Darimana aku bisa menulis ?

Ngomongin soal asal muasal kenapa aku jadi bisa mahir menulis sampai sekarang ? semua orang pasti juga bisa menulis tentunya. Menulis itu ibarat seperti curhat atau hanya sekadar ngobrol biasa lewat tulisan. Bagi yang gak suka basa-basi atau maupun pandai berbicara, menulis adalah salah satu efektif sebagai alat komunikasi untuk berbicara lewat menulis, dan juga mulut gak bakal capek meskipun bacanya hanya dalam hati dan berbisik-bisik saat sedang menulis. Jujur sih, sebenarnya aku ini tipe orang yang kalem, cuek, dan dingin. Aku emang gak mau bicara dengan orang lain apalagi bicara tentang hal-hal yang gak penting, aku juga gak suka basa-basi (kecuali kalau nanya soal masalah tugas kuliah) dan aku juga anti gosip atau membicarakan urusan orang lain alias ngegibah. Aku memang sangat pendiam dan gak mau bicara, tak jarang aku selalu dipandang oleh orang-orang lain karena aku emang tertutup dan juga pendiam, ditambah lagi aku juga sanga dingin terhadap orang lain.

Menulis adalah salah satu alat komunikasi paling efektif saat aku ingin berbicara dan sekadar curhat-curhat tentang kehidupan aku lewat tulisan di blog ini. Sebab, menulis adalah salah satu alat komunikasi paling aman buat aku dan gak bikin mulut aku gak capek, paling cuman tangannya aja yang pegel karena kebanyakan ngetik.

Darimana aku bisa menulis? yaa… kita sudah belajar menulis sejak masih dini. Saat masa TK/ PAUD pun kita sudah belajar menulis huruf serta menulis kata-kata sederhana termasuk menulis nama. Saat kita masih kecil pun ternyata bisa menulis meskipun tulisannya masih kayak ceker ayam, hingga akhirnya menulis pun mulai terasa hingga ke jenjang tinggi yang berikutnya. Biasanya di beberapa mata pelajaran di sekolah itu yang identik dengan kepenulisan pasti pelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sendiri itu salah satau pelajaran bahasa yang paling luas, maksudanya pelajaran itu banyak sekali berbagai ragam tentang kebahasaan baik kalimat, tata bahasa, PUEBI, maupun linguistik dan sastra.

Dulu saat disekolah awalnya aku lumayan sedikit suka dengan pelajaran itu sih, dan disitu biasanya tugas Bahasa Indonesia yang paling familiar itu pasti yang namanya mengarang. Dimana kita ditugaskan untuk menulis tentang pengalaman pribadi kita. Mengarang tuh gampang-gampang susah, susahnya itu paling kita yang bingung pengalaman yang paling seru itu apa ya, perasaan pengalaman kita kok b aja ya. Aku kalau bikin tugas karangan ginian paling cuman nulis pengalaman liburan gitu, sedangkan yang lainnya bingung mau nulis tentang apa. Di sekolah aku juga pernah diajarin cara menulis diary oleh guru aku dengan benar, awalnya menulis diary itu kayak gimana yaa, masih gugup menurut aku. Awalnya aku bingung mau nulis diary tentang apa ya. Lahh, perasaan aku gak punya masalah apa-apa di kehidupan aku.

Ketika di kelas 6 itulah pertama kalinya aku punya buku diary. Seingat aku, dulu buku diary aku kayak binder gitu dan isinya masih polos gak kayak kertas binder hiasan yang sering sekali main tuker-tukeran binder sama teman-teman saat masih kecil. Di situlah aku mulai mencoba nulis diary di buku itu, namun masih saja ada rasa gugup menyerang aku ketika lagi nulis diary, belum lagi buku nya ketahuan dibaca oleh adik aku sehingga gagal deh ngejagain buku diary aku. Yaa karena di buku diary aku ternyata gak aman + masih ada rasa gugup dan insecure nya, ya sudah aku terpaksa merobek kertas tulisan aku dan buang begitu saja.

Saat ini, setelah beranjak dewasa aku udah mulai terbiasa menulis lagi meskipun masih ada rasa insecure nya, aku masih inget sih dengan pelajaran bahasa indonesia waktu di sekolah. Kenapa tiba-tiba aku jadi kangen sama pelajaran itu ya, sedikit ada rasa menyesal nya juga sih. Tetapi untungnya aku bertemu lagi deh dengan mata kuliah umum bahasa indonesia di kampus. Meskipun itu cuman hanya mata kuliah umum dan hanya muncul di satu semester saja, tetap saja masih rindu dan ingin berusaha mempertajam menulis lagi, termasuk rajin menulis di blog.

Well, bagitulah cerita-cerita pengalaman aku kenapa aku bisa menulis. Kita juga bisa menulis kok, meskipun hanya sekedar nulis quotes atau pesan teks dan status di sosmed. Semangat ya menulis nya, mudah-mudahan tulisan kita sangat bermanfaat untuk para pembaca 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s