Terkadang hidup dibawa santai

Kalau kata-kata dari quotes di iklan tv, santai belum lengkap tanpa S**ver**een. Berarti tanpa ada cemilan jadinya mau santai saja belum cukup. Begitu juga kalau kamu lagi santai-santai sambil nonton tv atau gak main game. Kalau gak santai melakukan kegiatan keduanya itu, biasanya langsung bosan gak ngapa-ngapain atau nggak santai nya cuman tidur doank alias rebahan.

Kalau kata warga indonesia, mereka menyebut kata “santai” dalam bahasa gaulnya berarti “santuy”. Santuy sudah menjadi hal paling umum bagi kehidupan warga di indonesia. Rata-rata sikap dari dalam seperti di sosmed bar-bar banget alias suka nyinyirin pedas ke orang lain. Tapi kalau dari luar, sikapnya malah jutru jadi ramah dan juga santuy.

Masih ingat kan saat terjadi bencana seperti banjir jakarta di awal tahun ini. Sudah tak usah ditanyakan lagi kalau warga indo kelakuan santuy nya sudah jelas terlihat disitu saat dilanda bencana. Kalau misalnya sedang banjir gede dan hampir merendam sebagian pemukiman, bukannya malah mengungsi atau menghindar malah justru masyarakat suka bermain banjir-banjiran dan gak takut penyakit. Malahan hal-hal yang lucu terjadi ada yang sampai tetap makan sambik ditemani banjir yang sudah memasuki rumah, udah gitu tinggi banjirnya udah sampai di pinggang orang dewasa. Tetapi masih aja masyarakat masih melakukan santuy tanpa terjadi apa-apa. Gak hanya pas saat terjadi bencana seperti banjir aja kok, masih banyak kok kelakuan santuy khas warga indo di kehidupan sehari-hari seperti ada yang lagi ngopi di warung terbuka padahal diluar lagi badai hujan. Pokoknya masih banyak dah kelucuan kelakuan santuy warga indo.

“Tuhan bersama hamba-hamba yang santuy.” begitulah dari kata-kata orang indo yang kerap sering ngomongin ini. Terkadang hidup dibawa santai dan tak kenal terjadi ada masalah yang akan datang. Santai emang zona nyaman banget serta gak bisa lepas seperti rebahan di kasur yang empuk sambil bermain hp. Rebahan sudah menjadi kebiasaan yang paling umum dan terjadi hanya orang-orang yang merasa malas atau bosan, rebahan itu biasanya kerjanya cuman tidur atau gak berbaring sambil bengong atau bermain hp. Para kaum rebahan biasanya suka ngerasain gabut mulu dan bingung mau ngapain di rumah, bahkan kaum rebahan gampang bosan melakukan hal sesuatu sehingga lebih memutuskan untuk rebahan saja karena rebahan itu adalah kebiasaan paling santai sekaligus mahal.

Kadang santai gitu punya ada sisi kekurangan alias negatif saja seperti kayak rebahan gini. Santai pun ternyata punya sisi yang positif dan tetap melakukan pekerjaan yang ringan atau duduk manis melihat pemandangan sambil ditemani kopi dan teh di pagi atau sore hari. Santai juga punya manfaat juga bagi kesehatan supaya tubuh kita butuh beristirahat serta otak dan mental kita menjadi fresh, atau kamu bisa melakukan pekerjaan ringan seperti beres-beres rumah, membaca buku, atau olahraga kayak yoga dan meditasi. Hidup memang dibawa santai tanpa usah tergesa-gesa, santuy aja cuy dan jangan terburu-buru jika melakukan pekerjaan deadline misalnya. Deadline sesuatu paling horor bagi kamu saat sedang ngerjain tugas, kadang kalau ada tugas sering sekali ditunda dulu dan lebih memutuskan untuk bersantai karena jadwal deadline masih lama. Kalau jadwal deadline udah semakin dekat, baru deh auto ngerjain tugas yang kamu tunda terus dari dulu.

Santai itu emang nyaman banget bagi kehidupan sehari-hari, tetapi jangan terlalu bawa santai terlalu lama. Kamu pun harus tetap berusaha keluar dari zona nyamanmu dan lakukan kegiatan-kegiatan aktif agar kamu bisa jadi aktif serta optimis menghadapi tantangan, santai juga kamu bisa saat kamu sedang melakukan pekerjaan asal harus teliti dan fokus juga terhadap pekerjaanmu.

*Tulisan ini bertujuan untuk mengikuti tantangan challenge 1minggu1cerita yang berjudul “Santai”.

2 tanggapan untuk “Terkadang hidup dibawa santai

  1. Santuy emang penting sih… kasian otak kita kalau disuruh mikir dan diberi bumbu-bumbu stress. Semakin bertambahnya usia, kadang kita harus belajar untuk lebih relax dan santai jadi ngga stress terus haha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s