Pembalik waktu & Masa depan di Film Tenet

Finally, akhirnya aku balik lagi menonton film-film terbaru yang belum ku tonton di tahun kemarin. Kangen banget nonton film di rumah, terakhir kalau gak salah aku nonton di bulan Oktober 2020 yang lalu. Dan kemarin tuh banyak banget film-film keren yang sayangnya gak tayang di bioskop karena wabah pandemi sampai sekarang sehingga mau tak mau terpaksa harus diundur tanggal rilisnya atau sebagian film-film terbarunya juga tetap tayang kok meskipun tayangnya di bioskop online seperti aplikasi web live streaming yang saat ini semakin menjamur di tengah pandemi ini.

Saat ini di tahun 2021 akan rame sekali karena menghadirkan film-film terbaru yang lebih keren dan siap tayang di bioskop, dan akhirnya beberapa tempat bioskop sudah dibuka seperti semula sehingga membuat masyarakat kembali antusias untuk menonton film kesayangannya. Kangen gak sih nonton bioskop, aku juga kangen donk karena sudah lama aku tidak pernah ke bioskop sejak awal tahun 2020. Sepertinya aku udah ketinggalan banget nih list-list film yang akan aku tonton dari Desember lalu, karena udah lama sekali aku gak pernah nonton film lagi akhirnya hari ini kesampaian juga deh nonton film terbaru yang udah aku tunggu sejak tahun kemarin. Juga aku udah lama banget nih gak pernah nulis ulasan review film yang aku tonton, dan akhirnya kesampaian juga deh wkwkw.

Di tulisan aku ini, kali ini aku akan membahas nih tentang ulasan review film yang sudah aku tonton hari ini. Kalian tahu Christopher Nolan gak, itu loh sutradara terkenal berkat film The Dark Knight dan Interstellar. Tapi yang aku nonton film ini adalah salah satu film terbaru Nolan yang sudah dirilis dari tahun kemarin, mungkin kalian tidak asing lagi dengan film Tenet.

Sumber : Twitter/Tenet

Judul : Tenet

Sutraara : Chritopher Nolan

Produser : Emma Thomas, Christopher Nolan

Genre : Action, Fiction

Rilis : 23 Desember 2020

Pemain : John David Washington, Robert Pattinson, Elizabeth Debicki, Dimple Kapadia, Kenneth Branagh.

Film ini menceritakan seorang Agen CIA, Protagonist, yang ditugaskan sebuah misi untuk mencegah terjadinya perang di masa depan. Misi pertama berawal dari sebuah insiden penyerangan di Gedung Opera Kyiv yang dimana Protagonist dan para tentaranya harus menyelamatkan nyawanya dengan cara melepaskan peluru ke pria bersenjata. Namun ketika Protagonist berhasil merebut semacam artefak dan mencegah bom itu di dalam gedung opera meskipun hanya terbakar dengan ledakan kecil saja. Tiba-tiba saat ia keluar dari gedungnya, tiba-tiba Protagonist di tangkap oleh kelompok penjahat (diduga tentara bayaran) dan menginterogasinya di tengah rel kereta api. Si Protagonist itu diikat di sebuah kursi sambil terus diinterogasi habis-habisan oleh orang jahat, setelah diinterogasi kelompok penjahat itu langsung mencecoki semacam sianida ke Protagonist nya sehingga Protagonist pun langsung tidak sadarkan diri.

Entah kenapa aku agak sulit untuk menceritakan alur cerita film ini karena filmnya tuh di jamin bikin bingung dan pusing amat karena beberapa alurnya ada yang maju-mundur gitu. Di keseluruhan cerita film ini, si Protagonist direkrut menjadi bagian organisasi yang bernama Tenet untuk melaksanakan misi menyelamatkan masa depan yang bakal ditemani oleh temannya si Neil. Protagonist juga harus membantu si Kat untuk menghentikan niat jahat Andrei Sator yang merupakan Oligarki Rusia dan bisa berkomunikasi di masa depan sekaligus suaminya si Kat sendiri, well hubungan si Kat dan Andrei ini benar-benar di ujung tanduk karena hanya masalah yang terkait Gambar Goya yang palsu. Dan disini Protagonist juga harus menjelajahi waktu ke masa lalu untuk mengetahui rahasia sebenarnya yang membuat aku menjadi sedikit tercengang karena nih filmnya itu ternyata mengandung plot twist sampai akhir ending.

Jujur banget aku nonton film ini aja udah pusing banget dan gak ngerti jalan cerita filmnya, soalnya filmnya alur maju-mundur gitu cuman gak terlalu sering lah. Tetapi efek dan visualisasinya tuh keren sekali apalagi backsoundnya itu. Terus pas adegan membalik waktunya yang berjalan mundru itu tuh jadi keingat filmnya Doctor Strange yang dimana Agomotto eye itu bisa ngemundurin waktu yang seolah-olah sedang me-replay adegan waktu lagi, tapi kalau di Film Tenet ini terlihat aesthetic banget pas waktunya itu di replay ulang saat Protagonist sedang beraksi, sumpah jadi keingat Doctor Strange masa!

Christopher Nolan ini emang jago banget membuat film yang spektakuler yang sukses bikin penonton tercengang, cuman sayangnya filmnya begitu pusing dan hasrus mikir keras dengan maskud arti cerita di film Tenet tersebut. Benar juga sih dari kata-kata netizen yang sudah pernah nonton film Tenet yang aku pernah baca di ulasan reviewnya, ternyata pusing juga ya nontonnya ^^

Daripada aku pusing ngejelasin alur ceritanya yang bingung sekali, mending aku langsung bahas dari segi karakter tokoh yang dimainkan di film Tenet ini, untuk aktingnya cukup baik dan juga lumayan menguras emosi saat adegan ketegangan antara Kat dan Andrei, biasalah KDRT gara-gara soal gambar Goya apa gitu dan belum lagi suaminya emang keras banget dan kejam ama istrinya. Karakter Andrei yang diperankan oleh Kenneth Barnagh emang rada nyebelin sih dan juga sedikit bikin aku kesal, tetapi aktingnya cukup oke dan sempurna dan satu lagi aku baru ngeh kalau Kenneth itu ternyata juga pernah main di Film Harry Potter yang kedua, pantesan saja aku kayak pernah liat mukanya wkwkw.

Terus dari karakter Kat yang diperankan oleh Elizabeth Debicki aktingnya juga bagus dan badannya itu tinggi banget terus gaya pakaiannya tuh kayak ibu-ibu sosialita gitu loh. Pembawaan karakternya hampir benar-benar terlihat sendu karena diceritakan ia terlihat memikirkan anaknya dan sangat merindukannya meskipun Kat diceritakan seorang ibu yang suka sibuk. Terus untuk karakter Protagonist yang di perankan oleh John David Washington, jiwanya benar-benar action sekali serta mempunyai semangat dan selalu berjuang untuk menyelamatkan masa depan.

Terakhir, dari karakter Neil yang diperankan oleh Robert Pattinson. Jujur banget aku liat si Rob di Film Tenet penampilannya mirip kayak karakter Leon di Resident Evil masa ^^ entah karena pakaian polisi dan rambutnya itu tuh udah cocok jadi karakter Leon wkwkw. Entah kenapa suka banget nih liat si Rob main disitu, aktingnya sebagai Neil terlihat santai dan lumayan soft banget lah menurut aku, disitu diceritakan doi berperan sebagai Neil yang merupakan rekan Protagonist yang ikut membantu bersama untuk mencegah terjadinya perang di masa depan. Aktingnya lumayan cukup oke lah dan penampilannya tuh kayak keliatan santai aja gitu, tapi disitu doi emang cakep banget apalagi pas ngelakuin adegan actionnya, aku jadi oleng lagi ^^. Btw, nanti kapan-kapan aku akan bahas tentang mengenai Aktor Robert Pattinson serta beberapa list film yang sudah aku tonton dari tahun kemarin, tunggu update tulisan aku selanjutnya ya ^^

Itu saja deh ulasan review film Tenet yang sudah aku tonton. Dari kesimpulan ini filmnya cukup keren tetapi alur ceritanya itu agak membingunkan dan juga membuat aku pusing ngejelasin cerita filmnya. Efek dan visulanya juga mantap banget dan keren lah pokoknya, terus akting pemainnya oke-oke semua dan cukup menguras emosi bagi aku.

Well ada yang sudah pernah nonton film Tenet ?

Dengan kaitkata

7 tanggapan untuk “Pembalik waktu & Masa depan di Film Tenet

  1. Baru beberapa hari yang lalu aku nonton ini, tapi nggak tuntas, cuma sampai pertengahan karena memang sepusing itu nontonnya, wkwk😆 Ditambah mata udah 5 watt, akhirnya nggak tertarik buat ngelanjutin. Sampe-sampe mikir, “ini aku aja yang lemot apa gimana ya🤣”. Well, untuk beberapa adegan dan visualisasinya memang keren sih menurutku. Tapi so far dari segi cerita, aku nggak menemukan sesuatu yang “aha” sampai di menit terakhir nonton. Entah saking rumitnya sampe nggak ngeh atau gimana, wkwk. Tapi aku salut kamu sudah berhasil menamatkan film ini😁

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s