga dengan kata hati aku sendiri.

Kadang bingung mau ngomong apa berarti aku bingung mau nulis apa, begitu juga ketika aku ingin berbicara panjang berarti menulis pun semakin lancar. Terkadang isi tulisanku juga agak kacau akibat hasil pikiranku, sehingga otomatis tulisannya jadi auto jelek dan berantakan. Ini bukan karena hanya ide aku aja yang stuck tetapi karena akunya tuh juga bingung mau ngomong apa lagi yang merasa kehabisan kata-kata.

Kadang juga nggak begitu jelas dengan tulisan apa yang aku sampaikan karena yaaah aku memang bingung,bingung, dan bingung mau ngejelasin apa lagi. Sehingga yaah jadi kacau dah 🙂 Jangan heran dengan tulisan aku ini kenapa isinya kadang bagus dan kadang juga nggak, karena aku memang kehabisan kata-kata dan bingung pingin bicara tentang topik apa lagi ya.

Meskipun seseorang pendiam yang jarang sekali berbicara, aku akui kalau semua orang pasti pernah berbicara meskipun sebagian ada yang penyendiri atau kesepian, yaitu dengan cara Self Talk. Orang yang pendiam yang lebih suka menulis berarti sama aja sedang berbicara dengan diri sendiri atau dengan orang lain dalam bentuk pesan chat singkat.

Sampai disini dulu dari penjelasan singkat panjang-lebar aku, btw aku ini juga sedang berbicara dengan kalian kok.

Satu tanggapan untuk “Menulis sama dengan Self Talk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s