Ngomongin Soal Podcast dan pertama kalinya merekam suara lewat Podcast

Jujur sih, aku emang gak terlalu suka Podcast gitu sih. Aku emang benar-benar gak suka dengerin lagu-lagu di Podcast itu, menurut aku podcast itu bikin ngabisin kuota internet jika aku dengerin podcastnya pake data. Aku emang lebih suka dengerin lagu di playlist Hp biasa dan di Youtube daripada di podcast.

Karena tema ODOP ISB ini temanya tentang podcast yang dimana member ISB ini wajib merekam suara lewat podcast, jadinya aku terpaksa banget membuat rekaman suara di podcast dengan seadanya. Aku emang gak terlalu suka berbicara dan juga merekam suara lewat audio. Kalau aku bicara suka sekali agak berantakan dan juga gak jelas, apalagi ngerekam lewat audio, belum lagi suara aku kaku banget dan sedikit serak sehingga aku merasa minder dan insecure ketika denger suara aku di rekaman itu, wkwk.

Karena tema podcast di ODOP ISB ini temanya bebas, berarti aku akan ngambil sedikit tentang apa sih itu podcast. Saat ini, podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Podcast itu kayak mirip-mirip radio, hanya saja bedanya itu yaa channel nya itu. Kalau di radio gitu biasanya punya banyak beberapa channel FM yang sama kayak TV gitu. Sedangkan podcast itu kita bisa punya akun channel podcast sendiri dan juga kita bebas mau dengar podcast di channel milik orang lain, kurang lebih menurut aku emang gitu sih. Soalnya aku pernah pertama kali nya dengar podcast lewat aplikasi spoon.

Dilansir dari idcloudhost.com, Podcast sendiri merupakan sebuah rekaman audio dimana rekaman tersebut dapat didengarkan oleh banyak orang, berbagai kategori yang membahas sejumlah topik menarik dapat didengarkan. Podcast juga bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun Anda sedang membutuhkannya. Selain bisa diakses lewat streaming, Podcast juga bisa diunduh serta disimpan. Podcast sendiri sebenarnya sudah ada sejak dulu, podcast pertama kalinya muncul di tahun 2005, tetapi baru populer di tahun 2007. Podcast sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat dan mulai banyak yang mendengarkannya. Istilah Podcast sendiri berasal dari istilah iPod dan juga Broadcasting.  Podcast menyediakan beberapa kategori topik dengan jumlah ribuan yang dapat kita dengarkan seperti topik tentang bisnis, pendidikan, kesehatan, music, teknologi, TV dan film, olahraga, dan sebagainya. 

Dilansir dari idcloudhost.com, bagi yang kamu tertarik bikin podcast, ada tips nya nih cara membuat podcast.

1. Tentukan Topik Podcast yang kamu buat

Sebelum bikin podcast, tentuin dulu kamu mau bikin tentang apa. Kamu boleh bebas bikin podcast apa saja yang kamu inginkan, asal tema podcast yang kamu buat pun juga harus bermanfaat bagi para pendengar.

2. menyiapkan alat

Podcast itu sebenarnya banyak alat-alat untuk membuat podcast. Seperti microphone, audio, maupun berbagai alat-alat audio. Tetapi jika kamu gak mau yang ribet-ribet, kamu cukupkan saja dengan menyiapkan ponsel dan tinggal download aplikasi podcast di Play Store/ IOS App.

3. buat Konten Podcast

Kamu juga bisa membuat naskah mengenai apa saja yang kamu katakan, susun bagaimana sound atau musik yang akan mengiringi untuk dijadikan transisi antar pembahasan. Urutkan konten tersebut dan juga perkirakan durasinya. Kemudia, kamu bisa merengkam tentang hal apa saja yang ingin kamu bahas. Usahakan, jangan ngerekam di tempat yang ramai, carilah tempat yang aman serta tempat yang sepi dan tidak suara dari orang-orang.

4. Editlah Rekaman dengan Editing Software

edit rekaman kamu dengan editing software. Untuk mengedit rekaman tersebut agar mampu menghasilkan rekaman yang memiliki kualitas baik. Hal-hal yang perlu kamu edit antara lain menghapus bagian salah, jeda yang terlalu lama, menambahkan efek, mengkonversi format yang tadinya audio menjadi mp3, menambahkan meta tag misalnya album, nama artis, no track, dan sebagainya.

5. Membuat Cover gambar

Kamu bisa membuat cover dengan aplikasi untuk mengolah gambar agar hasilnya lebih maksimal. Hal penting yang harus kamu perhatikan yaitu ukurannya.

6. Mem-Publish

Jika kamu sudah mengedit audio serta gambar cover, tinggal upblish deh dan jadilah channel podcast kamu.

Berikut seperti ini contoh podcast pertama kali yang aku buat, maafkan aku ya kalau suaraku agak kaku-kaku banget 🙂

Alya putri herdinanti (episode) : Rekaman pertama

Itulah sedikit penjelasan sedikit tentang podcast, Disini ada yang suka podcast ?

Sumber :

idcloudhost.com : mengenal-apa-itu-podcast-dan-tips-dan-tricks-membuatnya

4 tanggapan untuk “Ngomongin Soal Podcast dan pertama kalinya merekam suara lewat Podcast

  1. Halo Alya, salam kenal!
    Aku suka dengerin podcast, yg temanya self-help atau self-improvement, podcast tentang dunia kreatif dan puisi. Aku juga bikin podcast sendiri yg fokusnya puisi, baru sampe 5 episode sih😁 Tapi langkah2 yg kamu share ini bener2 akurat, paling nggak buat aku saat pertama kali coba bikin podcast.
    Semoga tetap semangat berkarya untuk kamu ya!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s