Jalan-jalan ke Kota Berlin bersama Virtual Tour Guide

Setelah aku sudah jalan-jalan ke Artic bersama Virtual Tour Guide, kali ini aku akan bahas yang lagi-lagi masih travelling virtual ke beberapa Negara Eropa, Yup, Jerman. Minggu kemarin sebelumnya aku udah ikut virtual tour ke Jerman bersama para peserta Virtual Tour Guide dan pemandunya, Kak Dhany. Yuk aku akan bahas mengenai Negara Jerman sambil belajar tentang sejarah. Sebelum memulai perjalanan, seperti biasa aku dikenalin dulu sama Kak Dhany. Beliau adalah seorang traveller yang puluhan kali ke Jerman dalam 3 tahun terakhir dan pernah keliling ke 28 negara di 4 benua.

Kenalin dulu nih sama Kak Dhany

Di virtual minggu kemarin lalu, aku akan pergi ke berbagai tempat-tempat spot menarik yang ada di Jerman, mulai dari Berlin, Alexanderplatz, Berlin Chaterdal, Holocaust Memorial, Checkpoint Charlie, sampai Brandenburg Gate.

Mengenal jerman

Jerman merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Barat yang berbatasan dengan beberapa negara tetangganya, seperti Austria, Swiss, Prancis, Belgia, Belanda, dan Inggris. Jerman sendiri merupakan negara dengan ekonomi terkuat di dunia setelah Amerika, Cina, dan Rusia. Jerman ini juga merupakan negara yang paling makmur sekaligus terpadat di dunia karena banyak sekali para imigran yang datang ke Jerman.

Jerman pun juga terkenal karena pendidikannya & bidang teknologinya. Meskipun negaranya terkenal padat, tetapi jumlah populasi hutan disana pun tetap terjaga sehingga sepertiga wilayah di Jerman tuh masih hutan. Kastil paling terkenal adalah Kastil Neuschwansten, yang merupakan bangunan kastil yang terkanal karena dijadikan sebagai Logo Disney.

Kastil Neuschwansten

Jerman juga terkenal mempunyai produsen mobil terbesar setelah Amerika, banyak sekali brand-brand mobil di seluruh dunia itu berasal dari Jerman. Seperti Porsche, BMW, Audi, Opel, Brogward, dan Mercedes-Bentz,. Bahkan Prosche pun sekarang sudah milik Jerman meskipun Prosche sendiri aslinya buatan Amerika.

Brand-brand mobil Jerman

Selain itu, Jerman juga sangat terkenal dengan kisah sejarahnya yang panjang dan mereka sangat menghargai sejarahnya, sehingga banyak sekali tempat-tempat museum di Jerman yang sangat terjaga serta komplit sebagai menambah wawasan tentang sejarah. Orang Jerman sangat suka membaca buku sehingga ia selalu membawa buku kemana-mana. Maka tak heran, banyak sekali orang-orang Jerman di cafe sana sangat suka membaca buku sambil ditemani secangkir kopi, inilah yang menyebabkan Jerman menjadi negara termaju di dunia. Bahkan ada juga sebuah Buku bernama Gutenberg Bible yang merupakan buku pertama kali yang dicetak di dunia.

Gutenberg Bible

Bahasa Jerman berada di peringkat no. 3 sebagai bahasa yang paling banyak dipelajari di seluruh dunia bahkan di beberapa negara, seperti Swiss, Austria, dan Luksemburg. Di beberapa Bahasa Jerman ada sebuah 1 kata yang paling panjang di dunia dan terdiri dari 8 huruf. Sehingga susah untuk memenggalnya, kebetulan waktu aku sedang virtual tour itu pun juga sambil belajar sedikit Bahasa Jerman bersama Kak Dhany serta para pesertanya.

Belajar Bahasa Jerman
Kata terpanjang di dunia

Selain Bahasa Jerman, Jerman juga terkenal dengan suporter yang sangat fanataik, menurut dari cerita pengalaman Kak Dhany sendiri yang bekerja di kapal persiar, setiap ada tim Jerman yang bertanding itu orang-orang Jerman tidak ada yang berkeliaran di tempat luar dan semuanya masuk ke dalam rumah/ tempat tertutup untuk nobar (nonton bareng) melihat tim kesayangannya. Saking fanatiknya disana, ini juga punya banyak fans di seluruh dunia karena klubnya juga banyak sekali dan sampai ribuan di seluruh Jerman. Selain itu Jerman adalah negara pertama yang memperkenalkan Chritmas Tree.

Ada 1 fakta menarik nih tentang seputar Jerman, yaitu dimana jika seseorang yang berhasil kabur dari penjara, maka seseorang tidak akan mendapatkan hukuman sekaligus tidak ditambahkan hukumannya. Kenapa? karena menurut undang-undang Jerman, insting seseorang untuk bebas kabur dari penjara adalah insting yang manusiawi sehingga tidak boleh dihukum. Mata uang Jerman adalah Euro (baca: oiro), sebelumnya dulu namanya adalah Deutsche Mark yang sekarang terintergrasi menjadi Euro.

Uang Jerman

Jerman punya banyak jenis-jenis rotinya yang disebut Brotsorten, jumlah jenis roti ini sekitar 300 jenis sehingga bisa kita bayangkan betapa tersiksanya anak-anak Jerman untuk berusaha menghafal jenis-jenis roti tersebut. Ada juga makanan Hamburger yang merupakan makanan Jerman yang berasal dari Kota Hamburg. Dulu ceritanya asal Hamburger ini awalnya dipersiapkan untuk para tentara, jadi dari pihak pemerintah Jerman menyediakan 1 makanan dimana makanan itu terbuat dari roti berisi sayuran dan daging. Sehingga para tentara jadi mudah membawanya hanya dalam satu tangkap untuk dimakan di area medan parang, dan akhirnya makanan yang disebut Hamburger itu menyebar sampai ke Amerika yang selama ini kita mengira kalau Hamburger itu berasal dari Amerika.

Brotsorten : Jenis-jenis Roti di Jerman

Selain itu orang-orang Jerman sangat kuat minum bir dan Jerman sendiri adalah negara dengan konsumsi bir yang paling tinggi kedua setelah Irlandia. Jenis-jenis Bir Jerman tersebut cukup banyak mulai dari Wine, bir hitam, dan masih banyak lagi. Setiap bir tergantung dengan berbagai tingkat alkohol yang tinggi atau rendah, disana juga ada sebuah festival bir di Jerman yang dimana setiap tanggal 1 Oktober yang disebut “October Fest”, semua orang-orang pada minum bir sambil duduk di kursi meja bersama. Untuk minuman birnya itu pake gelas gede yang berisi 1 liter, sehingga satu orang 1 bir dan megang gelasnya aja tuh udah berat banget.

Festival bir
Dresscode October Fest

Selain itu, Jerman sangat terkenal mempunyai jenis-jenis sosis yang jumlahnya lebih dari 100 jenis sosis, seperti Bratwurst, Weisswurst, Knackwurst, dan masih banyak lagi. Jika beberapa kalian beragama muslim yang sedang ada disana harap berhati-hati saat memilih sosis ini, dari cerita pengalaman Kak Dhany sendiri saat mau beli makanan sosis di Jerman, biasanya belinya di beberapa tempat-tempat kebab karena tempat itu isinya orang Turki atau Tunisia sehingga kualitas sosis di tempat kebab sangat terjamin dan pastinya halal, dan Jerman sendiri pun punya banyak imigran-imigran muslim disana.

Jenis-jenis sosis di Jerman

1. berlin

Aku berlanjut ke salah satu ibukota Jerman yaitu Berlin. Di Berlin terdapat sebuah stasiun kereta api yang bernama Hautbanhof, yaitu stasiun yang terkenal mempunyai banyak peronnya. Jumlah peron kereta api ini lebih dari 34 atau 35 peron sekaligus stasiun paling terbesar. Selain itu, di Berlin juga terdapat lebih dari 180 museum. Besarnya Kota Berlin ini 9 kali lebih besar dari Kota Paris, Prancis. Terus jika beberapa kalian ada yang jomblo, kalian juga bisa cari pasangan di Berlin karena sekitar 50% orang-orang di Berlin itu rata-rata masih single alias jomblo.

Stasiun Hautbanhof

Berlin juga terkenal punya ikon bersejarah yang bernama Tembok Berlin, tembok ini memiliki panjang 27 mil yang membelah jadi 2 bagian wilayah Jerman, yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Tembok ini berdiri dari tahun 1961, asal mula tembok ini berawal dari Perang dunia 2 antara Nazi dan negara-negara eropa atau sekutu pada tahun 1945. Meskipun perangnya sudah selesai, tetapi malah menghasilkan perpecahan antara Jerman Timur & Jerman Barat, Jerman Timur menganut paham sosialis-komunis yang dibawah oleh Uni Soviet yang dimana paham ini lebih terjamin secara sosialis seperti pendidikan atau kesehatan, tetapi penduduk Jerman Timur merasa tertekan secara mental. Sedangkan Jerman Barat yang menganut demokarsi dibawah Amerika & sekutunya bersifat sangat terbuka sehingga pendudukn Jerman barat bebas berpendapat dan benar-benar terbuka intinya.

Karena saking tertekan secara mental akibat diterapkan sistem sosialis-komunis, hal inilah yang membuat penduduk Jerman Timur ingin segera pindah ke Jerman Barat. Pada tahun 1945-1960, pemerintah Jerman Timur merasa bahwa penduduknya sudah semakin sedikit akibat banyak yang pindah ke Jerman barat, termasuk anak-anak dan anak muda yang sedang bekerja, sehingga total penduduk yang berpindah ke Jerman barat menjadi 3 juta orang, dan inilah yang membuat pemerintah Jerman memutuskan untuk membangun Tembok Berlin pada tahun 1961.

Awalnya tembok ini dibangun secara dadakan, jadi temboknya itu dibangun saat tengah malam yang dimana semua penduduk pada tidur semua dan para tentara dan pekerja mulai bergotong royong membangun tembok ini. Beberapa hari kemudian tepatnya besok pagi, para penduduk menjadi kaget dengan kehadiran Tembok Berlin yang memanjang dari ujung ke ujung, awalnya Tembok Berlin ini dibuat dari beberapa kawat berduri saja dan akhirnya tembok ini baru diperbaiki terus pada tanggal 13 Agustus 1961 sehingga temboknya menjadi lebih tinggi dan kokoh. Di balik tembok pun juga terdapat sebuah kawat diatas tembok, para tentara yang berjaga, anjing-anjing pelacak, serta sebuah ranjau yang tertanam di sekitar tembok guna mencegah orang-orang Jerman Timur untuk pindah ke Jerman barat. Selain itu juga terdapat pos-pos penjaga yang terus dijaga ketat selama 24 jam.

Tembok Berlin

Meskipun dijaga ketat, tetapi masih ada orang-orang Jerman Timur yang tetap nekat menyebrangi Tembok Berlin, entah lewat dengan cara menggali tanah kebawah, nabrak tembok menggunakan tank hasil nyolong dari tentara sampai temboknya hancur, atau terbang pake balon udara. Ada sebuah cerita unik dari kisah perjuangan menyebrang Tembok Berlin ini, dimana ada sebuah kisah seorang pengusaha kaya asal Jerman Timur yang nekat menyebrangi Tembok Berlin dengan cara yang pintar, yaitu dengan cara menyeludupkan anggota keluarganya ke dalam bagasi mobil agar bisa berhasil sampai menuju ke Jerman Barat dari kecurigaan oleh para penjaga. *tapi kalau ada razia gimana tuh ya ;))

Sebuah keluarga pengusaha kaya asal Jerman timur

2. Alexanderplatz

Aku berlanjut ke tempat spot selanjutnya yaitu Alexanderplatz. Alexanderplatz atau yang disebut alun-alunnya Kota Berlin, namanya diambil dari seorang Tsar dari Rusia yang bernama Alexander I. Dinamakan Alexanderplatz sendiri karena tempat ini adalah tempat pertama kalinya sang kaisar menginjak kaki di Negara Jerman. Alexanderplatz juga merupakan pusatnya Kota Berlin dan banyak sekali berbagai macam-macam tempat yang bisa kita keliling disana, seperti mall, restoran, atau mengunjungi sebuah pasar yang bernama Chrirtmas Market. Dan Alexanderplatz sendiri pernah hancur pada tahun 1945 akibat perang.

Alexanderplatz
Alexander I

Alexanderplatz juga terdapat sebuah sebuah menara Tv bernama Fernsehturm Berlin yang merupakan menara tertinggi di Jerman. Tingginya mencapai 368 meter dari bawah sampai ujung atas menara, di menara tv itu terdapat sebuah restoran dan hanya bisa ditapung 400 orang. Yang unik dari menara tv ini lantainya bisa berputar dan kita bisa melihat pemandangan spot tempat yang berbeda-beda dari atas menara tersebut. Meskipun terdapat restoran diatas menara, tetapi tidak ada dapurnya diatas karena gak mungkin para pekerja restoran membawa dapur keatas sehingga untuk mengirim pesanan makanan ke pelanggan yang ada diatas, harus diantar dari lantai bawah sampai ke lantai atas (ketinggian 200 meter) menggunakan sebuah lift tercepat yang hanya membutuhkan 40 detik saja. Jika kita ingin naik keatas menara tv, harus membayar sekitar 16 euro, sedangkan hanya untuk makan diatas menara tv saja berkisar sekitar 26-30 euro. 30 euro itu sama dengan Rp. 550.000.

Fernsehturm Berlin

3. Berlin Cathedral

Bangunan ini adalah sebuah gereja kathedral untuk bagi umat Kristen Protestan, bangunan ini sudah berumur lebih dari 250 tahun dan pernah hancur di tahun 1945 akibat perang. Kak Dhany tak bisa menjelaskan detail dengan gereja tersebut karena bangunan gereja ini sangat bagus banget serta arsitektur dan ornamennya itu benar-benar menganggumkan bak seperti istana. Selain arsitekturnya sangat mengagumkan, juga terdapat sebuah pemakaman yang terletak di bawah tanah, dulu di Jerman ada sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Prusia, kerajaan itu sangat terkenal serta berpengaruh dan kuat di Eropa. Banyak sekali raja-raja serta bangsawan yang dimakamkan di gereja ini.

Untuk masuknya saja udah gratis dan gereja ini sangat terbuka untuk umum bagi umat lintas agama, gereja ini bukanya dari jam 9 pagi – 8 malam. Tetapi untuk hari minggunya ditutup karena dipakai untuk acara keagamaan dan beribadah sampai siang.

Berlin Cathedral
Arsitektur dan ornamen di dalam gereja cathedral

4. Holocaust memorial

Habis mengunjungi tempat spot wisata, aku beralih ke tempat-tempat bersejarah sekaligus sambil belajar mengenai sejarah Jerman. Siapa sih yang gak tahu Holocaust Memorial ini, bagi beberapa kalian yang baru dengar tempat sejarah ini aku menceritakan sedikit tentang asal-usul Holocaust Memorial dan kisah tragedinya. Cerita ini berawal dari masa periode kelam dimana jaman Nazi alias Hitler berkuasa di Jerman, Hitler terus-terusan mengincar para Warga Yahudi ke berbagai penjuru negeri termasuk Jerman. Orang-orang Yahudi baik muda, tua, ibu hamil, maupun anak-anak ditangkap dan di kumpulkan menjadi 1 ke tempat sebuah kamp, mereka tidak tahu sebenarnya apa tujuan para tentara Nazi itu membawa mereka ke kamp dan mau diapakan selanjutnya. Disana mereka hanya di data informasi pribadinya & difoto menggunakan piyama khas bergaris-garis.

Foto-foto orang Yahudi

Mungkin bagi kalian ada yang pernah nonton film The Boy in Striped Pyjamas, yang ceritanya itu tuh tentang seorang bocah yang rambutnya dibotakin & memakai baju piyama khas bergaris-garis oleh petugas kamp, kurang lebih kayak begitu sih suasana jaman dulu orang-orang Yahudi di kamp sana. Meskipun mereka gak diapa-apain disana, tetapi hanya 1 saja yang menurut aku sangat mengerikan sekali, yaitu dibunuh. Bisa dibilang mereka dibunuh sangat kejam oleh tentara Nazi, yaitu dengan cara mereka dikumpulkan di satu ruangan tertutup & di racuni sebuah gas beracun sampai mereka mati perlahan-lahan. Bahkan cerita sejarah kelam Holocaust ini ada pro & kontranya, jika ada yang kontra Holocaust di Jerman, Austria, atau Polandia, itu bakal ditangkap oleh polisi karena ada undang-undangnya. Bahkan untuk salam ala Nazi atau Hitler saja udah benar-benar dilarang. Selain dimasukan ke kamp, semua tahanan orang Yahudi wajib ditato di bagian tangannya yang bertuliskan kode-kode tahanan, tato kode itulah yangg akan terus dipake sampai seumur hidup.

Kak Dhany pun juga punya cerita pengalaman selama bekerja di kapal, dimana Kak Dhany punya satu penumpang yang sudah tua di sana dan penumpang itu bercerita tentang pengalaman dirinya yang pernah mengalami Holocaust sambil menunjukkan sebuah tato kode yang masih ada di tangannya ke Kak Dhany, jadi tuh ceritanya dulu saat penumpangnya masih muda, ia dipaksa untuk dibawa ke kamp oleh tentara Nazi ketika berumur 7 tahun, dan tangannya pun ditatoin bertuliskan kode-kode tahanan (yang mirip barcode gitu sih kalau jaman sekarang). Dan saat ini beliau penumpang yang sudah tua renta selamat dari peristiwa mengerikan itu.

Tato kode tahanan di bagian tangan (Sumber : www.jpost.com )

Holocaust Memorial ini bisa dibilang seperti memorial atau pemakaman menurut dari kata orang-orang, tapi kalau kata aku sih ini kayak sebuah memorial gitu sih entah itu pemakaman atau bukan. Meskipun terlihat kotak biasa, tetapi menyimpan sebuah pesan yang sangat mendalam, bahkan kotaknya saja berbeda-beda ada yang kecil, besar, tinggi, maupun pendek. Ini menunjukkan bahwa semasa peristiwa Holocaust tidak memandang usia tua dan muda itu semuanya tetap dibantai. Bahkan di beberapa Kota Berlin saja punya beberapa museum untuk mengenang Holocaust, ada satu hal menarik di setiap Holocaust Memorial ini. Dimana tanahnya itu cenderung bergelombang karena mengandung sebuah pesan, yang berisi perasaan hati yang dirasakan orang-orang Yahudi pada masa itu.

Jadi hati mereka yang bergelombang itu tandanya merasakan bahwa dirinya gak tahu mau kemana, baik mau diapain, apakah dirinya tetap hidup atau mati baik besok, sekarang, atau beberapa hari nanti. Atau gak tahu, intinya hidup mereka tuh gak ada kepastian dan bisa dibilang perasaannya sangat kacau.

Holocaust Memorial

5. Checkpoint Charlie

Selanjutnya beralih ke tempat bersejarah lagi yaitu Checkpoint Charlie, masih bahas seputar Tembok Berlin nih. Checkpoint adalah sebuah nama yang diberikan dari sekutu dan terletak di perbatasan Tembok Berlin. Tempat ini sangat penting sekaligus menjadi saksi bisu dimana sejarah Jerman Timur & Jerman Barat itu terjadi, karena di tempat ini dimana orang Jerman Timur bisa nekat menyeberang ke Jerman Barat meskipun itu dilarang bagi penjaga perbatasan Tembok Berlin. Tetapi yang hanya bisa melewati Tembok Berlin tersebut adalah turis, para pejabat, serta para pedagang atau pengantar barang ekspedisi saja.

Checkpoint Charlie ini sering menjadi tempat bersitegang antara Jerman Timur dan Jerman Barat, baik karena saling ejek-ejekan maupun saling menghina sehingga pada tahun 1961 ada tensi tembakan yang sangat tinggi antara kedua negara Jerman itu sampai-sampai saling mengeluarkan alat senjata & tank dan mulai berperang saling berhadap-hadapan.

Terjadi peperangan di Checkpoint Charlie
Checkpoint Charlie

Disini juga terdapat ada US Army di CheckPoint yang berarti ini adalah sisi Jerman Barat, sedangkan di sebelahnya ada sisi Jerman Timur. US Army ini bangunanya kecil mirip gubuk kayu gitu dan basicnya sendiri untuk orang-orang Jerman Barat sehingga gak masalah jika orang-orang Jerman Timur pingin pindah dan seolah-olah malah mengajak mereka untuk segera pindah. Saat ini, Checkpoint Charlie dijadikan sebuah tempat wisata dan bisa menyewa alat-alat senjata yang meskipun sekarang tempatnya itu hanyalah sebuah replika saja, sedangkan yang aslinya kini sudah disimpan di museum.

6. Brandenburg gate

Bagi kalian yang menikmati suasana di Jerman pasti gak akan lengkap dengan mengunjungi tempat yang satu ini, Yup! Brandenburg Gate. Brandenburg Gate adalah salah satu tempat wisata yang sangat ikonik di Jerman sekaligus bangunan tertua yang dibangun pada abad ke 17 oleh seorang Raja Prusia yang bernama Friedrich Wilhelm II.

Bisa dibilang Brandenburg Gate ini sangat terkenal dengan sejarahnya yang kental, kenapa? berdasarkan cerita sejarahnya. Dulu terjadi perang antara Kerajaan Prusia dan Pasukan Napoleon Bonaparte dari Prancis. setelah Kerajaan Prusia kalah dari Prancis, Napoleon Bonaparte mengadakan konvoi sebagai kemenangan pertama sambil pawai melewati tempat ini. Sampai-sampai Napoleon nyolong patung kuda bernama Quadriga dari atas Bradenburg Gate untuk dibawa pulang ke Prancis sebagai bukti bahwa Napoleon sukses menaklukkan Negara Jerman. Tetapi itu gak berlangsung lama, pada akhirnya Pasukan Napoleon kalah dan akhirnya Patung Quadriga pun dikembalikan ke Brandenburg Gate seperti semula.

Aksi konvoi pasukan Napoleon di Brandenburg Gate
Patung Quadriga (Sumber : unsplash.com/@robert2301 )

Brandenburg Gate juga pernah hancur pada tahun 1945 akibat perang dunia 2. Setelah perang berakhir, pihak sekutu dan pihak Uni Soviet akhirnya saling bekerjasama untuk merestorasi tempat ini cuman memperbaiknya saja terlihat asal-asalan seperti menempelkan semen-semennya saja. Sejak Jerman terpecah antara Jerman Barat dan Jerman Timur akhirnya Brandenburg Gate ini direnovasi kembali lagi, oh iya Brandenburg sendiri waktu itu masuk ke wilayah Jerman Timur sehingga letaknya pun pas di depan Tembok Berlin.

Brandenburg Gate dan Tembok Berlin
Sebuah papan peringatan di Jerman Barat (Sumber : www.dw.com )

Di depan Tembok Berlin yang ada di wilayan Jerman Barat, terdapat sebuah papan peringatan yang kalau di terjemahkan itu berarti “Hati-hati, kamu akan meninggalkan daerah dari Jerman Barat.” Kata-kata ini bukan gak bermaksud untuk mengancam kok, maksudnya itu jika kita meninggalkan Jerman Barat ke Jerman Timur, berarti kita akan kehilangan kebebasan atau kemerdekaanmu sendiri.

Pada tahun 1989 orang-orang Jerman Timur menjadi semakin gak tahan & ingin pindah untuk bertemu kerabat atau keluarganya yang ada disana, begitu pula sebaliknya dengan si orang-orang Jerman Barat. Pemisahan 2 negara Jerman ini sebenarnya bukan karena kemauan warganya sendiri melainkan karena pemerintah Jermannya sehingga terjadilah demonstrasi besar-besaran sekitar Bulan Oktober-November, banyak sekali para warga yang berbondong-bondong membawa palu, paku, serta alat berat untuk menghancurkan Tembok Berlin. Pada tahun 1989, Tembok Berlin akhirnya benar-benar runtuh.

Detik-detik runtuhnya Tembok Berlin
Brandenburg Gate sekarang

Runtuhnya Tembok Berlin tidak semuanya hancur begitu saja kok, tetapi tembok ini meninggalkan sisa-sisa bangunan di beberapa tempat sebagai memorial, terus disana kita juga bisa melihat sebuah garis bekas Tembok Berlin di sepanjang jalanan. Saking ingin mengingat momen bersejarah lagi, sampai-sampai garis bekas Tembok Berlin itu masih ada sampai sekarang meskipun di sekitar jalananya sudah diaspal kecuali bekas garis itu sendiri. Di dekat garis bekas Tembok Berlin juga terdapat sebuah tulisan bekas batas Jerman Barat dan jerman dan Timur yaitu Ost dan West. Menurut kepercayaan atau kata orang-orang Jerman, ini menunjukkan bahwa suatu saat mereka akan bersatu kembali seperti semula.

Garis bekas Tembok Berlin

Well itulah dari perjalana virtual tour mengenai Negara Jerman beserta sejarahnya. Travelling itu gak sekedar untuk bersenang-senang saja kok, melainkan sambil belajar juga tentang sejarah ke berbagai tempat-tempat bersejarah seperti tempat wisata di Jerman ini, siapa tahu juga untuk menambah wawasan pengetahuan kalian tentang sejarah disana nanti.

Bagi kalian yang ingin kepo sekali ikut virtual tour, jangan lupa follow dengan klik tautan virtual.guide ini dan pantengin terus update-update jadwal tour yang akan segara datang dan berbagai macam info-info menarik tentang berbagai negara yang selalu dibahas di Virtual Tour Guide.

Siapa yang bermimpi ingin pergi ke Jerman ?

28 tanggapan untuk “Jalan-jalan ke Kota Berlin bersama Virtual Tour Guide

  1. Impian ku bisa kuliah di Jerman sedikit terobati dengan adanya virtual guide ini, ya Allah lengkap kap akupun jadi belajar sejarah lagi tentang Keke jaman nazi dan tahanan yahudinya. Seruu banget bisa virtual guidenya Kak Alya, makasih sudah berbagi cerita

    Suka

  2. jerman adalah sebuah negara yg familiar bagi keluarga kami. Karena kakak dari mama tinggal disana, bersama sepupu saya, tpatnya di Kota Hamburg, Jerman. Makanya klo bercerita ttg Jerman, byk bgt memory, seperti coklat, permen, sendal brickenstock dan masih byk lagi

    Suka

  3. Serasa benaran mengunjungi semua kota-kota di German seperti Hamburg, Berlin, Alexander Platz, ikon sejarah yang sangat fantastis karena memori masa lalu segera melayang kembali.

    Suka

  4. Banyak sekali informasi terkait Jerman yg menambah wawasan saya. Itu kata terpanjang di dunia, unik sekali ya…. Saya bacanya aja ga bisa hahaha

    Salam
    Okti

    Suka

  5. Seru sekali yaaa virtual tur ke Jerman, duh aku mah alamat auto ngeces tuh pas tur kulinernya, segala sosisnya bratwurst, wiener, auto laper dehhh jadinya

    Suka

  6. ini deket banget dari belanda, sayangnya kemarin pas di sana malah ga sempet berkunjung ke jerman. Pendidikan dan kesehatannya emang jempol banget yaa, aku baru tentang kastil itu nih mbak Al, ternyata itu yang biasa dipake sama Disney yaa… thanks buat reviewnya yaa, sukaaa. jadi berasa jalan2 nih

    Suka

  7. Beberapa kali liat Holocaust Memorial di feed IG selebgram. Ternyata menyimpan sejarah tragis orang Yahudi zaman dulu.

    Meski Jerman negara maju dan modern, bangunan kunonya tetap dipertahankan. Suka liat desain rumah di Jerman itu. Klasik, mewah, keren

    Suka

  8. Lengkap bgt ulasannya kak. Ini tuh ngerekam atau gmn nih kok bisa ngulas selengkap ini. Mantap! Btw, aku baru tau kalo simbol menara disney itu menara di Jerman haha.. aku jg baru tau kalo burger atau humburger itu berasal dari Jerman bukan Amrik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s