Jalan-jalan ke Artic bersama Virtual Tour Guide

Biasanya para pelancong alias turis lebih sering berkunjung ke tempat-tempat spot wisata yang menarik apalagi ke berbagai negara-negara di belahan benua dunia. Seperti Eropa, Asia, Amerika, Australia, sampai Afrika. Tapi apa jadinya kalau kita pergi ke suatu tempat yang belum pernah kesana oleh para turis, yaitu di belahan bagian kutub utara, Artic. Hari Minggu kemarin aku diajak bersama para-para peserta untuk pergi ke tempat Kutub Utara lewat Virtual Tour Online bersama Kak Dhany.

Btw, sebelumnya aku sudah pernah ikutan virtual tour online ke Kota London, Inggris lewat virtual online. Tetapi di minggu kemarin akhirnya aku ikut kedua kalinya untuk jalan-jalan ke wilayah Artic.

Seperti biasa aku akan diajak kenalan lagi dengan Kak Dhany.

Untuk target rute ke tempat tujuannya, hanya 4 spot wisata saja yang wajib aku kunjungi di beberapa wilayah Artic, mulai dari Greenland, Artic Sea, Svalbard, sampai Iceland.

Sebelum jalan-jalan ke Artic, KakD Dhany akan menjelaskan apa sih perbedaan antara Artic dan Antartika. Artic adalah sebuah wilayah di kutub utara yang bentuknya itu menyerupai samudra serta tertutupi oleh 28% es. Sedangkan Antartika adalah sebuah benua yang terletak di kutub selatan yang ditutupi oleh 92% ketebelan es, Antartika sendiri tidak bisa ditempati oleh manusia, tetapi hanya 2000-3000 orang yang rata-rata hanya seorang peneliti saja. Berbeda dengan Artic yang justru bisa ditempati oleh manusia hingga macam-macam fauna yang ada disana.

Beberapa negara di wilayah utara

Artic mempunyai penduduk asli dan jumlah penduduknya kurang lebih 4 juta orang serta tinggal di sana selama puluhan ribu tahun dan bisa beradaptasi. Uniknya, cuaca di sana bisa berubah dalam hitungan jam. Seperti tiba-tiba hujan, turun salju, atau musim panas. Karena di sana iklim/suhu sendiri yang namanya iklim poland, sedangkan suku asli disana adalah Suku Inuit. Kalau di Alaska biasanya adanya Suku Eskimo yangs sekarang tidak digunakan lagi di Amerika karena masalah rasis, seperti kasus di Suku Indian.

Di Artic juga masih pake Dog slide yang biasanya ditarik oleh seekor anjing. Kehidupan sehari-hari disana mayoritas suka berburu karena disana tuh gak bisa bercocok tanam akibat lapisan tanahnya tuh tertutup oleh es membeku, makanya itulah penduduk mereka suka berburu hewan laut yang mengandung lemak seperti Paus & Anjing laut. Sedangkan kalau makan ikannya itu bisa dimakan mentah-mentah karena menurutnya ikannya tuh masih dalam kondisi fresh.

Kehidupan sehari-hari di Artic
Dog slide.

Sedangkan untuk di Greenland (bagian selatan) sudah bisa ditanami oleh jenis tumbuhan, kenapa bisa ditanami? karena akibat efek global warming yang dimana suhu Artic sudah mulai naik, itulah yang menyebabkan banyak sekali es-es sudah mencair & tanahnya sudah bisa ditanami oleh tumbuhan yang merupakan efek positif bagi penduduk Greenland. Karena kehidupan mereka cukup keras, selain berdaptasi disana mereka orang-orang di bagian utara itu sangat adiktif bisa memprediksi yang namanya hampir kayak peramal cuaca, seperti memperdiksi kapan terjadinya hujan es atau badai es.

sejarah

Bangsa Viking

Orang-orang modern itu dimulai dari Bangsa Norway yang bernama Viking. Dulu sudah ada bangsanya aslinya disana yang tadi Suku Inuit itu sampai berbagai dari para pelaut Norway yang datang pada tahun 1900 SM. Mereka menciptakan sosialitanya mereka sendiri, termasuk di bagian Greenland & Iceland. Jadi mereka juga menancapkan budaya Viking disana, dan sampai sekarang penduduk disana masih ada yang keturunan Norway yang mendalami di kedua negera tersebut. Pada tahun 1400-1600, di Eropa terjadi dengan peristiwa The Little Ice Age. Tahun 1400-1800 hampir suhu di wilayah Eropa mulai menurun sehingga suhunya itu sampai membuat samudra yang juga ikutan membeku. Hal itulah membuat mereka jadi terisolasi yang menyebabkan jumlah penduduknya meninggal akibat kelaparan, bahkan di seluruh dunia pun suhu turun sampai 5 derajat celcius sampai terdingin yang membuat penduduk akan tewas karena terserang kelaparan dan juga wabah penyakit.

Lalu di Abad setelah 1800 masehi, Banyak sekali para pelaut dari Rusia yang mulai eksplorasi kembali dan berhasil menjelajah ke seluruh Artic. Gak semua Artic tempatnya yang terkenal beku seperti itu, ada beberapa kota besar yang ada di wilayah Artic yaitu Anchorage, Alaska, kota yang cukup besar & maju. Tetapi sebagian besar dari wilayah Artic masih berbentuk desa-desa kecil namun sudah modern, cuman kehidupan atau kebiasaan disana masih dalam tradisional.

Fenomena Global Warming itu membuat kebiasaan Artic menjadi berubah, jadi di seluruh penjuru dunia semakin lama suhunya menjadi hangat yang mengakibatkan es di Artic menjadi tambah berkurang.

Artic dulu & sekarang

Tetapi di sisi positifnya, es-es yang mulai mencair itu juga membuat Artic semakin mudah dilalui dan bisa dikunjungi oleh para pelancong turis yang ingin pergi ke tempat bagian bumi utara. Untuk masalah pengirimannya jika kalian ingin ngirim dai Eropa ke Jepang, kalian harus muter jauh dari selatan lewat timur tengah, Asia Tenggara, sampai ke Jepang. Jadinya kalian hanya bisa mengambil lewat utaranya saja, menyusuri Rusia & langsung ke selat bering, habis itu nyampe deh di Jepang atau Korea. Rumit sekali kan ^^

1. greenland

Greenland adalah sebuah pulau terbesar di dunia yang tidak bisa dihitung sebagai benua, tetapi hanya sebagai pulau saja. Pulau ini juga termasuk dalam kategori teritori ke Negara Denmark sehingga otomatis yang mengatur Greenland untuk segala urusannya adalah Denmark. Kenapa disebut namanya Greenland meskipun pulaunya hampir tertutup oleh es? karena menurut penjelasannya dari Kak Dhany, Greenland itu artinya adalah “tanah kita”, jadi artinya itu seperti mengajak orang-orang Eropa untuk pindah ke Greenland menurut dari beberapa literatur jaman dulu. Greenland ini bukan kontinen meskipun nyebutnya benua, tetapi sudah diklafisikasikan sebagai pulau. Secara geografis, Greenland sangat dekat dengan Amerika sehingga masuk ke Benua Amerika. Tapi secara administratif, otomatis ikut ke Eropa karena pulau ini dibawah oleh Negara Denmark.

Bendera Greenland
Kota Nuuk

Pulau ini ditemukan oleh Bangsa Viking karena yaa itu efek Little Ice Age yang sudah dijelaskan di atas. Namun kekuasaan Bangsa Viking perlahan-lahan memudar & diganti oleh Bangsa dari Denmark sampai sekarang. Ibukota Greenland sendiri adalah Kota Nuuk yang sangat sedikit jumlah penduduknya disana termasuk orang Artic sendiri yang juga tinggal disana, bahkan tingkat kriminalitasnya saja sangat rendah disana. Greenland juga punya macam kebudayaan yang berbeda terutama di bagian selatan, beberapa ada suku & juga kebudayaannya yaitu mayoritas adalah :

Dorset : Suku asli yang kini sudah tidak ada lagi disana.

Thule : Suku yang datang dari Kanada, sudah dijelaskan pada tahun 1400-an ada peritiwa Little Ice Age, yang memungkinkan orang Rusia dan orang Kanada itu berjalan kaki di atas es untuk menyeberangi ke Greenland. Suku inilah yang menyebabkan banyak sekali disana akibat imigrasi, dan juga Thule lah yang memperkenalkan kendaraan Dog Slide.

Norse : Suku keturunan Viking, orang-orang utara yang sangat dekat dengan Viking.

Innu : Suku yang terkenal dengan pandai berburu atau mempunyai skil berburu terbaik.

Beothuk : Suku yang tinggal di suatu pulau yang tidak pergi kemana-mana sehingga mereka menciptakan New Founland yang seolah-olah itu dunianya sendiri. Suku ini masih primitif dan juga suka berkelompok.

Suku asli Greenland

Oh iya, tambahan lagi. Dog slide sendiri sebenarnya di tarik oleh sekelompok ras Anjing yaitu Alaskan Malamute, terlihat mirip sekali seperti anjing husky biasa yang pernah kita temui cuman Alaskan Malamute sendiri justru tubuhnya lebih gede dibanding Husky, Husky sendiri sebenarnya adalah anjing keturnan dari Alaskan Malamute itu sendiri.

Husky (kiri) & Alaskan Malamute (kanan) (sumber : k9web.com )

Greenland juga punya jenis-jenis fauna darat disana dan bisa beradaptasi dengan baik. Seperti Muskox, yang merupakan hewan besar yang mirip seperti banteng atau sapi. Tetapi Muskox sendiri masuk ke dalam keluarga para kambing, terus ada juga Greenland Wolf putih dan Greenland Fox Putih. Meskipun bentuknya mirip dan sama-sama berbulu putih, cuman dari kedua hewan itu fisiknya saja yang berbeda. Greenland Wolf cenderung fisiknya agak gede sedangkan Greenland Fox fisiknya agak kecil dan ekornya juga panjang, terus Greenland Fox lebih suka makan hewan-hewan bangkai.

Greenland Fox (Sumber : scientificamerican.com )
Greenland Wolf (Sumber : wolveswolveswolves.fandom.com)

Setiap tahun pada tanggal 5 Mei- 25 Juli cahaya matahari gak pernah hilang akibat oleh posisi dari Greenland itu sendiri karena dari utara, padahal dunia itu berputar pada porosnya. Yang namanya porosnya dunia itu gak tegak lurus tetapi cuman miring, karena kemiringan itu sendiri yang mengakibatkan hampir 24 jam di belahan bumi utara akan ada cahaya matahari, fenomena cahaya matahari yang terang secara terus-menerus disebut Midnight Sun.

2. artic sea

Aku berlanjut ke tempat spot selanjutnya adalah Artic Sea, Artic Sea adalah komponen utama dari kutub utara yang mempunyai 92% es kutub utara. Artic Sea menjadi perbincangan hangat di penjuru dunia karena saat ini es di Artic Sea sudah mulai mencair sehingga efeknya sangat berbahaya bagi dunia. Artic Sea digolongkan sebagai samudra dan sebagiannya tertutup oleh es tapi tidak setebal dari Antartika.

Artic Sea

Artic Sea juga dikelilingi oleh banyaknya benua sehingga yang bertanggung jawab atas Artic Ocean ini adalah beberapa negara saja karena tempat ini sangat strategis bagi jalur transportasi yang efektif. Artic Sea sangat terkenal karena persediaan cadangan minyak & gas, menurut data, bagian Artic Sea mengandung 95 miliyar barel minyak & 44 miliyar barel gas. Saat ini persediaannya sudah sedikit disana dan tempat pengeborannya sudah mulai ditinggalkan karena persediaan disana hanya tinggal gas bumi saja. Artic Sea juga punya beberapa fauna yang hanya saja cuman hidup di air saja, seperti walrus, paus putih (beluga), dan Narwhal yang dijuluki Unicorn of The Sea karena mempunyai tanduk yang panjang, Narwhal sendiri masuk keluarga antara paus & lumba-lumba.

Narwhal (Sumber : worldwildlife.org)

3. svalbard

Svalbard terletak di bagian bumi utara sekaligus masuk ke bagian Negara Norway, Svalbard ini terpisah dari daratan Norway dan punya teritori & peraturannya sendiri. Ibukota Svalbard adalah Longyearbyen dan kotanya ini bisa dilalui melalui udara atau laut. Longyearbyen juga punya aturannya sendiri sekaligus unik, kalau kita ingin pergi kesana masuknya bisa bebas visa, kok. Sehingga kita tidak usah membutuhkan visa Schengen seperti masuk ke Norway.

Kota Longyearbyen

Jadinya kita bebas ke Svalbard tanpa visa & semua tempat fasilitas disana itu bebas tinggal, Asalkan yang penting harus punya tujuan untuk bekerja sekaligus punya tempat tinggalnya. Sensus di Longyearbyen kurang lebih 2.800 warga disana sehingga cukup sedikit. Dari 38.800 warga rata-rata berasal dari 50 negara lebih akibat datang secara imigran, maka tak heran banyak sekali warga imigran disana yang berasal dari negara-negara berbeda. Makanya Svalbard sangat bebas memberikan fasilitas tempat untuk ditempati asalkan harus punya pekerjaan sekaligus juga siap mental alias nyali yang kuat. Seperti apa nyalinya?

Svalbard

Menurut berdasarkan pengalaman Kak Dhany waktu disana, Kak Dhany pernah melewati beberapa blok rumah yang pintu rumahnya itu tidak ada kuncinya meskipun hanya handle pintunya saja. Kenapa pintu rumah tidak dikunci? karena untuk memastikan bahwa seseorang yang sedang dikejar oleh beruang kutub bisa mudah menyelinap ke rumah-rumah terdekat (baca: tetangga) supaya dirinya aman. Disana jumlah beruang kutub sangat banyak dan jumlahnya saja 300 ekor lebih sehingga melebihi jumlah penduduk Svalbard. Beruang kutub sangat suka makan anjing laut & itu sangat berlaku untuk dikonsumsi oleh manusia. Di sekitar Kota Longyearbyen juga terdapat sebuah papan petunjuk arah ke berbagai negara sekaligus jarak kilometernya.

Papan arah ke berbagai negara (sumber : www.discover-the-world.com)

Jika kita tinggal disana & ingin jalan-jalan keluar kota dari Longyearbyen, baik cewek maupun cowok sebaiknya diwajibkan untuk membawa senjata seperti senapan sebagai survival kit disana untuk berjaga-jaga dari serangan beruang kutub. Tetapi disarankan untuk tidak boleh menembak beruang kutub jika tidak terdesak, jadi senjata ini hanya buat untuk nakut-nakutin beruang saja dan tetap tidak boleh membunuhnya.

Peringatan ancaman beruang (sumber : https://theweek.com )

Di saat musim winter, matahari tidak pernah terbit selama 4 bulan dan hanya nongol di permukaan horizon dan habis itu tenggelam lagi, sehingga mereka menyebutnya The Darkest Moon yang mengakibatkan wilayah gelap terus menerus dan bisa melihat aurora saat siang. Penduduk Svalbard sendiri mempunyai 1 pengumuman resmi sekligus aturan bahwa kita disana tuh gak boleh ada yang meninggal, karena jika ada yang meninggal disana, mayatnya tidak boleh dikuburkan di Svalbard dan harus dikirimkan ke Norway. Kenapa? karena ada Permafrost yaitu lapisan tanah beku dengan suhu dibawah 0 derajat celcius selama beberapa tahun. Lapisan tanahnya itu sendiri meskipun luarnya pasir, tetapi di dalamnya itu ada es yang mengakibatkan mayat tidak bisa membusuk. Dan lebih ngerinya lagi, kalau kita mengubur tanahnya tidak begitu dalam, nanti mayatnya akan muncul lagi dari tanahnya karena didorong oleh es yang membeku.

Mayat yang bangkit dari kubur

Di Svalbard juga ada sebuah bangunan unik yang bernama Global Seed Vault, pihak Norway menciptakan sebuah bunker untuk menyimpan genetik-genetik tanaman dari seluruh dunia yang terletak di bagian bawah bunker. Banyak yang bilang kalau Global Seed Vault ini sebuah bunker untuk mempersiapkan kiamat. Bunker juga menyimpan spesies-spesies tanaman punah dan katanya juga nyimpen genetik hewan juga.

Global Seed Vault (Sumber : wikipedia.org)

4. Iceland

Iceland adalah negara terpencil yang terletak di tengah samudra. Bahasa resmi Iceland mirip dengan Bahasa Norway, dan disana juga terdapat Haukadalur yang merupakan geyser yang mengandung energi biotemal panas. Meskipun tempat Iceland rata-rata ada yang es, tetapi Iceland juga punya hampir keseluruhan gunung vulkanik disekitarnya. Dan juga punya panas bumi yang melimpah untuk dimanfaatkan di Blue Lagoon.

Iceland
Haukadalur

Blue Lagoon adalah sebuah spot tempat pemandian air panas yang terbuat dari bahan air panas alami sehingga baunya cukup menyengat alias belerang. Selain digunakan untuk berendam disana juga ada fasilitas spa nya yang perawatannya itu menggunakan lumpur vulkanik dengan biaya 60-70 euro. Disana kita juga bisa melihat Aurora Boeralis di bagian Iceland tepatnya di bagian utara.

Blue Lagoon
Aurora Boeralis

Well itulah tadi dari cerita panjang ke wilayah Arti & sekitarnya. Cukup seru sekaligus menantang kan. Meskipun tempatnya sangat dingin dan terletak di bagian utara, Artic juga tak kalah keren dengan spot tempat terindah dan menarik yang membuat para turis (termasuk kita) untuk pergi kesana. Sayangnya, saat ini wilayah Artic cukup memperhatinkan karena beberapa es disana sudah semakin mencair akibat efek Global Warming 😦 maka dari itulah jagalah lingkungan dengan baik dan gunakanlah barang-barang atau alat yang ramah lingkungan.

Bagi kalian yang ingin kepo sekali ikut virtual tour, jangan lupa follow dengan klik tautan virtual.guide ini dan pantengin terus update-update jadwal tour yang akan segara datang dan berbagai macam info-info menarik tentang berbagai negara yang selalu dibahas di Virtual Tour Guide.

Ada yang mau ke Artic gak nih ?

20 tanggapan untuk “Jalan-jalan ke Artic bersama Virtual Tour Guide

  1. 2021 ini sbnrnya plan travelingku ke negara2 artic ini mba :D. Iceland dan norway. Tapi sepertinya msh hrs reshecdule sih, secara aku blm yakin sudah bisa traveling di tahun ini…

    Dari dulu aku selalu jalan2 di saat winter, Krn aku pecinta dingiiiin banget :D. Ga suka Ama udara panas. Pandemi ini bikin aku ga bisa jalan2 saat winter kayak skr.

    Iceland dan norway udah lama masuk bucketlistku Krn auroranya dan suhu dinginnya :D. Itu yg makan ikan secara mentah, duuuh aku blm bisa bayangin ikan mentah kecuali salmon yg dibikin sashimi hahahahah

    Suka

  2. Wah menarik sekali traveling virtualnya. Apalagi sampai ke luar negeri dan ada tour guidenya. Baca postingan ini aja jadi kayak ikut jalan-jalan jadi ngebayangin serunya traveling ke Artic secara virtual. Btw saya baru tahu lho bedanya Artic dan Antartika. Selama ini lebih familiar Antartika saja hehe.

    Suka

  3. iceland! aku pengen banget kesana! secara gitu nge fans berat sama SIGUR ROS, hihihi. sigur ros sering bikin video klip berlatar belakang keindahan iceland, terutuma film musik dokumenter berjudul HEIMA, duh keren pisan

    Suka

  4. Fix! aku pengin! belum bisa ke tempat selain Indonesia, gpp kali ya…haha. ada alternatif lain untuk mengunjungi negara lain dengan cara virtual tour guide. Apalagi dengan dijelaskan sejarah gini, duh pasti asyik banget. Follow ah ig nya

    Suka

  5. mbak caranya ikut ini gimana sih? Kapan tuh baca bacaan mbak yang jalan-jalan ke kota impianku. Pengin ikut juga bisa virtual gini

    Suka

  6. Wah unik yaaaa… bagi jiwa petualang ini hal baru yg bisa jadi alternatif di era pandemi gini. Membaca dari awla hingga akhir rasanya kayak belajar sejarha dan geografi hehehe sip kak. Edukatif dan informatif

    Suka

  7. Aku mau ke artic mau ke blue lagoon liat aurora..mau ke svalbarg liat global seed ehbtakut tapi sm beruang kutub. Wkwk. Keren sih mbak Alya, lengkap bgt infonya bikin penasaran sm virtual guide inim

    Suka

  8. Serunya jalan-jalan virtual. Lumayan segerin mata lagi setelah yang dilihat rumah mulu ya hehe. Itu kaget banget btw perubahan jumlah es kutub karena global warming huhu

    Suka

  9. Bagus banget ya artic. Sebuah sisi lain dunia yang tak terlihat dr dekat olehku. Aku klo hidup disana, udah pasti ga kuat ma dinginnya.. Tinggal di indo aja ga kuat klo pas musim dingin.. Apalagi di daerah kutub seperti itu.. Beuuuuuuhhh pasti dingiiiin bingiitsss.. Heeee…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s