Pentingnya Membaca Buku

Kenapa masyarakat minim membaca buku

Sumber : Unsplash

Pentingnya membaca buku sangat berguna untuk menstimulusi otak serta menambah pengetahuan. Buku adalah sebuah jendela ilmu dan benda paling kaya akan ilmunya, karena itulah kita harus wajib membaca buku.

Saat ini sebagian masyarakat masih kurang terhadap minat membaca buku, karena teknologi sudah semakin maju serta menjadi canggih di era 4.0 ini sehingga beredar luas media-media sosial yang sangat menyenangkan bagi para pengguna. Sayang sekali, beberapa media digital banyak sekali menyebarkan berita-berita hoax serta artikel yang tidak sehat alias berisi kepalsuan. Hal itu membuat pembaca khususnya warganet semakin mudah dipercaya oleh konten-konten hoax, belum lagi rata-rata masyarakat indonesia lebih suka bermain gawai daripada membaca buku sehingga internet dan medsos adalah kebutuhan paling berhaga serta sarana hiburan menurut para masyarakat. Kata siapa internet dan medsos itu berfaedah, ternyata sangat jelas bahwa internet dan sosmed masih banyak memiliki negatif seperti banyaknya konten hoax, sampai berisi propaganda dan menyebabkan terpecah belah bangsa seperti SARA, rasis, provokasi, dsb.

Membaca buku itu penting

Kamu gak berharap kalau kamu mengira artikel-artikel yang kamu baca di internet itu belum tentu benar, beberapa artikel dan konten di internet masih banyak berisi tulisan-tulisan hoax dari situs web yang abal-abal yang pernah kamu kunjungi. Selain maraknya konten hoax di internet, keseringan bermain gawai seperti main sosmed dengan waktu yang lama bisa menyebabkan penglihatan kamu menjadi terganggu. Baik main sosmed atau sekedar membaca e-book, membaca e-book sangat bagus untuk menambag ilmu pengetahuan di gadget tetapi jangan terlalu lama untuk membaca e-book di gadget denga jangka yang sangat lama.

Itulah kenapa masyarakat Indonesia itu harus wajib rajin membaca buku dan berliterasi, karena membaca buku itu sebagai penghilang stress serta menambah ilmu pengetahuan dan mata tidak lelah. Ternyata buku banyak loh digemari oleh para pembaca karena desainnya sangat menarik serta aroma buku yang khas yang sukses memikat para pembaca untuk semangat membaca bukunya.

Selain itu, membaca buku sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Ibarat buku adalah sebuah self-healing bagi pikiran kita serta menghindari dari stress yang berat dan mencegah kepikunan dan Alzheimer. Kamu bisa buku apa saja yang kamu suka, asal hindarlah mencari buku yang isinya berat serta berbau teori dan logika yang bikin kamu jenuh saat membaca buku itu.

Membaca buku juga penting untuk untuk kesehatan fisik seperti mata, membaca juga bikin mata menjadi fresh dan tidak mudah lelah daripada membaca lewat gadget seperti ebook. Kamu juga merasakan kalau baca buku itu bikin mata menjadi nyaman serta membuat otak menjadi fresh. Kamu bisa membaca buku di saat waktu yang luang termasuk di pagi hari. Pagi hari adalah hari yang sangat segar serta membawa ketenangan bagi kesehatan tubuh dengan cara berolahraga dan melakukan meditasi sebagai sarana self healing. Membaca pun juga turut sebagai self healing dan bermanfaat bagi otak dan kesehatan menatal.

kesimpulan

Buku adalah benda paling berharga dan tak pernah habis, begitu juga dengan isinya, Pengetahuan takkan pernah habis dimakan seiring perkembangan zaman. Buku adalah salah satu benda yang sangat kayak ilmunya serta menyebarkan banyak ide dan isnpirasi, maka itulah kita harus rajin membaca buku mulai dari sekarang.

Satu tanggapan untuk “Pentingnya Membaca Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s