Ketika merasa terganggu karena chat dari orang tak dikenal

Berkomunikasi dengan teman di dunia maya sudah biasa karena media sosial itu luas dan bukan hanya berkomunikasi dengan keluarga atau orang-orang terdekat saja, berkomunikasi dengan orang-orang di dunia maya pun juga sering kita alami lewat chat maupun lewat telepon. Kamu sendiri juga pingin punya teman dunia maya dengan tujuan ingin menambah teman saja atau benar-benar pingin punya teman karena di dunia nyata nya tak pernah punya teman satu pun selain keluarga. Meskipun hanya punya teman di dunia maya saja, baginya sudah nyaman nya sekali dan lebih senang berinteraksi dengan orang-orang tak di kenal di dunia maya di banding teman di dunia nyata.

Semua orang bakal berinteraksi dengan orang-orang tak di kenal di sosmed baik di grup online komunitas maupun saling komentar antar netizen di sosmed. Tapi pernah gak sih kamu merasa terganggu karena suka di chat dari orang tak di kenal? kalau mereka suka ngechat kamu terus, terkadang merasa terganggu juga akibat sebuah pesan chat dari orang tak di kenal. Umumnya orang tak di kenal gitu biasanya dari sebuah grup komunitas atau mereka sendiri hanya iseng-iseng sok kenal dengan mencari kontak orang lain termasuk kamu. Tapi kenapa mereka tahu nomor kamu, mungkin bisa saja mereka diam-diam meretas isi data pribadimu di akun sosmed.

Aku juga pernah kadang suka dapat balasan chat dari orang yang tak dikenal, awalnya kukira orang itu dari grup komunitas yang aku ikuti, tapi belum tentu juga. Bisa-bisanya orang itu nyasar ngechat ke kontak yang salah. Umumnya orang tak di kenal itu biasanya tujuannya itu hanya sok kenal doank dan kepo dengan kita, tapi yang membuat aku merasa terganggu dan tersinggung juga tuh suka nanyain namanya siapa, asal dari mana, dan pertanyaan yang bikin aku sensi itu nanya soal berat badan dan juga tinggi badan. Aneh kan? emang buat apa nanya kayak gitu, gak penting amat!

Dan satu lagi pertanyaan yang bikin gak enak dan membuat aku nyesel banget itu meminta foto wajah aku. Kalau minta ngumbar pap wajah aku itu benar-benar gak enak buatku, dan aku pernah ngeshare foto aku ke orang gak di kenal dan itu membuat aku merasa nyesel banget ngumbar foto wajah aku yang asli, untung fotoku udah di edit full. Tetapi kok rasanya jadi gak enak ya lama-lama sama orang itu. Btw, dia itu kenal aku di instagram karena dia tuh cuman minta video lucu dari aku sih, dan dia pingin chat di Wa aja dan disuruh minta no. wa aku. Dan bodohnya aku, aku malah ngasih no. wa nya ke dia. Bodoh sekali aku 😦 sudah lah, paling aku bakal ngeblok kontak lagi jika dia masih ganggu terus.

Ini sih masih mending ngechat orang gak di kenal, yang paling parah dan bikin aku ingat pas momen itu seseorang yang aku gak kenal itu tiba-tiba dia nelpon ke aku tanpa maksud tujuan yang jelas, untung saja aku gak ngankat telpon itu meskipun beberapa kali dia mencoba telepon aku terus. Oh iya, waktu itu si orang yang di kenal itu tiba-tiba mendadak chat aku dengan maksud yang gak jelas gitu lah, dia bersikeras nanyain ke aku tentang kota asal nya dari mana dan katanya dia ingin main ke rumahku dengan mendadak, lol. Dih apaan banget main sama orang yang gak kenal gitu, emang tujuannya untuk apa main ke rumahku hari-hari gini. Dia bilang hanya ingin main aja dengan tujuan yang gak jelas. Untung aja aku enggan kasih alamatku yang lengkap dan cuman jawab asal kota nya aja, bagian ini sih emang bikin benar-benar gak enak waktu dulu dan dia hampir aja suka neror ke aku.

Gak enak sih kalau ngechat orang yang gak di kenal apalagi ngajak kenalan atau yang paling parah pacaran online segala. Sekarang orang-orang jahat tuh gak hanya di dunia nyata aja yang sering kita temui di TV atau di lingkugan sekitar, sekarang dunia maya menjadi sarang orang-orang jahat melalui kenalan di sosmed atau ada yang ngaku-ngaku sebagai teman korban atau pacar online. Yang penting hati-hati aja kalau bertemu dengan orang-orang di dunia maya, sampai saat ini masih terjadi kasus penculikan dan pelecehan akibat suka kenalan dari orang yang gak di kenal dan sampai-sampai bikin rencana untuk janjian ketemuan di tempat.

Maka itu, gunakanlah media sosial dengan bijak dan berinteraksi dengan orang-orang baik seperti di grup komunitas yang positif. Terkadang kita pun gak menyadari bahwa ada orang-orang jahat yang berkeliaran di sekitar kita, hati-hati ya guys.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s