Hal-hal yang mengganggu saat menulis

Menulis adalah salah satu aktivitas sebagian orang yang sangat suka mencurahkan isi hati kita serta menulis cerita-cerita karya sendiri sebagai wadah aktivitas hobi. Chat pesan dengan teman di sosmed maupun menulis quotes curhat di IG story misalnya juga termasuk salah satu menulis yang sangat simpel dan semua orang pasti pernah seperti itu. Menurut kata orang-orang seperti penulis terkenal, kalau mau ingin jadi penulis kita harus belajar terus menulis setiap hari dan tulis apa saja yang kamu pikirkan di otak kita. Menurut kata para penulis menulis itu gampang kok dan juga harus dibawa santai juga ketika sedang menulis tanpa merasa ada yang aneh serta merasa seperti insecure di perasaan kita, yang penting tulis aja dulu jangan kepikiran yang aneh-aneh.

Namun sayangnya, masih banyak para penulis pemula yang merasa terganggu ketika sedang menjalankan menulis. Bukan hanya karena bingung mau nulis apa atau masalah titik tanda baca serta diksinya saja, tetapi berbagai macam hal yang membuat penulis pemula merasa terganggu sehingga fokus menulis pun juga jadi ikutan terganggu dan mulai goyah.

Berikut beberapa hal sepele apa saja yang membuat kosentrasi menulisnya menjadi buyar.

1. suara berisik dan ramai

Gangguan ini adalah salah satu masalah utama yang membuat kita jadi gagal fokus untuk menulisnya. Baik suara burung-burung, suara keributan orang, maupun suara kendaraan yang selalu berlalu-lalang didepan rumah. Supaya ingin konsisten untuk menulis biasanya kita harus cari tempat yang sunyi dan aman agar bisa menulis imajinasi kita menjadi lanacar. Belum lagi lagi enak-enaknya menulis tiba-tiba terdengar suara panggilan dari seseorang seperti emak untuk menyuruh kita untuk melakukan sesuatu atas perintah dari emak. Kan jadi agak terganggu sih, iya kan?

2. Gangguan mood

Mood juga termasuk salah satu yang bikin konsisten niat menulis itu menjadi terganggu. Misalnya mood kita tiba-tiba rasanya ingin menulis sesuatu di blog, pas udah di depan laptop dan mulai mengetik tiba-tiba mood niat kita seketika menjadi hilang dan gak jadi menulis lagi. Kita pasti pernah mengalaminya iya kan? mood kadang selalu berubah-ubah, awalnya kita merasa semangat tiba-tiba menjadi mulai bosan dan malas lagi. Wah gimana mau jadi penulis yang hebat nih?

3. ngantuk

Ngantuk juga salah satu hal yang paling mengganggu di dalam list tersebut. Kenapa? karena seseorang yang mulai mengantuk saat bekerja atau belajar akan menyebabkan kosentrasi kita mulai goyah. Sama seperti kita saat sedang menulis tiba-tiba rasa kantuk mulai menyerang mata kita sehingga bawaannya pingin rebahan alias tidur meskipun masih pagi hingga siang.

4. sosmed

Kita pasti gak akan bisa melepas dari yang namanya sosmed. Sosmed paling sering digunakan oleh masyarakat untuk hal-hal bersenang-senang seperti saling menjulid antar netizen melihat konten-konten terkini dan cuman hanya bisa ngescroll sosmed terus. Hal yang bikin kita mengganggu di sosmed ini adalah notice pemberitahuan pesan yang suka muncul di beranda layar ponsel. Pastikan jika ingin konsisten menulis, sebaiknya matikan suara pemberitahuan pesan dan jauhkan ponsel itu dari meja kerja yang kita gunakan.

Itulah dari hal-hal yang mengganggu saat kita mau menulis, alangkah baiknya rajinlah menulis setiap hari dan fokus dengan menulis kamu baik di layar laptop maupun di buku.

Semangat menulis !

3 tanggapan untuk “Hal-hal yang mengganggu saat menulis

  1. Saat nggak punya uang juga mengganggu dik.. hahahaha soalnya suasana hati jadi berantakan…

    Kalau habis gajian biasanya semangatnya naik berat…tengah bulan turun.. akhir bulan pada posisi minus..:-D

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s