Makna Toleransi bagi aku

Masih ingat dengan semboyan Negara Indonesia “Berbeda-beda tetapi tetap satu.”, maksudnya arti dari semboyan ini kita harus bertoleransi antara makhluk sosial dan menjalin tali silahturahmi sesama makhluk sosial. Baik ras, etnis, gender, maupun agama.

Kita sudah pernah diajarin makna toleransi sejak dini, toleransi itu penting di lingkungan sosial karena kita ini satu saudara bangsa serta memperkuat Negara Indonesia agar tidak berpecah belah. Kita sering pernah merasakan makna toleransi di keluarga maupun masyarakat, misalnya toleransi antara umat beragama. Di sekitar perumahan kamu, pasti punya tetangga dengan latar belakang yang berbeda serta keyakinan agamanya masing-masing. Di sekitar perumahan ku juga sering sekali merasakan toleransi antar tetangga dan kerap berkumpul di depan rumah saat sore hari. Tetangga itu (yang isinya emak-emak) sering banget nongkrong-nongkrong di depan rumah untuk beli sayur sambil ngebrol-ngbrol hal seru alias gosip. Meskipun para tetangga identik suka bergosip antar tetangga, tetapi bisa terlihat bahwa mereka itu seperti dengan namanya toleransi yang tetap hidup rukun tanpa menjatuhkan antar sesama tetangga (tetapi jika tetangga nya yang sifatnya sangat baik ya, dan gak ngejelekkin anak tetangga seperti kayak tetangga jaman sekarang ini).

Namun sayang sekali masih ada masyarakat yang minim toleransi seperti di dunia sosmed. Terkadang kalau ada sebuah konten tentang agama gitu, bisanya netizen langsung ribut yang kadang ngomongnya pedes gitu dan menimbulkan banyak perdebatan agama hingga berbaru SARA di komentarnya. Tak hanya soal masalah agama saja kok, bahan rasis pun juga ikutan terlibat dalam masalah toleransi ini, disitu kalau liat kayak gini merasa miris di komentar itu. Heran aja sih kok kenapa masih ada aja ya suka ngomongin masalah agama sampai ujung-ujungnya debat. Gak hanya di dunia sosmed saja, bahkan di dunia nyata pun banyak juga terjadi kasus-kasus penghinaan agam hingga muncul isu SARA seperti perang antar agama di berbagai daerah, misalnya seperti kasus rohingya, kekejaman di Uighur, China, hingga konflik antar agama Hindu-Islam di India. Dan masih banyak lagi beredar kasus SARA yang terjadi di berbagai penjuru dunia.

Well, kalau kayak begini seharusnya toleransi ini harus diperkuat lagi dengan cari saling tolong menoling antar sesama manusia serta melindungi orang-orang yang sedang beribadah di saat situasi yang tegang. Masih banyak kok ada orang-orang baik yang bersiap untuk membantu dan melindungi orang-orang tanpa memandang agama, etnis, maupun ras.

Yuk, kita kuatkan toleransi ini. Supaya memperikat tali silahturahmi yang sangat kuat serta membantu orang-orang lain sekaligus menciptakan suatu keharmonisan serta perdamaian di Indonesia maupun di dunia.

5 tanggapan untuk “Makna Toleransi bagi aku

  1. Bener banget sih! Aku sendiri juga ada beberapa temen yg beda agama. Tapi, kami tetap baik dan kalau pun ketemu nggak pernah bahas agama. Karna, yg penting kita mendukung satu sama lain! Bahkan, aku juga pernah numpang sholat dirumah mereka. Dan mereka dengan senang hati kasih izin, nggak ada perbedaan sama sekali!
    Yg jadi sedih, kok masih ada orang yg nggak bisa menghargai agama orang lain ya. Kayaknya emang bener, harus diperketat lagi toleransi dilingkungan kita!

    Suka

  2. Di tempat aku kerja, no SARA is a must. Secara orang2 yg kerja di sana dari berbagai negara, daerah di Indonesia dan agama. Di Bali, muslim kan minoritas dan gak semua office menyediakan tempat sholat. Tapi di officeku, ownernya care banget sampai renov bangunan untuk buat satu ruangan kecil u/ supaya yg muslim bisa sholat dg khusyuk.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s