Liburan romantis ke Yunani dan Santorini bersama Virtual Tour Guide

Bulan Februari ini adalah bulan yang paling spesial sekaligus bulan terbaik bagi kalian yang sudah memiliki pasangan kekasih, Yup minggu kemarin yang lalu ada perayaan hari Valentine yang dimana setiap pasangan saling memberikan hadiah sebagai cinta kasih sayang. Seperti kasih hadiah bunga, coklat, boneka atau berbagai hadiah manis yang dijamin bakal membuat si pacarnya menjadi tambah senang. Hari Valentine itu gak hanya cuman kasih hadiah aja kok, bahkan jalan-jalan ke suatu tempat yang indah pun juga paling banyak disukai oleh para pasangan yang istilahnya sih kayak kencan biasa, atau berbulan madu bagi kalian yang baru menikah.

Mungkin kalian yang sudah punya pasangan merasa bosan karena pergi ke tempatnya tuh cuman itu-itu aja, tapi kalau mau berkencan ke tempat luar negeri yakin pada gak mau nih?

Minggu kemarin yang lalu aku diajak ke sebuah negara di Eropa yang akan menyajikan tempat-tempat wisata romantis dan dijamin bakal kalian ingin pergi kesana, salah satu destina ke negara romantis yaitu di Yunani. Kali ini aku akan mereview tentang berbagai destinasi romantis yang ada di negeri dewa-dewi bersama Kak Dhany, moderator Virtual Tour Guide serta para peserta yang juga ikut ke virtual online tour ini.

Di virtual tour ini aku akan diajak ke berbagai tempat-tempat wisata di Yunani mulai dari Kota Athena, kuil kuno, sampai Santorini. Seperti biasa aku diajak kenalan lagi dengan Kak Dhany. Bagi yang kalian belum tahu, beliau dia adalah seorang traveller yang pernah keliling ke 28 negara di 4 benua.

Kak Dhany

Yunani dalam bahasa resminya berarti Greece, sedangkan sebutan untuk orang-orang Yunani adalah Greek. Yunani adalah negara Eropa yang terletak di bagian selatan dan berbatasan dengan Italia, Albania, Makedonia Utara, Turki (wilayah negara yang setengah eropa dan asia, secara administratif Turki masuknya ke Eropa) dan macam-macam lainnya negara eropa yang berada di selatan. Yunani memiliki beberapa kepulauan di Pulau Kreta yang merupakan salah satu pulau terbesar di Yunani. Seperti penjelasan dari Kak Dhany, basic bahasa Yunani adalah Ionia (bahasa Arab) Ionia sendiri adalah sebuah daerah pesisir kuno yang sekarang berada di pesisir Turki. Kalau di Yunani itu adalah bahasa Arab, jadi istilah bahasa Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab berarti Yunani. Sedangkan nama resmi Yunani nya sendiri adalah Greece.

Pulau Yunani

Jumlah penduduk di Yunani sekitar 11 juta dan saat ini sedang terjadi kasus demografi yang cukup parah karena jumlah orangtua yang disana lebih banyak daripada orang mudanya, tahun 2002 kemarin ada kasus kematian paling tinggi dibanding angka kelahiran. Dari 11 juta orang Yunani, 1 juta orang Yunani terdiri dari orang-orang imigran yang berasal dari Turki, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Diramalkan pada tahun 2030 nanti orang yang berumur 50 tahun keatas akan jadi banyak hampir 40%.

Yunani sangat terkenal dengan yang namanya pengekspor marmer, harga marmer ini cukup mahal berkisar 200 dolar per-meter persegi. Salah satu pengguna marmer terkenal adalah tempat Masjidil Haram di Arab Saudi, lantai Masjidil Haram itu sendiri terbuat dari bahan marmer asli dari Yunani. Keunikan lantai marmer Masjidil Haram itu adalah jika saat cuacanya panas marmer akan menahan panasnya yang jauh di dalam bawah lantainya sekaligus menurunkan suhu permukaan. Jika cuacanya dingin di malam hari, marmer yang tadinya dingin karena menyimpan panasnya, akan keluar di permukaannya sehingga bisa menghangatkan telapak kaki-kaki orang yang sedang melewati lantai Masjidil Haram.

Masjidil Haram (Sumber : wallpapercave.com/w/bh2gWWW)

Orang-orang Yunani sangat suka bersenang-senang seperti berpesta, berkumpul sambil mengobrol, dan suka menari. Menari adalah salah satu culture utamanya yang dimana mereka bikin lingkaran dan menari sambil berputar-putar. Huruf di bahasa Yunani memiliki tulisan yang unik dan berbeda, hurufnya itu terdiri dari simbol-simbol seperti Alfa, Betha, Gamma, Epsilon, Phi, dan macam-macam simbol lainnya. Huruf-huruf Yunanilah yang sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai simbol yang terdapat di bidang sains atau matematika, bahkan banyak sekali macam-macam ilmuwan yang berasal Yunani.

Huruf Yunani

Selain itu Yunani sangat ikonik dengan tempatnya sang dewa-dewi serta tempat-tempat perdaban sejarah pada Yunani kuno, ada sebuah kisah romantis dari cerita Yunani yang terkenal yaitu kisah Eros dan Psyche. Eros adalah merupakan seorang Dewa cinta yang disebut dengan Cupid, sedangkan Psyche merupakan seorang putri dari sang raja dan merupakan anak termuda dari 3 bersaudara, 3 bersaudara ini cewek semua dan yang Psyche sendiri diakui sebagai cewek yang paling cantik. Hal itu membuat si kakaknya, Aphrodite yang merupakan seorang dewi cinta merasa cemburu karena kecantikannya dia, sehingga Aphrodite menyuruh si Eros (yang merupakan anak Aphrodite nya sendiri) untuk membuat Pysche jatuh cinta ke seseorang yang paling jelek dengan menggunakan sebuah panah cinta. Saat malamnya sekaligus tepatnya saat Eros ingin memanah cintanya ke Psyche, bukannya memanah malah justru Eros merasakan jatuh cintanya dengan diri sendiri. Tadinya ingin dicelakakan malah justru merasa jatuh cinta diri sendiri sehingga akhirnya Eros menancapkan panah cintanya ke dirinya sendiri.

Kisahnya memang cukup unik tetapi kisah inilah yang menjadi terkenal sekaligus menjadi legenda romantis di Yunani.

Kisah Eros dan Pysche

Sistem pemerintah Yunani adalah demokrasi karena Yunani sendiri adalah negara pertama yang mencetuskan sistem demokrasi di dunia. Demokrasi ini sudah ada sejak masa Yunani kuno dan itu sudah ada yang namanya anggota dewan seperti DPR.

Sistem demokrasi di Yunani kuno

Mata uang Yunani yang digunakan adalah Euro karena negara-negara di Uni Eropa sudah pada banyak memakai mata uang Euro, tetapi masih ada kok sebagian negaranya yang masih memakai mata uangnya sendiri. Bagi kalian yang ingin pergi ke Yunani, untuk seminggu per-orang harus siapkan uang seharga 5-10 juta, jika dibandingkan wisata di Eropa itu perhitungannya standar bahkan juga murah dibandingkan wisata ke Prancis atau Jerman. Kalau di Yunani malah cukup murah untuk kesananya karena banyak sekali tempat-tempat alternatif buat beli makanan yang murah, Kak Dhany bercerita untuk biaya penerbangannya antara 12-16 juta kalau yang bolak-balik, jika kita perhitungkan untuk 1 orang travelling ke Yunani kurang lebih seminggu sampai 10 hari berkisar 30-35 juta, itupun untuk transitnya cukup 2 kali aja.

Saat ini di Yunani punya paket tempat pernihkan serta banyak sekali agen-agen tur menawarkan resepsi pernikahan disana, sehingga beberapa orang bisa mendapatkan potongan yang lebih murah.

Uang Yunani

Makanan khas di Yunani ialah Keju Feta, Keju Feta ini terbuat dari susu kambing & susu domba sehingga kandungan keju Fetanya rendah lemak serta teksturnya kering & berbeda dengan keju-keju biasanya, untuk rasanya tidak creamy tetapi enak. Ada juga Greek Yoghurt yang cocok untuk bagi kalian yang ingin diet, karena Greek Yoghurt ini sangat direkomendasikan oleh ahli nustrisi karena mengandung rendah kalori, rendah lemak, dan proteinnya juga tinggi sehingga yoghurt ini bagus untuk bagi kalian yang sedang menjalankan diet. Rasa yoghurt ini gak seasam seperti yoghurt biasa dan makanan ini bisa dijadikan sebagai selai seperti dioles ke atas salad atau roti.

Keju Feta
Greek Yoghurt

Makanan khas selanjutnya adalah Roti Pita, Roti Pita ini sebenarnya hanya roti tawar dan rasanya pun juga sama kayak roti tawar biasa, cuman Roti Pita sendir kayak roti bantet & padat tetapi gak keras. Roti Pita ini sebagai makanan pokok pengganti bagi orang-orang Yunani disana, roti ini bisa dioles memakai Greek Yoghurt supaya rasanya enak. Terus ada juga makanan Souvlaki yaitu sejenis mirip sate yang terbuat dari daging babi atau daging-daging domba dan kambing, selain itu ada juga makanan Gyros sandwich yang berisi banyak macam-macam seperti salad, Greek Yoghurt, Souvlaki, potongan daging, hingga Roti Pita. Harga makanan Gyros ini cukup murah sekitar 4-5 euro.

Roti Pita (Sumber : https://unsplash.com/@wx1993 )
Souvlaki (Sumber : https://id.wikipedia.org )

1. Kota Athena

Kota Athena adalah salah satu merupakan ibukota di Yunani, Athena diambil dari nama seorang Dewi Athena yang merupakan dewi perang di mitologi Yunani. Athena sendiri juga melambangkan kebijaksanaan dan merupakan putri dari Dewa Zeus, Athena gak pernah merasakan masa kecilnya karena Zeus lah yang mencipatkan Dewi Athena itu langsung menjadi dewasa saja.

Kota Athena

Di Kota Athena ini aku diajak ke sebuah spot wisata bersejarah yaitu Panathenaic Stadium, stadium ini adalah sebuah tempat cabang olahraga yang dimana tempat ini adalah cikal bakal lahirnya olimpiade di Yunani. Sejarah olimpiade ini sangat panjang sekali, awalnya dulu olimpiade ini dilaksanakan sebagai ritual perngobanan (tumbal) kepada dewa-dewi di masa Yunani kuno. Ada berbagai macam jenis-jenis olahraga atletik ini sudah pernah bertanding di masa itu seperti estafet, dan masih banyak macam-macam lainnya yang sudah ada sejak dulu. Kenapa orang-orang Yunani kuno menyebut olimpiade ini adalah ritual pengorbanan? karena acara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada sang Dewa Zeus yang ada di Gunung Olympus.

Olimpiade ini pernah sempat gak ada lagi karena pasa masa itu Yunani pernah dijajah oleh beberapa bangsa seperti Bangsa Ottoman dari Konstatinopel Turki, sampai beberapa bangsa yang menganut kepercayaan agama-agama baru seperti agama Kristen/Katholik. Karena pengorbanan itu sifatnya membahayakan sehingga olimpiade tersebut diberhentikan, dan juga olimpiade ini diberhentikan oleh seorang kaisar Yunani yang menganut agama Khatolik di masa Theodosius I. Pada tahun 1896, seorang bangsawan Prancis bernama Pierre de Coubertin akhirnya menginisiasi untuk membuka olimpiade kembali lagi dan dilaksanakan dari awal lagi di tempat yang sama yaitu di Kota Athena. Dan olimpiade ini pun akhirnya terus dilaksanakan sampai sekarang ini

Panathenaic Stadium
Pierre de Coubertin

Ada sebuah khas unik yang sangat ikonik disaat menjelang pembukaan olimpiade, yaitu seorang atletik harus membawa sebuah obor berisi api abadi dari sana (Yunani) dan harus lari marathon untuk menuju ke tempat venue olimpiadenya.

Api abadi

Berlanjut ke tempat yang selanjutnya yaitu Acropolis, Acropolis ini adalah sebuah satu kompleks yang mempunyai beberapa gedung tua yang bersejarah. Jika kita memasuki bagian pintu masuknya kita akan melihat sebuah bangunan bernama Odeon Of Herodes Atticus, bangunan ini adalah sebuah konser terbuka yang terletak di bagian bawah (letaknya tuh mirip di lereng bawah jurang), Odeon Of Herodes Atticus sendiri dibangun sudah lama sekali dan bentuknya tuh memanjang dan tinggi. konser ini pun sampai sekarang masih dipakai oleh berbagai musisi terkenal sampai legend, tribunnya itu dibuat pada tahun 161 SM dan beberapa kali pernah hancur akibat gempa dan peperangan sehingga tempat ini direnovasi kembali.

Jika dilihat dari atas
Odeon Of Herodes Atticus (Sumber : https://unsplash.com/@henrymd )

Habis ini kita akan jalan-jalan lagi menuju ke atas yaitu Kuil Athena Nike, pasti kalian sudah kenal donk yang namanya Nike. Nama Nike yang terkenal karena merek sepatunya artinya adalah victory yaitu kemenangan, bahkan simbol merek Nike sendiri itu sebenarnya lambangnya V (Victory) bukan lambangnya ceklist. Kuil ini mempunyai sebuah gerbang masuk yang bernama Propilena, dan ada juga Kuil Parthenon yang merupakan kuil utama di Acropolis. Partenon ini sudah dipakai berbagai macam fungsi sejak dijajah oleh beberapa bangsa seperti kekaisaran Romawi, Konstatinopel, sampai Venetian dari Italia. Kuil ini pernah dipakai sebagai gereja oleh kekaisaran Romawi, sedangkan masa Yunani dibawah Konstatinopel kuil ini pernah dipakai sebagai masjid.

Kuil ini beberapa kali hancur karena diserang dan dibom hingga pernah dijadikan tempat amunisi pada masa itu, sekarang kuil ini masih dalam proses pemugaran yang menghabiskan puluhan tahun. Kak Dhany bercerita saat pernah menonton dokumenter tentang Parthenon, untuk proses pemugarannya gak hanya asal numpuk batu saja atau asal semen aja. Tetapi proses pemugaran kuil ini terbuat batu marmer dan harus diukur serta detailnya dijaga, bahkan pemugarannya sendiri harus didatangkan berbagai pemahat-pemahat terkenal dari seluruh dunia untuk membantu pemugaran kuil tersebut.

Untuk pemugarannya aja sangat rumit karena jika ada yang salah sedikit seperti marmernya salah ukir, otomatis harus diulang lagi dari awal. Numpukinnya saja gak boleh sembarangan karena juga harus memperhitungkan kondisi berat bangunan atau volumenya pun juga.

Kuil Parthenon (Sumber : https://unsplash.com/@jmarjes )

Setelah jalan-jalan ke Acropolis sekarang aku menuju ke Monastiraki Market, yaitu sebuah pasar yang menjual berbagai macam barang-barang seperti souvenir sampai jajanan makanan khas Yunani. Tempat ini juga ada sebuah masjid yang bernama Masjid Tzidarakis, masjid ini sudah ada sejak masa kesultanan Ottoman di Yunani.

Selanjutnya beralih ke spot tempat wisata yang tempat ini sangat cocok bagi kalian yang mempunyai pasangan untuk kencan atau honeymoon di tempat ini, yaitu Horizontes Restaurant. Restoran ini terletak diatas bukit Lycabettus yang kita bisa nikmati sambil melihat pemandangan Kota Athena dan Arcopolis dari atas, untuk pergi ke Horizontes Restaurant nya kita harus naik dan terdapat ada 2 jalan untuk sampai kesana. Pergi naik mobil atau naik sejenis kendaraan kapsul yang naik ke atas bukit, mirip seperti eskalator gitu lah. Untuk biaya makan disana, harga menu per-orang sekitar 50-60 euro sedangkan untuk makan berduanya saja sekitar 1 setengah juta.

Tempat ini sangat menarik bagi dikunjungi karena kita bisa melihat seluruh Kota Athena serta Acropolis yang viewnya lebih keren lagi jika malam hari, dan juga ini adalah tempat spot terbaik untuk menyaksikan sunset/sunrise.

Menikmati Kota Athena dari Horizontes Restaurant
Bukit Lycabettus (Sumber : https://unsplash.com/@lazares )

2. Pulau Santorini / Thira

Habis jalan-jalan ke Kota Athena aku nyeberang ke Pulau Santorini, FYI Santorini ini sebenarnya adalah nama dulunya dan sedangkan nama resminya sendiri adalah Pulau Thira. Pulau Santorini berbentuk kepulauan yang terdiri beberapa pulau besar, awalnya pulau ini adalah sebuah gunung yang kemudian meledak hingga akhirnya terjadi Kaldera yaitu kaldera besar yang sudah tenggelam sebagian, bagian tengah di Pulau Santorini ini sudah bolong akibat gunungnya sudah hancur dan terisi oleh air laut hingga bentuknya jadi seperti sekarang ini. Konon menurut mitosnya, ledakan gunung inilah yang menyebabkan terjadinya tsunami yang menenggelamkan Kota Atlantis. Bisa dibayangkan gunungnya tuh seperti apa saat pada jaman dulunya.

Pulau Thira/Santorini

Jika kita ingin ke Santorini, kita akan naik sebuah kapal feri dan akan mendarat di Port Old Habour dan kita akan turun disini sebelum naik keatas Santorini. Untuk naik keatasnya ada 2 jalan, yaitu bisa naik jalur jalanan yang panjang di dekat tebing atau naik cable car yang akan naik keatas dan harganya berkisar 10 euro.

Jalur naik ke Kota Santorini/ Thira
Cable Car (Sumber : www.santorini.tips )

Hampir semua bangunan-bangunan Kota Santorini ini kebanyakan bercat biru dan putih, warna biru dan putih ini diambil dari arsitektur di Pulau Cyclades dan warna putih di gedung ini bukanlah ciri khas Kota Santorini, melainkan ciri khasnya Pulau Cyclades. Beberapa pulau-pulau kecil dan pulau besar seperti Mykonos atau Santorini arsitektur bangunannya rata-rata sama berwarna biru dan putih, dan juga banyak sekali gedung-gedungnya berbentuk kotak hingga banyak sekali kapal-kapal persiar yang melintas di sekitar Pulau Santorini. Terus terdapat juga bangunan berbentuk kubah di Desa Oia yang terletak di Santorini Utara.

Kota Thira/Santorini
Bangunan kubah Biru (Sumber : https://unsplash.com/@dgw_unsplash )

Pulau Santorini ini terkenal karena minuman Wine dan juga bisa merasakan pemandangan sunset dan sunrise dari atas Kota Santorini. Ada terdapat sebuah hotel yang bernama Opera Mansion Hotel, untuk bermalam di hotel ini cukup mengeluarkan uang seharga 300 euro = 56 juta dan kita akan mendapatkan fasilitas ruangan privat seperti kamar, ruang tamu, dan kolam renang.

Hotel Opera Mansion

Oh iya, disekitar jalur kaki menuju ke Kota Santorini juga terdapat hewan keledai yang akan ditawarkan oleh penduduk Santorini sebagai transportasi naik keledai.

Hewan Keledai

Well itulah dari perjalanan romantis ke Yunani dan Pulau Santorini, negara ini aku rekomendasikan bagi kalian yang punya pasangan atau yang baru menikah bisa berkencan atau berbulan madu ke Yunani ini, selain tempatnya yang bersejarah kalian bisa menikmati makan malam sambil melihat pemandangan Kota Athena dan bisa menyaksikan sunset/sunrise di Pulau Santorini.

Bagi kalian yang ingin kepo sekali ikut virtual tour, jangan lupa follow dengan klik tautan virtual.guide ini dan pantengin terus update-update jadwal tour yang akan segara datang dan berbagai macam info-info menarik tentang berbagai negara yang selalu dibahas di Virtual Tour Guide.

Yuk ajak pasangan kalian berlibur ke Yunani & Santorini, bagi yang jomblo sih sah-sah aja boleh ikut kok ^^ yang penting liburan.

Satu tanggapan untuk “Liburan romantis ke Yunani dan Santorini bersama Virtual Tour Guide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s