Sisi positif dan negatif Aplikasi Tiktok

Kamu suka banget main Tiktok kan, saat ini dunia medsos semakin berkembangan dengan lahirnya aplikasi-aplikasi yang populer, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Sampai sekarang ini dunia sosmed semakin ramai dengan adanya aplikasi video yang sedang populer yang banyak digunakan para pengguna, siapa lagi kalau bukan Tiktok.

Tiktok itu sebuah aplikasi video dari China yang dimana aplikasi ini banyak sekali di pakai sebagai konten video pendek hingga menjadi bahan pencari uang. Saking populernya, aplikasi ini sering banyak menghadapi masalah di dunia sekarang ini seperti pemblokiran tiktok di China hingga yang katanya itu Tiktok bakal di akusisi oleh Amerika kalau gak salah, *bener kan?

Aku bukan pengguna Tiktok apalagi pecinta mania Tiktok, aku juga gak terlalu suka merekam video-video gitu dan menurutku kapasitas Tiktok itu terlalu gede dan bikin ngehang sehingga agak gak cocok buat Hp kentang ku. Dulu sebelum ada Tiktok, dulu paling terkenal itu Aplikasi Vine yang waktu itu populer banget di era 2012-2013.

Dulu nih aplikasi ginian terkenal banget sih dan isi video-video nya lumayan lucu dan kocak dari pengguna Vine ini. Bahkan, editor video berkelas kayak Zach king saja juga pernah pake buat konten video editan yang sangat ajaib. durasi video nya singkat banget dan cepet banget selesainya padahal baru beberapa detik doank, tapi lucu banget sih video nya dan bikin menghibur. Dulu aku suka lihat kumpulan-kumpulan Video Vine gitu dan kadang bikin ngakak sendiri dan kreatif banget. Sayang sekali ya sekarang nih Vine udah tutup akibat kalah saing dengan aplikasi-aplikasi yang sudah lebih populer.

Selain ada Vine juga ada aplikasi Dubsmash yang pernah ngehits di tahun 2015. Isinya tuh kita kayak dubber gitu alias lipsink kayak misalnya jadin pengisi suara potongan film atau pura-pura nyanyi alias lipsink. Lumayan lucu juga sih nih dan banyak sekali di pakai oleh para pengguna nya hingga artis.

Gak hanya Dubsmash saja kok, bahkan Snapchat juga lumayan populer waktu dulu. Soalnya teman-teman aku juga banyak yang main Snapchat dan kalangan masyarakat dan artis pun juga banyak pake Snapchat.

seiring berjalannya tahun kemudian, aplikasi-aplikasi dulu seperti dubsmash dan Snapchat pun sudah mulai meredup dan saat ini muncullah sebuah Aplikasi Tiktok yang hadir meramaikan dunia sosmed ini. Sekarang Tiktok sudah semakin berjaya dan satu kelas dengan Instagram dan kawan-kawannya. Video-video nya pun juga lumayan menghibur juga dan tentunya sangat mengasyikan, tetapi banyak sekali ada positif dan negatif nya di Aplikasi Tiktok ini. Hal ini berdasarkan dari pengamatan aku saat melihat maraknya Aplikasi Tiktok.

Positif :

Video Tiktok itu rata-rata isinya hasil tangan kreativitas dari seorang editor alias pengguna Tiktok. Biasanya isinya tuh hal-hal kreatif yang sangat positif seperti tutorial cara menggambar, DIY, bahkan video kocak dan animasi yang menghibur. Gak hanya isi video kreatifitas saja kok, bahkan banyak sekali video-video hewan yang lucu setrta video traveling yang matanya bikin ngiler kalau lihat tempat-tempat yang bagus disitu. Oh iya, gak jarang pengguna pun juga suka memposting video-video inspirasi positif dan motivasi yang terdapat di videonya.

Negatif :

Sayangnya beberapa pengguna Tiktok pun sering sekali disalahgunakan dalam pembuatan video itu, seperti video yang mengandung porno, bocah yang tariannya gak senonoh dan sangat nakal, hingga beredar luas sepasang bocah dibawah umur yang memamerkan gaya pacaran yang gak senonoh sampai bergelimang harta. bahkan video prank dan etika yang melanggar pun juga banyak disitu.

Yaah gitulah kenapa Tiktok gitu kadang sering digunakan secara baik dan kadang juga nggak. Mungkin suatu saat aku harus bikin akun Tiktok dengan tujuannya untuk hal-hal tertentu saja asal yang positif, tapi aku bingung nih mau isi konten apa ya di Tiktok ini.

Dari pesan aku, gunakanlah Tiktok dengan bijak dan jangan salahgunakan Tiktok itu untuk membuat video yang gak benar dan bersifat melanggar etika dan sopan santunnya.

Satu tanggapan untuk “Sisi positif dan negatif Aplikasi Tiktok

  1. aku juga dulu sempet suka banget sama vine, video yang singkat banget, tapi lucu2, apalagi banyak nemu bule2 kreatif ^^ sayang vine akhirnya ditutup. untuk sekarang aku malah makin membatasi diri dari social media, aku juga ga bikin akun tiktok, hehe..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s