Penyendiri dan kesepian

Tidak semuanya seseorang mempunyai sifat yang sangat terbuka dan berbaur dengan orang lain.

Manusia adalah makhluk sosial yang dimana selalu berinteraksi satu sama lain dan membangun jaringan pertemanan dan tali silahturahmi baik keluarga maupun orang terdekat. Umumnya, orang-orang kebanyakan cenderung sifatnya sangat terbuka dan gampang bergaul dengan orang-orang lain, maka tak heran seseorang (seperti kita) punya banyak teman atau orang-orang terdekatnya yang sangat suka dengan sifatnya karena di kenal baik dan sangat terbuka untuk siapa saja. Tetapi pernyataan ini belum tentu semuanya benar, setiap orang mempunyai sifatnya masing-masing soal dalam dunia sosialisasi, kebanyakan orang-orang mengira bahwa manusia itu rata-rata pasti punya sifat yang sangat terbuka dan mudah berteman dengan siapa saja. Namun, ternyata masih ada sebagian rata-rata yang cenderung mempunyai sifat tertutup dan menyendiri.

Sifat tertutup dan penyendiri bisa di bilang hampir sama sih, cuman bedanya kalau menurutku penyendiri itu berarti seseorang yang suka sekali sendiri dan cenderung suka mengurusi diri sendiri daripada berbaur dengan teman-teman, mirip-mirip kayak cuek banget gitu lah. Sedangkan kalau kesepian adalah dimana seseorang sangat merasa sendiri dan kesepian tanpa ada seseorang yang menemaninya di sampingnya, umumnya kesepian terjadi karena macam-macam hal penyebab, seperti kehilangan seseorang yang dicintai, diasingkan, atau dijauhi. Tapi ada juga seseorang juga tetap merasa kesepian meskipun mempunyai teman-teman yang baik dan terkadang berada di sisinya.

Lain hal dengan penyendiri, biasanya penyendiri dialami oleh seseorang yang berkepribadian intorvert. Tetapi Intorvert juga nggak terlalu menyendiri juga kok, orang introvert biasanya harus memprsiapkan diri mental dulu atau mengumpulkan energi yang cukup sebelum membaur bersama teman-temannya, atau juga orang introvert biasanya selalu berpikir dua kali atau berhati-hati sebelum memulai berbicara dengan orang lain/ teman. Penyendiri nggak hanya dialami orang intorvert saja kok, bahkan penyendiri pun juga terjadi dialami oleh seseorang yang anti-sosial karena punya alasan tersendiri seperti mempunyai latar belakang yang cukup buruk atau berbagai macam masalah hubungan sosial sehingga menyebabkan seseorang menjadi penyendiri dan tidak mau bersosialisasi dengan siapa saja.

Ini saja penjelasan singkat dari aku tentang penyendiri dan kesepian, aku menulis opini ini berdasarkan hasil dari pengamatan aku di lingkungan sosial dan juga berdasarkan pengalaman-pengalamanku serta beberapa sumber yang sering aku baca di artikel.

Apa tanggapan kalian tentang penyendiri dan kesepian ?

7 tanggapan untuk “Penyendiri dan kesepian

  1. Bagus tulisannya, kak. Salam kenal ya 🙂
    Saya juga introvert dan lebih nyaman sendirian, tapi tidak kesepian dan bukan penyendiri.. hehe.
    Sebab, lebih banyak waktu untuk sendiri bukan berati penyendiri dan kesepian.
    Jika itu membuat kita nyaman, tak mengapa, semoga selalu bermanfaat bagi banyak orang ya.. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s