Penipuan berkedok penerbit buku !?Hati-hati jika ingin mencari penerbit !

Mempunyai buku solo adalah hal yang diinginkan oleh para penulis, kalian merasa bangga jika naskah tulisan yang sudah kalian buat akhirnya dicetak menjadi buku solo oleh penerbit sehingga kalian mempunyai buku solo sendiri dan sangat disukai oleh para pembaca. Banyak sekali penerbit-penerbit buku mayor atau indie yang siap menwarkan naskah kalian untuk dicetak dalam sebuah buku. Siapa nih yang cita-citanya ingin menjadi penulis buku?

Memiliki buku solo sudah bangga sekali apalagi dari penerbit buku yang terkenal, namun kalian tetap harus hati-hati ya untuk mencari penerbit buku. Tidak semuanya penerbit buku itu jujur dan berkualitas, tetapi apa jadinya jika kalian ingin menerbitkan buku ke perusahaan penerbit buku itu ternyata palsu.

Minggu kemarin yang lalu, aku dikejutkan dengan kasus yang diduga penipuan berkedok penerbit buku di sebuah grup literasi facebook yang aku ikuti. Pelaku founder penerbit yang aku gak sebutkan namanya serta nama penerbitannya itu sudah banyak menipu banyak orang dengan modus giveaway, karyawannya gak digaji, sampai event lomba gak di jalankan. Banyak sekali alasan-alasan gak jelas oleh pelaku yang menyebabkan kekacauan sampai berujung dugaan penipuan.

Kasus ini menjadi bahan omongan di dunia literasi sampai banyak disebar ke beberapa teman dan grup-grup lain, aku yang sedang baca komentar-komentar di postingannya ada beberapa orang yang mengaku pernah ikut event oleh penerbit itu udah jadi korban penipuan sampai-sampai ada yang mengaku bahwa uang buat biaya cetak bukunya tuh dibawa kabur oleh si pelaku. Kasus ini banyak sekali dibahas di grup-grup penulis dan ada yang bilang kalau pelaku founder penerbit itu masih berumur dibawah 18 tahun. Well, aku gak kaget sih kalau melihat berita penipuan itu, bahkan penerbitnya sendiri gak begitu terkenal sih tapi udah banyak diikuti oleh beberapa peserta yang ikut event lomba atau nerbitin bukunya.

Kasus dugaan penipuan di grup literasi
Komentar-komentar netizen terkait kasus dugaan penipuan

Well ini ngeri juga sih dan biasanya kalau kasus ini bisa terjadi di beberapa penerbit kecil yang baru berdiri dan sering kutemukan di grup-grup literasi. Biasanya banyak sekali penerbit-penerbit kecil apalagi masih baru suka promosiin berbagai event seperti antologi dan lomba menulis, atau promosi nerbitin buku hingga seminar dan kelas menulis. Awalnya aku mengira kalau kasus dugaan penipuan itu baru-baru terjadi pertama kali menurutku, namun ternyata kata salah satu seorang member grup kasusnya udah dari kemarin dan menjadi viral sekarang di grup literasi.

Namun kasus ini gak sampai lama kok, beberapa jam kemudian akhirnya seorang PJ dan karyawan yang mengaku dari penerbit buku dugaan penipuan itu mulai buka suara sekaligus klarifikasi panjang terkait masalah dugaan penipuan. Dan klarifikasi ini aku temukan dari seseorang member grup yang juga ikut ke grup WA penerbit buku dugaan penipuan itu.

Klarifikasi dari seorang karyawan penerbit buku
Klarifikasi dari karyawan penerbit buku

Well ada-ada aja sih masalah-masalah dalam proses penerbitan buku, kalau bisa harusnya diberitahu dari awal dan jangan diam-diam aja kalau misalnya ada masalah terkait cetak buku dan pernak-perniknya. Aku agak kasihan juga sih dengan karyawannya yang bekerja di bawah penerbitan buku itu dan belum lagi ada masalah serius terkait biaya cetak buku yang menyababkan kesalahan besar sehingga banyak sekali keluhan-keluhan dari para penulis yang kecewa dengan penerbitnya sehingga menuding kalau penerbit itu diduga melakukan penipuan.

Well, kasus ini akan dijadikan sebagai pelajaran buat kalian semua jika mau nerbitin buku solo atau buku antologi. Carilah penerbit buku yang bersifat jujur serta kualitas bukunya tuh dipastikan tanpa ada bekas fotokopian, usahkan cari penerbit buku yang sudah terkenal serta mempunyai banyak testimoni-testimoni dari konsumen untuk membuktikan kalau penerbit buku memang jujur dan banyak sekali para penulis yang berhasil dapat buku cetakan, dan yang terakhir adalah pastikan penerbit buku yang kalian cari itu harus ada tertera ISBN yang jelas dan resmi, jangan yang kaleng-kaleng ataupun sekedar tipuan saja.

Gak hanya kasus masalah dugaan penipuan yang diatas itu aja kok, aku juga ketemu yang lagi-lagi kasus penipuan dengan modus lomba menulis gitu sih, yang dimana uang korban buat transfer beli buku tuh dibawa kabur oleh pelaku juga.

Kasus dugaan penipuan

Entah ini beneran penipu atau bukan tapi udah jelas sih si korbannya itu juga ngumpulin bukti-bukti ss chat sama si pelakunya. Sekarang penipu udah banyak berkeliaran dimana-mana termasuk dalam modus penerbitan buku, So kita harus hati-hati ya !

Ada yang punya pengalaman kena tipu dari penerbit buku tidak ?

One thought on “Penipuan berkedok penerbit buku !?Hati-hati jika ingin mencari penerbit !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s