Hal yang dirasakan jadi orang penyendiri

Sebagian orang rata-rata pernah merasakan yang namanya hidup sendiri serta enggan berinteraksi dengan teman-teman maupun orang terdekat. Sebenarnya manusia itu merupakan makhluk sosial yang dimana seseorang sering sekali berinteraksi atau sekedar menyapa satu sama lain seperti orang-orang terdekat. Namun, tak jarang ternyata sebagian orang cenderung ada yang suka menyendiri dan memilih sibuk dengan diri sendiri, menurut pendapat orang-orang yang merasakannya, penyendiri itu sangat nyaman dan bebas dari pergaulan bebas dan anti bergosip sesuatu hal ghibah yang tak sehat bersama teman-temannya. Ternyata menjadi orang penyendiri itu justru merasa tak enak dan semakin stress karena tertekan di zona nyaman.

Banyak yang bilang kalau menyendiri itu di bilang nolep atau kurang pergaulan, namun tidak semuanya penyendiri dibilang begitu. Sebenarnya orang yang menyendiri itu biasanya selalu menghabiskan aktivitas hobi kesukaannya atau pekerjaan lain yang harus segera di tuntaskan di rumah. Bagi aku, menyendiri itu justru merasa nyaman dan aman dari pergaulan bebas yang kadang tidak benar serta menyumpai banyak kesempatan untuk melakukan bakat dan hobi positif yang diinginkan.

Inilah gambaran-gambaran yang di rasakan orang penyendiri.

1. merasa aman

Meskipun penyendiri di bilang kuper dan nolep. Ternyata menjadi penyendiri itu justru membuat perasaan hidup sesorang menjadi aman dari ancaman pergaulan buruk dari teman-temannya. Sehingga seseorang menjadi sangat aman dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif tanpa terdistraksi atau ikut campur dari orang lain.

2. selalu berhati-hati saat di dalam bersosialisasi

Sama seperti intorvert, biasanya orang menyendiri juga selalu berhati-hati jika memilih teman mana yang baik dan mana yang buruk. Butuh energi penuh dan sebisa mungkin untuk persiapan kuat mental supaya nggak merasa minder ketika bertemu dengan teman-teman atau orang-orang lain.

3. suka melakukan aktivitas yang disukai

Orang penyendiri itu biasanya bebas dalam melakukan kegiatan aktivitas yang sukai dengan sendiri seperti hobi misalnya, jika teman-teman lain sangat suka hangout atau suka berpesta di tempat luar, begitu sebaliknya orang-orang penyendiri lebih suka menjalankan minat hobi yang disukainya di rumah daripada kumpul bersama teman-temannya. Kebiasaan ini sangat positif dalam membantu meningkatkan kemampuan/ skill nya di masa depan nanti, masih punya banyak waktu dari sekarang untuk melakukan kegiatan hobi yang positif serta bermanfaat untuk dunia kerja nanti.

4. cenderung suka berimajinasi

Di poin 4 ini, orang penyendiri suka sekali bermain imajinasi di dalam pikiran daripada di kehidupan nyata, berimajinasi tinggi itu umumnya pasti dirasakan oleh orang-orang kreatif sebagai bahan untuk menciptakan sesuatu atau karya yang menakjubkan hasil dari imajinasinya sendiri.

5. cerdas

Ternyata orang-orang cerdas itu juga bisa dirasakan atau dialami oleh orang-orang penyendiri, bagaimana tidak? orang penyendiri itu ternyata suka sekali belajar sendiri dan sangat suka penasaran terhadap ilmu pengetahuan baru yang ingin didapat lewat buku maupun video. Tak heran seseorang penyendiri suka sekali membaca buku apa saja ketimbang bermain bersama teman-temannya. Selain itu orang penyendiri juga suka melakukan hal-hal baru kok.

Kurang lebih itulah dari penjelasan hal-hal yang dirasakan menjadi orang penyendiri. Well, poin-poin adalah hasil dari pengamatanku terhadap di lingkungan sosial yang aku temui serta sebagaian poin ini ditulis berdasarkan pengalamanku yang kebetulan aku ini juga agak penyendiri orangnya. Masih banyak lagi hal-hal dirasakan menjadi orang penyendiri, baik dipandang positif maupun negatif.

Meskipun lebih suka menyendiri, tetap juga harus berinteraksi dengan orang-orang dan boleh saja membuat lingkaran pertemann sedikit asal tetap membangun jaringan yang sehat serta saling membantu serta memberi support satu sama lain. Setidaknya cukup saja menyapa baik sambil tersenyum kepada orang-orang lain maupun orang terdekat.

Selamat hari kamis !!

5 tanggapan untuk “Hal yang dirasakan jadi orang penyendiri

  1. Aku salah seorang yang lebih suka menyendiri dan walaupun memaksakan diri utk berada di tengah keramaian, aku tetap merasa canggung dan tidak nyaman. Seperti yang kurasakan saat mengetik ini, aku sedang berada di tengah keramaian mengikuti pesta ada meninggal saudara.

    Suka

  2. Saya banget ini, saya nggak tahu ya apa saya terlahir dengan bawaan suka menyendiri, atau memang saking udah kebiasaan sejak kecil dilarang keluar-keluar.
    Saya tumbuh jadi orang yang suka kesendirian, bahkan saya nggak suka kerja team, biasanya saya banyakan ngalahnya hahaha.

    Nggak enak juga ya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s