Cerita kegagalan di kehidupan

Kegagalan adalah suatu hal biasa yang kita pernah lakukan serta menganggapnya itu hanyalah suatu masalah yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Banyak sekali macam-macam kegagalan yang pernah kita rasakan,seperti gagal masuk jurusan kedokteran, gagal menang olimpiade, dan masih banyak lagi.

Semua juga pasti mengalami kegagalan dan terus berusaha bangkit, aku juga pernah mengalami kegagalan atau mungkin saja saat ini kalian juga lagi gagal terhadap suatu hal. Kalau aku sendiri sih kalau di tanya apa kegagalan dalam hidupmu pasti banyak macam-macamnya dan terkadang random baik hal kecil maupun besar. Seseorang punya reaksi terkejut ketika dirinya kalah dan gagal usai berusaha mengejar pencapaian yang ia rencanakan, seperti sedih, kecewa, atau marah.

Pengalaman kegagalan

Aku punya banyak pengalaman-pengalaman kegagalan di kehidupan sehari-hari, agak banyak sih momen-momen kegagalan di kehidupanku cuman beberapa ada yang juga udah lupa momen itu karena ceritanya sudah lama sekali. Pengalaman aku biasanya random dan hanya sepele aja sih, seperti pernah gagal masuk PTN. Aku masih ingat dengan kejadian dulu ketika sedang mengikuti tes masuk PTN sekitar tahun 2018 lalu, kalau pingin masuk PTN itu gak semudah yang kita banyangkan untuk lolos masuk Universitas favorit tersebut, nilai skor atau NIM ujian SMA adalah syarat utama supaya bisa lolos masuk PTN.

Untuk ikut tes saja harus berusaha keras untuk belajar dan rela menunda main atau pekerjaan lain demi giat belajar hingga sampai mengalami sakit-sakitan dan bergadang. Istirahat sangat penting dianjurkan supaya mental dan fisik kita bisa refresh kembali serta mengumpulkan banyak energi melalui tidur yang cukup, kalau misalnya belajar tanpa isitrahat sampai rela bergadang nanti bisa sakit dan sangat lelah. Untung saja, aku gak pernah belajar sampai malam bergadang dan aku tetap belajar dengan waktu yang sedikit cukup dan bisa beristirahat dengan baik, tetapi aku merasa sedikit gelisah dan cemas ketika menghadapi tes masuk PTN serta soal-soal ujiannya apakah soalnya sulit atau tidak.

Besoknya aku mulai ngerjain soal tes masuk PTN di tempat sekolah lain yang biasanya di acak sesuai tempat pelaksanaan ujiannya. Soalnya lumayan sulit dan kadang isinya main aduk-aduk isi otak untuk memecahkan jawaban misteri yang terdapat di soal itu, kadang puyeng dengan berbagai macam soal-soal mengandung IQ seperti psikotes misalnya, tetapi aku ngerjainnya tenang juga sih dan kadang juga panik dan sedikit cemas kalau ketemu soal-soal yang susah kayak MTK dan juga jumlah yang terlalu banyak. Sayangnya, aku tidak mampu menyelesaikan soal dengan semuanya akibat harus mikir mikir dulu sambil mencari cara untuk memecahkan soal yang supeer sulit sehingga saking lamanya akhirnya waktu tes nya sudah habis.

Mau tidak mau, akhirnya aku terpaksa menyerahkan soal dan jawabannya yang sebagian belum selesai kepada pegawasnya dan pergi meninggalkan kelas, dan beberapa hari kemudian jelang pengumuman akhirnya dinyatakan gagal lolos 😦

Kurang lebih beginalah cerita kegagalan di kehidupanku ketika gagal masuk PTN, meskipun gagal masuk universitas yang aku impinkan, aku bersyukur karena akhirnya aku bisa lolos masuk ke Universitas dengan jurusan yang aku pilih meskipun universitasnya bersifat swasta. Rasanya gagal masuk PTN tuh sedih sih dan merasa kecewa karena sudah berjuang keras untuk belajar, namun banyak sekali saingan-saingan di sekitarnya dengan niat yang lebih kuat sehingga kita rela bertaruh nyawa agar bisa menginjak di kampus PTN yang kita impikan dari dulu.

Sekian deh dari ceritaku tentang kegagalan, kalau kalian punya kegagalan apa yang masih membekas di pikiran kalian?

One thought on “Cerita kegagalan di kehidupan

  1. Walaupun gagal tapi tetap harus semangat ya dan terus berusaha,

    Kalo aku si kegagalan yang membekas, ya salah satunya aku pengin nantinya saat menikah di dampingi kedua orang tuaku, tapi malahan aku belum menikah dan ibuku dah pergi lebih dulu,
    Tapi tetap saja aku gak nyerah, toh sudah taqdirnya seperti itu ya harus aku terima hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s