Memahami arti GRIT

Kamu ada yang tahu tentang GRIT tidak ?

Mungkin saja beberapa kamu ada yang belum tahu dan tidak asing mendengar tentang istilah Grit. Sama sih aku juga baru mendengar istilah itu di dunia psikologi dan kehidupan, anyway ini pertama kalinya aku mendengar istilah Grit itu dan segeralah aku mencari-cari apa itu GRIT. Kebetulan tadi aku sedang menonton sebuah video di youtube tentang GRIT, penjelasannya lumayan sedikit mengerti dan aku pun menyimaknya sambil merangkun apa yang dijelaskan dari si pembicara di video youtube yang bernama Michael, si pemilik channel Si Kutu Buku. Berikut aku akan memberi penjelasan sedikit nih tentang GRIT hasil dari rangkumanku di video youtube yang aku tonton.

Asal kata Grit bermula dari sebuah buku karya Angela Duckworth yang terbit pada tahun 2017 lalu, buku ini berisi tentang soal rahasia pencapaian seseorang dalam kehidupan. Ternyata pencapaian itu bukan berasal dari bakat melainkan suatu gabungan antara passion dan kegigihan. Menurut penjelasan si Michael yang aku tonton, Grit adalah sebuah resep membuat seseorang melakukan suatu hal terus menerus meskipun tetap gagal. Menurut di buku Angela, untuk fokus pada bakat saja tidaklah cukup karena ada satu hal lain yang lebih memperngaruhi daripada sekedar bakat.

Misalnya jika seseorang yang ingin masuk ke Akademi West Point di USA, ternyata proses seleksinya lebih sulit dibanding masuk ke Universitas Hrvard. Syaratnya tidak hanya mempunyai nilai skor yang tinggi, tetapi wajib punya mental dan fisik yang kuat untuk masuk ke akademi tersebut. Nyatanya, beberapa orang malah justru memustukan untuk mengundurkan diri setelah dirinya diterima di akademi. Ternyata seseorang yang berhasil melewati tahun pertama di West Point mempunyai karakter yang sama dengan orang yang berhasil bertahan dalam karir yang menantang, ciri karakter itulah yang disebut Grit.

Seseorang yang bertahan merupakan tipe taruna yang terus bertahan di dalam kegagalan adalah tipikal ciri orang sukses pada umumnya, seseorang memiliki standar yang tinggi serta tujuan yang sulit di raih. Punya passion yang kuat, selalu bersemangat, serta tahu kemana harus melangkah. Seiring berjalannya waktu, level Grit seseorang juga meningkat, pengalaman hidup pun juga mampu bisa mengubah seseorang.

4 ciri dari grit yang harus kamu butuhkan

1. Minat/ kesukaan

Lakukanlah hal-hal yang kamu suka dan teruslah melakukan kegiatan yang kamu minat sehingga makin lama kamu sering mengembangkan minta yang sukai, sehingga kamu akan menyadari apa yang benar-benar disukai.

2. Latihan

Jika kamu sangat jarang latihan ngembangin skill maka skill minatmu gak akan berkembang. Ters berlatih ya !

3. tujuan

Membicarakan soal keinginan diri untuk berkomunikasi terhadap hal yang lebih besar dari diri sendiri. Jika kamu menghabiskan waktu atau bertahun-tahun untuk mengembangkan skill dan minat kamu sebelum akhirnya menemukan tujuan hidup.

4. harapan

Harapan adalah sebuah ekspetasi, jika usaha yang kamu lakukan mampu menghasilkan masa depan yang lebih baik, inilah yang memberikan kekuatan untuk terus melangkah sering kali menemukan kegagalan.

bagaimana cara meningkatkan level grit

1. parenting

Parenting bukanlah hanya sekedar hubungan darah, tetapi sebuah perilaku untuk mengembangkan orang lain. Hubungan ini bisa dilakukan dengan guru, orangtua, maupun siapapun memberikan mentor bagi orang lain.

2. tempat latihan

Misalnya nih seorang mahasiswa yang suka aktif di sebuah organisasi di luar kuliah, mempunyai kemampuan yang sangat baik di banyak bidang. Ketika jadwalnya gak begitu padat, kegiatan organisasi ini mampu meningkatkan pengalaman serta skill-skill yang dimiliki oleh mahasiswa.

3. budaya

Nilai-nilai yang dianut organisasi maupun perusahaan, mampu menumbuhkan Grit seseorang. Seperti misalnya kamu suka bermain futsal dan bergabung ke sebuah komunitas tim futsal, di dalam komunitas itulah kamu akan menemukan teman-teman yang sama-sama mempunyai hobi dan minat terhadap futsal.

Sekian itulah dari penjelasan rangkuman aku yang sudah tonton videonya tentang Grit, untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap kamu bisa tonton di link video youtube ini.

Source : Channel si Kutu Buku

Selamat hari Jumat !

6 tanggapan untuk “Memahami arti GRIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s