Pernah menghujat orang di medsos?

Kita tak pernah lepas dari media sosial karena media sosial itu adalah sebuah ladang penyebaran informasi berita ter-update serta sebagai alat komunikasi masa kini. Banyak berbagai macam aplikasi media sosial yang sering kita pakai sampai sekarang ini, seperti instagram, facebook, dan twitter. Dan juga berbagai aplikasi jaringan sosial yang sering kamu komunikasi dengan orang terdekatmu seperti whatsaap atau Line.

Kita ini adalah seorang netizen yang turut berperan di dunia media sosial, tugas seorang netizen itu hanya melihat konten-konten berita dan suka memberi komentar di setiap konten sosial media, biasanya kalau nulis komentar itu terkadang bijak dan selalu kasih tanggapan terhadap sejumlah konten yang sedang membicarakan tentang berita hal-hal yang sedang viral di akhir-akhir ini. Kadang konten juga suka menceritakan informasi yang berbau gosip seperti tokoh publik yang sedang dibicarakan oleh netizen karena sikap atau ulah yang kontroversi yang dialami tokoh publik itu, hal inilah yang membuat netizen selalu menghujat tokoh publik karena mereka tidak suka dengan sikapnya tersebut.

Gak hanya di alami oleh sejumlah artis saja atau tokoh publik, bahkan kita sendiri sebagai netizen pun pernah merasa di hujat oleh netizen lain dan sampai-sampai berunjung war saling menghujat antar netizen di medsos. Nyinyir atau juga julid adalah ciri khas kebiasaan netizen yang gak punya akhlak dan sering terjadi di dunia media sosial, netizen itu kalau komen tuh mulutnya pedas banget hampir setara dengan orang-orang toxic di dunia nyata pada umumnya. Kadang netizen cuman asal main nyinyir aja dan hanya melihat kepribadian orang lain dari luarnya aja, padahal belum tentu orang lain itu terlihat buruk.

Kamu sering sekali ketemu komen-komen nyinyir netizen di instagram misalnya, rasanya tuh kalau kamu liat komen ginian jadi pingin balas hujat juga ke netizennya. Saking gregetnya tuh nyinyirannya, semakin juga kamu sering hujat terus ke netizen lain yang suka nyinyir orang. Jadinya udah deh saling hujat terus tanpa henti.

Ini termasuk hobi yang paling buruk dan gak ada gunanya sih, dan btw aku juga pernah hujat ke netizen lain jika si netizen itu nyinyir orang lain atau artis di kolom komentar di instagram. Biasanya komentar ini juga sering di hujani balasan nyinyir dari netizen lain karena komennya itu suka ngejatuhin mental orang atau ngehina agama, rasis, dan juga fisik. Mereka sengaja komen nyinyir di kontennya supaya pingin caper aja atau kalau bahasanya netizen itu disebut top comment. Umunya netizen kayak gini kebanyakan nyamar pake akun fake supaya biar aman aja dan gak di tangkap, atau ada juga netizen nyinyir pake akun pribadi (real) meskipun sengaja di private supaya akunnya gak mau di serang oleh netizen lain.

Sebenarnya aku juga risih sih kalau melihat komentar julid netizen dan jadinya pingin ikutan balas julid ke netizen juga, tapi sih kebiasaan ini malah lebih buruk karena sama aja kayak menghina orang lain secara tiba-tiba. Makanya itu aku tetap berusaha untuk menghindar membaca komentar netizen di setiap konten instagram dan sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering membuka media sosial di gawai. Kalau main sosmed di gawai bikin cepat lelah dan juga stres melihat konten-konten yang gak sehat seperti hoaks.

Kamu sendiri pernah menghujat orang atau netizen di medsos ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s