Enakan kuliah online atau kuliah offline?

Di sepanjang 2020 hingga akhir ini mahasiswa sudah menghabiskan banyak waktu untuk berbulan-bulan untuk mengikuti kuliah online ini. Kuliah online adalah kegiatan kuliah pengganti offline yang mau tak mau harus tetap dijalankan selama masa pandemi ini, banyak sekali suka dan dukanya saat menjalani kuliah online. Punya banyak cerita unik dan hal-hal yang lucu serta hal-hal yang serius selama menjalankan kuliah online ini, nggak hanya kuliah online biasa saja kok bahkan kegiatan aktivitas di kampus pun juga semuanya di lakukan secara online seperti seminar, ekskul, ospek, dsb.

Rasanya kuliah online itu sangat berbeda di banding kuliah pada tahun-tahun sebelumnya. Biasanya mahasiswa pergi ke kampus untuk kuliah dan bisa bertemu langsung dengan teman-temannya dan juga dosen. Bahkan kampus suka menjadi tempat tongkrongan buat para mahasiswa untuk menunggu kelas selanjutnya atau sekedar ngumpul-ngumpul bersama teman-teman seperti ngerjain tugas kelompok atau rapat organisasi seperti BEM. Tapi sekarang tahun sudah sangat beda sekarang bahwa semua kegiatan di kampus itu harus dilakukan secara online di rumah aja.

Beberapa orang-orang termasuk mahasiswa punya pendapat yang berbeda masing-masing tentang perbandingan kuliah online dan kuliah offline, kedua itu punya banyak suka dan dukanya berdasarkan yang dialami oleh mahasiswa. Apa saja ya suka dan dukanya?

Di mulai dari….

1. Kuliah Offline

Kuliah offline berarti adalah kegiatan belajar perkuliahannnya secara langsung di kampus. Ini sudah hal umum sekali ya kalau mahasiswa tuh selalu berangkat ke kampus untuk menjalani kegiatan perkuliahan. Kampus itu tempatnya mahasiswa untuk mengejar ilmu seperti sekolah dan banyak yang bilang tempat itu sebagai untuk belajar bersama atau yang sedang menjalani masa skripsi. Kuliah offline alias kuliah di kampus punya banyak suka dan dukanya berdasarkan yang dialami oleh mahasiswa.

Suka :

  • Bisa berkumpul bersama teman-teman
  • Mudah mencari jodoh teman baru
  • Bisa bertatap muka langsung dengan dosen
  • Bebas memakai baju apa saja yang penting sopan
  • jadi mudah pergi ke kampus bagi mahasiswa yang tinggal di kos atau rumahnya yang sangat dekat dengan kampus
  • Bisa mendapatkan pengalaman kegiatan di kampus seperti organisasi atau ekskul

Duka :

  • Jarak dari rumah ke kampus cenderung jauh bagi mahasiswa kupu-kupu
  • Merasa jenuh atau bosan karena terlalu lama menunggu jadwal kelas berikutnya di kampus
  • Bawaannya malas jika ada jadwal kuliah dadakan dari dosen
  • Selalu telat ke kampus karena berbagai macam kendala seperti macet atau hujan
  • Pergi ke kampus itu rasanya capek sekali apalagi jarak dari rumah ke kampus itu jauh banget

2. Kuliah online

Berbeda dengan kuliah offline, kuliah online adalah kegiatan mahasiswa menjalankan perkuliahannya secara online di rumah aja. Meskipun pandemi ini berlangsung, pandemi tidak menghalangi mahasiswa untuk mengejar ilmu dan perkuliahannya meskipun harus lewat secara online, banyak sekali macam-macam suka dan dukanya yang dialamu oleh mahasiswa ketika kuliah online. Apa saja itu ?

Suka :

  • Tidak perlu lagi ganti baju atau bersiap-siap untuk pergi ke kampus
  • Kuliah online bebas mau di tempat mana saja, asalkan tergantung senyamannya mahasiswa, seperti di cafe, taman, atau di rumah
  • Terkadang gaya belajar saat mau kuliah online pun juga bebas, boleh kuliah online sambil duduk di meja atau sambil rebahan pun bisa asal jangan sambil mandi ya
  • Kuliah online nggak terlalu capek kok
  • Suka bikin ngantuk kalau di terangin materinya oleh dosen

Duka :

  • Banyak tugas yang bertumpuk sehingga harus mengejar waktu untuk menyelesaikan tugasnya
  • Masalah sinyal internet
  • Terkadang jadwal kuliahnya juga padat
  • Rasanya malas kalau mau buka gadget atau PC untuk kuliah online
  • Suka telat alias ngaret sehingga suka telat hadir kuliah online
  • Suka bikin ngantuk kalau di terangin materi oleh dosen

Itulah dari suka-dukanya antara kuliah offline dan online. Meskipun terlihat sama dan proses pembelajarannya berbeda, yang penting tetap aja harus menjalankan perkuliahnya supaya sebagai mencari ilmu dan bisa lulus tepat waktu. Semangat mahasiswa !

Pilih tim kuliah offline atau kuliah online nih ?

5 tanggapan untuk “Enakan kuliah online atau kuliah offline?

  1. Sejak pandemi melanda, saya senang ikut pelatihan-pelatihan yang sifatnya online. Memang, jadwal dan kuota/jaringan internet adalah masalahnya. Tapi, keuntungan yang saya peroleh, lebih banyak dari yang saya duga. Bayangkan saja, misalkan saya harus mengambil pelatihan-pelatihan penting ke luar pulau Kalimantan, berapa duit yang harus saya keluarkan? heee

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s