Memahami tentang IKIGAI

Kalian pernah mendengar kata IKIGAI gak? mungkin pasti kalian sudah dengar donk atau juga ada yang baru dengar dengan istilah ini. Aku pun pernah dengar istilah ini dan pernah baca di beberapa sumber informasi yang aku dapat.

Istilah ini menggambarkan tentang suatu makna hidup serta menjalani pekerjaan sesuai kemapuan yang kalian inginkan, dan juga menerapkan hal-hal baik atau aktivitas yang sehat seperti bangun pagi misalnya. Tetapi aku akan jelasin dulu deh mengenai apa itu IKIGAI.

Menurut dari wikipedia, dalam Bahasa Jepang kata “Ki” berarti artinya kehidupan, sedangkan “Gai” adalah berarti nilai. Ikigai sendiri dikaitkan yang artinya “alasan bangun di pagi hari”. Ikigai merupakan sebuah prinsip hidup bahagia yang dapat mengatasi rasa jenuh dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Menurut Psikologis kliniks dan Profesor Universitas Toyo Eiwa, Akihiro Hasegawa (2001), Ikigai adalah sebuah bagian dalam bahasa sehari-hari Jepang, Ikigai sendiri sebenarnya sudah ada dari Era Heinan (794-1185). Hesagawa mengungkapkan bahwa masyarakat Jepang percaya bahwa apabila mengumpulkan kebahagian-kebahagian kecil kecil dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hidup menjadi lebih penuh dan bermakna.

Konsep ini juga mengajarkan arti sebuah kebahagian dalam menjalani hidup. Ikigai sendiri pun juga menggambarkan arti semangat kerja serta meraih cita-cita yang diimpinkan. Aku sendiri arti Ikigai ini sebagai arti tujuan hidup buatku dan melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk mencari passion serta mengenal tentang diri sendiri. Menurut aku sudah baca tentang ini, caranya ini cukup sederhana untuk menemukan arti kehidupan kita serta mencari passion yang cocok sesuai keinginan kita. Ikigai mempunyai beberapa irisan 4 elemen untuk kehidupan kita sehari-hari, ada passion, misi, pekerjaan, profesi, dan bidang.

1. passion

Passion adalah sesuatu hal yang kita sukai dan membangikitkan gairah untuk melakukan pekerjaan sesuatu yangs sesuai dengan kemampuan yang kita inginkan. Misalnya saja aku bekerja jadi Blogger atau penulis buku karena passion aku tuh emang codongnya bakat menulis dan suka melakukan kreativitas imajinasi lewat sebuah tulisan.

2. mission

Misi adalah sebuah tantangan pekerjaan bagi kita untuk bertujuan untuk mendapat pencapaian yang sukses. Poin ini akan menggambarkan bagaiman kita melakukan misi pekerjaan yang kita sukai maupun tidak sukai demi meningkatkan upgrade skill atau bermanfaat bagi orang lain dan juga diri kita sendiri, misinya sih tergantung seberapa sulit atau mudah yang kita berikan. Misalnya ketika kalian terjun jadi relawan untuk menolong korban dari bencana, disitu kalian akan diuji untuk belajar bersosialisasi dan menunjukkan rasa empati seperti tolong menolong antar sesama.

3. Pekerjaan

Poin selanjutnya adalah pekerjaan, kalian harus punya pekerjaan yang bisa mendaptkan penghasilan cukup serta bermanfaat bagi diri kalian dan juga orang lain serta menambah wawasan atau pengalaman di dunia kerja. Pekerjaan sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kemampuan dan sesuai dengan passion keinginan kalian yang dimiliki.

4. Profesi

Profesi adalah sesuatu perkejaan yang sesuai dengan bidang ahli yang kalian kuasai, pastikan juga jika kalian ingin mencari pekerjaan, carilah sesuai kemampuan yang kalian miliki dan sukai dengan pekerjaan tersebut. Seperti misalnya kalian suka banget nih menggambar atau mendesain objek sesuatu, maka kemampuan ini sangat cocok untuk bekerja sebagai desainer atau arsitek yang sesuai dengan kemampuan kalian yang dimiliki.

Ada caranya bagi kalian untuk menerapkan dalam sebuah Ikigai, cara ini cukup mudah dan asalkan harus niat untuk menjalaninya serta konsisten dengan kemampuan yang kalian sukai dan menggali dalam tentang diri kalian sendiri. Seperti mencari tahu apa tujuan hidup kalian, menemukan passion yang cocok, atau lakukanlah hal-hal kecil yang bermanfaat dan juga memulai untuk mencoba kemampuan baru yang kalian penasaran.

Atau juga kalian akan tanyakan ke diri sendiri mengenai empat pertanyaan mengenai tujuan hidup dan pekerjaan :

  • Apa yang kalian suka ?
  • Bagaimana kalian melakukan hal yang baik ?
  • Apakah kemampuan yang dimiliki kalian itu mendapat penghasilan ?
  • Dan apa yang kalian butuhkan di dunia ini ?

Well itu saja dari penjelasan aku mengenai apa itu Ikigai, konsep ini hampir mirip seperti di kehidupan dan pengalaman aku untuk menggali arti sebuah makna kehidupan, juga arti sebuah passion atau kemampuan yang aku sukai. Semoga tulisan ini menjadi bermanfaat bagi kalian semua.

2 tanggapan untuk “Memahami tentang IKIGAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s