Memahami Pilot Project dan ide untuk bikin perpustakaan kecil

Di tulisan tema ODOP ISB kali ini aku akan membahas mengenal Pilot Project sekaligus ide rencana kecil yang aku buat. Pernah dengar istilah Pilot Project gak? Btw aku baru dengar dengan istilah projek ini dan mungkin saja beberapa kalian pasti juga baru mendengar istilah ini, apa sih arti istilah Pilot Project itu.

Menurut wikipedia, Pilot Project (ekperimen pendahuluan) adalah Sebuah studi pendahuluan, proyek pendahuluan, uji pendahuluan, atau eksperimen pendahuluan adalah sebuah studi yang dilakukan untuk mengevaluasi kelayakan, durasi, biaya, kelemahan, dan rancangan dari suatu penelitian, sebelum dilaksanakan sebagai proyek penelitian berskala penuh.

Pilot Project itu sendiri adalah sebuah pelaksanaan kegiatan untuk melakukan percobaan atau pengujian yang bertujuan untuk menjalankan sebuah program dan mengetahui dampak pelaksanaan percobaannya. Tantangan ini menurutku cukup sulit karena aku harus buat ide untuk membuat sebuah projek yang sesuai dengan rencana aku sendiri. Kebanyakan Pilot Project ini biasanya kayak bikin ide bisnis gitu atau juga misalnya mencoba menerapkan program kurikulum baru ke sekolah yang terkenal karena kebanyakan semua siswa pada pintar semua.

Sebenarnya aku masih bingung mau bikin kegiatan pilot projek apa ya yang pingin aku buat, daripada cari yang bikin sulit atau rumit seperti projek sosial dan projek kegiatan masyarakat. Mending aku bikin sebuah projek yang lumayan cukup mudah sih, yaitu ide bikin perustakaan kecil. Jaman sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan masyarakat banyak yang berbelok ke dunia sosmed lewat main gawai. Sayangnya, beberapa masyarakat di Indonesia rata-rata sangat minim literasi karena ketidaksukaan membaca buku dan lebih suka mengeluarkan argumen atau kritikan dulu secara asal-asalan di konten sosmed tanpa membacanya terlebih dahulu. Jangankan malas baca, masyarakat termasuk netizen saja kebanyakan banyak nanya mulu di sosmed seperti *maaf yak kelihatan seperti orang bodoh karena gak pernah membaca dulu di caption tulisannya.

Maka, itulah aku jadi kepikiran membuat perpustakaan kecil yang bertujuan untuk membuat aku jadi semangat untuk membaca buku. Well, beberapa buku seperti novel di rumaku sudah hampir banyak dan sampai bertumpuk-tumpuk, tapi seru juga ya kalau bikin perpustakaan mini di rumah. Tapi karena rumahku kecil dan ruangannya sangat terbatas jadinya yaa gak ada tempat lagi untuk bikin perpustakaan kecil.

Projek rencana yang aku pikirkan ini lumayan mudah sih karena itu cuman buat perpustakaan pribadi aku di rumah. Cuman yang rada sulitnya sih masalah modal dan ruangannya, kenapa? karena itu ruangan di rumahku sangat terbatas dan juga harus beli rak buku lagi. Belum lagi buku-buku novelku saja masih sedikit meskipun yang lainnya hanya buku kuliah saja πŸ™‚

Seru juga ya kalau bikin perpustakaan kecil di rumah, karena aku juga suka buku-bukan jadi terbesit deh untuk membuat ide bikin perpustakaan ala rumahan. Gak hanya untuk buat aku aja kok, bahkan untuk keluarga atau orang-orang terdekat pun juga boleh untuk membaca buku apa saja, yang penting buat perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan menambah wawasan ilmu lewat membaca.

Rencana kalian mau bikin projek apa aja nih ?

5 tanggapan untuk “Memahami Pilot Project dan ide untuk bikin perpustakaan kecil

  1. Iya, aku juga pingin banget bikin perpustakaan di rumah. Untungnya ruangnya ada tapi rak bukunya yang harus beli lagi hahaha. Di rak buku di rumah, bukunya sampe berlapis tiga karena udah nggak muat tapi ternyata rak buku harganya mahal ya πŸ˜‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s