Cerita kenangan saat mengikuti ekskul kendo di kampus

Sudah hampir setengah tahun ini aku rindu sekali dengan kondisi kampus ku yang sekarang. Udah 5 bulan aku kuliah online dan juga mengikuti ujian semester maupun ujian akhir secara daring. Aku masih kebayang sih gimana kondisi kampus ku kini yang masih ditutup sejak masa pandemi, kalau membahas tentang kuliah aku hanya rindu dengan jajanan makanan kampus yang menggoda serta di pinggir halte kampus yang dimana banyak juga terdapat jejeran gerobak makanan yang bikin aku menggoda seperti warung nasi, mie ayam, telur gulung, dan lain-lain.

Dan aku juga kangen dengan Minimarket Lawson yang setiap hari kerap selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa disekitar kampus untuk membeli makanan dan minuman sekaligus melepas lelah sambil berbincang-bincang santai bersama teman-teman di tempat duduk yang sudah disediakan. Sedangkan untuk rindu dengan teman-teman, jujur sih aku gak kangen sama sekali dengan teman-teman kampus disana, wkwkwk.

*Kenapa jadi bahas rindu jajanan makanana ya, wkwkw.

Tapi disini aku gak bahas tentang masa-masa rindu di kampus seperti teman dan dosen kok, tetapi aku hanya membahas tentang pengalaman mengikuti ekskul + pengalaman juga tentang kepemimpinan serta leadership. Kalau berbicara tentang ekskul aku jadi teringat dengan pengalaman ekskul selama di kampus serta juga disekolah, dari 1 SD pasti sudah pernah donk mengikuti ekskul sejak kecil. Tujuan mengikuti ekskul itu sebenarnya tuh buat mengasah kemampuan bakatmu serta meningkatkan kerativitas kita sesuai di bidang yang kita suka. Ekskul itu juga sebagai nilai plus dan juga banyak sekali segudang prestasi-prestasi yang membanggakan serta mengharumkan nama sekolah/ kampus serta membanggakan keluarga kita.

Pengalaman ekskul di masa sekolah

Well, beberapa sedikit aku masih inget tentang pengalaman aku ketika mengikuti berbagai macam ekskul disana. Umumnya, ekskul itu kita tahunya hanya bisa mengikuti ekskul wajib dan ekskul itu tuh cuman itu-itu aja seperti pramuka, menurut aku pramuka itu udah mainstream banget dan kita semua juga pernah mengikuti ekskul ini,udah gitu ekskulnya ekskul wajib lagi. Yaa gak hanya ngikut ekskul pramuka doank aja kali, masih banyak macam-macam ekskul yang pernah aku ikuti di masa sekolah. Disini aku akan menjabarkan sedikit tentang rincian-rincian pengalaman ekskul aku saat di masa sekolah.

SD

  • Kelas 1 : Mengikuti ekskul bahasa inggris (awalnya aku ngebet pingin ekskul musik pianika).
  • Kelas 2 : Akhirnya keinginan aku terwujud, pernah mengikuti ekskul musik pianika.
  • Kelas 3 : Pernah mengikuti ekskul gambar.
  • Kelas 4 : Pernah mengikuti ekskul Badminton (Tadinya aku pingin ikut ekskul robotik cuman kemahalan).
  • Kelas 5 : Pernah ikut ekskul kaligrafi.

SMP

  • Kelas 7 : Pernah ikut ekskul jurnalistik.
  • Kelas 7-8 : Pernah ikut kelas Sains Club.

SMA

  • Kelas 10-11 : Pernah mengikuti ekskul Japan Club

Itulah rincian-rincian pengalaman aku saat mengikuti ekskul disekolah. Untuk mengenai tentang jiwa kemimpinan dan leadership nya di masa sekolah, NO, sama sekali gak ada pengalaman tentang kepemimpinannya. Why? karena kebanyakan ekskul di sekolah aku itu dikendaliin oleh guru ekskul aku sehingga otomatis selama mengikuti ekskul itu belajarnya seperti biasa kayak belajar di sekolah pada umumnya. Kecuali ekskul di SMA itu baru diurusin oleh kakak-kakak kelas.

Tapi semasa aku ikut Japan club di SMA sih, gak pernah diajarin kepemimpinan gitu karena ekskul Japan club ini kegiatannya bebas banget paling cuman belajar sedikit tentang bahasa jepang sedangkan yang lainnya kegiatannya kebanyakan ikut ke event jejepangan gitu. Alhasil ekskul nya semakin gak jelas dan ini sih cuman hanya ikut-ikut ngumpul biasa gitu bareng teman-teman sekolah.

Pengalaman ikut ekskul kendo di masa kuliah

Setelah aku sudah memasuki masa kuliah, akhirnya aku ikut ekskul lagi deh setelah 2 tahun yang lalu di masa SMA. Bagi aku, ini adalah pengalaman ekskul yang paling berkesan bagi aku dan punya banyak kenangan dibanding masa sekolah, yaitu mengikuti ekskul Kendo. Mungkin bagi kalian yang gak tahu Kendo itu apa,

Dilansir dari kendo, Kendo adalah seni bela diri modern dari Jepang yang menggunakan pedang. Kendo berasal dari kata “ken” yang artinya “pedang“, dan “dō” yang artinya “jalan“. Jadi arti Kendo secara keseluruhan adalah suatu jalan / proses disiplin diri yang membentuk suatu pribadi samurai yang pemberani dan loyal. Kendo menggabungkan unsur-unsur bela diri, seni dan olahraga.

Kendo itu adalah sebuah olahraga beladiri khas Jepang yang dimana kita beladirinya itu menggunakan sebuah pendang kayu serta pakai baju alat pelindung. Kendo dan samurai itu hampir sama tetapi beda, cuman bedanya itu yang pedang sama alat pelindungnya. Samurai itu ciri khas nya pasti menggunakan sebuah jenis pedang samurai khas seperti katakana dan punya baju alat pelindung yang mirip kayak kesatria gitu. Sedangkan yang kendo pedangnya itu pedang bambu tapi ada juga yang kayu, terus baju pelindungnya gak terlalu besar kayak samurai dan pelindung kepalanya itu mirip kayak helm gitu tetapi trik beladiri diantara keduanya itu hampir mirip lah.

Awalnya aku mulai mengenal kendo saat sedang ada acara demo ekskul waktu pas sedang pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Ekskul di kampus aku macam-macam dan juga banyak sehingga aku bingung mau milih yang mana, tiba-tiba mata ku terpana melihat kakak-kakak senior yang sedang bermain kendo sekaligus memamerkan ekskul kendo itu. Akhirnya aku semakin berminat dan mendaftarkan diri sebagai member kendo. Untuk jadwal latihannya biasanya hari selasa dan kamis pukul 4 sore hingga pukul 8 malam (tapi boleh kok pulang habis maghrib jika mahasiswa harus pulang tepat waktu karena ya tergantung dari perintah orang tua mahasiswanya).

Disitulah aku mulai latihan Kendo sekaligus berkenalann dengan kakak-kakak senior aku serta teman-teman rekan aku. Kakak-kakaknya ternyata baik juga, ramah, serta membantu para mahasiswa junior jika mahasiswa itu sedang kesulitan melakukan teknik latihan kendo nya. Oh iya, untuk latihan kendonya pasti kita berpikir latihan kendo paling cuman langsung latihan main pedangnya doank, itu salah besar guys. Jika ingin memulai latihan kendo itu kita harus latihan kayak teknik jalannya misalnya gimana cara berjalan dengan benar, gimana cara berjalan kaki sambil jinjit, dsb.

Terus aku juga latihan cara duduk dengan seimbang, jongkok dengan benar, serta cara duduk ala Kendo. Sedangkan untuk latihan pedangnya, aku diajarin cara memegang pedang dengan menggunakan satu tangan. Berat banget sih pedangnya soalnya terbuat dari bambu tetapi gak terlalu berat sih, belum lagi yang pedang kayu malah lebih berat daripada yang jenis bambu. Selain memegang pendang dengan satu tangan baru deh latihan cara memainkan pedang dengan benar, Oh iya semua anak kendo juga harus mengeluarkan suaranya (berteriak) saat memukul pedang dan suara aku emang gak terlalu keras banget dan juga males banget teriaknya, wkwkwk.

Waktu pas ada turnamen yang biasanya dilaksanakan sekaligus sebagai pentupan latihan.
Suasana latihan
Ini pas latihan di belakang kampus, soalnya auditorium yang suka di pakai latihan itu dipakai buat acara.

Selain kegiatan latihan Kendo, Ekskul Kendo juga pernah berencana ikut nonton bareng acara pameran olahraga seni bela diri khas Jepang yang dilaksanakan di GBK.

Waktu nonton acara festival seni beladiri dari Jepang
Para atlet beladiri ini semuanya berasa dari Jepang yang datang ke Indonesia.

Dari pelajaran yang bisa aku dapat di ekskul Kendo itu, ternyata banyak sekali kerjasama antar teman serta jiwa kepimpinan senior nya yang keren. Kakak senior yang kerap sekali ikut lomba dan berprestasi ini jiwa ambisinya ternyata kuat serta menjadi pemimpin yang baik bagi mahasiswa-mahasiswa kendo junior. Selain itu juga kompak dan sangat bersahabat satu sama lain, disini aku bisa mendapat teman yang baik serta punya kenangan suka dan dukanya. Karena kini aku udah keluar dari ekskul kendo karena ingin fokus dengan perkuliahannya, setidaknya aku merasa berterima kasih kepada mereka yang sudah mengajariku Kendo dan juga teman-teman yang baik disana.

Ini aku bersama teman-teman Kendo. Coba tebak aku yang mana?

Demikianlah pengalaman-pengalaman saat aku mengikuti ekskul disekolah serta mengikuti ekskul Kendo di kampus. Kalian punya pengalaman mengikuti ekskul gak? Kalau punya boleh cerita di bawah kolom komentar.

Source :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s