Seberapa pentingkah memahami politik?

Dalam KBBI, Politik berarti pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan atau segala urusan dan tindakan kebijakan, siasat, dan sebagainya mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.

Menurut wikipedia, proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles).
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara.
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat.
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Sampai sekarang ini, politik terus bergejolak serta masih banyak macam kontroversi yang terjadi di dunia perpolitikan. Entah kasus politik apa yang aku masih gak paham yang sedang dibicarakan oleh media dan masyarakat, dan juga berita mengenai pemilu pilkada hingga artis-artis yang ingin menjadi calon pilpres di tahun 2024 nanti. Jujur aku masih belum paham tentang dunia perpolitikan, kadang susah untuk menjelaskan hal-hal berbau politik. Bahkan, aku juga gak berani untuk beragurmen atau opini lewat tulisan yang takutnya ujung-ujung nya malah jadi kayak ngekritik keras ke pemerintah atau malah jadi perdebatan.

Tapi kalau ditanya apakah politik itu wajib untuk kita pahami? menurut aku yaa sah-sah aja sih, tergantung kalau mereka paham politik atau nggak. Aku sih gak terlalu suka politik sih karena pemikirannya bikin rumit dan kalau misalnya aku bahas politik gitu ntar malah jadi memancing perdebatan dan malah jatuhnya ke provokasi. Tapi politik itu penting juga sih buat anak-anak jaman sekarang.

Seperti pernah waktu kita duduk di bangku sekolah, kita pasti pernah belajar PKN di sekolah donk. PKN inilah yang mengenalkan kita tentang dunia politik serta pemerintahan, kalau belajar PKN itu pasti belajar dari awal dasar gitu seperti tentang persatuan bangsa dan kewarganegaraan gitu. PKN itu mengajarkan bahwa kita harus memahami tentang persatuan bangsa serta menjadi warga negara Indonesia yang baik dan tetap teguh dalam mempertahankan Negara tanah air. PKN juga berguna jika kamu ingin terjun ke politik atau bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti toleransi, norma-norma yang berlaku, dsb.

Politik agak susah di analisis jika aku memahaminya, sekarang ini dunia politik kadang suka panas dingin dan sering banget di perbincangan oleh media dan masyarakat. Netizen pun juga suka berargumen sekaligus saling debat tentang hal-hal politik di medsos, juga kadang suka terjadi bikin provokasi yang memicu pemecah belah bangsa. Misalnya pernah terjadi kasus paling viral di partai politik seperti terjadi konflik antar partai di gedung sampai-sampai berunjung baku hantam dengan cara lempar kursi dan meja. Kadang politik banyak saingannya yang gak sehat kayak anggota partai saling musuhan sama anggota partai lain karena masalah apa gitu yang bikin aku jadi gak ngerti penyebab mereka bermusuhan itu kenapa.

Politik bener-bener rumit banget dah kalau ngejelasin sambil mengamati dunia perpolitikan saat ini, pokoknya pusing banget dah ngejelasinnya. Kalau kamu seberapah penting nya kamu memahami poltik?

Source :

One thought on “Seberapa pentingkah memahami politik?

  1. Hi mbak Alya hehe sebagai anak perkuliahan politik aku terpancing untuk baca dan komen haha. Aku setuju banget tentang memahami pentingnya politik dijaman sekarang ini. Apalagi dengan banyaknya isu” yang bisa memecah persatuan bangsa, contohnya dengan hoax… kita harus ngerti jadi biar ngga terbawa arus jeram 😀
    Tapi bener juga sih politik emang ada baik dan buruknya… dan juga pusingnya haha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s