Belajar dari Ilmu Menulis

Ilmu Menulis adalah sebuah ilmu yang mempelajari segalah hal tentang dunia kepenulisan. Menulis adalah suatu kebiasaan orang-orang yang sering dilakukan di kehidupan sehari-hari. Semua orang bisa menulis, tetapi cuman hanya sebatas menulis pesan chat di ponsel, atau sekadar menulis catatan notes atau menyalin materi yang diberikan oleh guru atau dosen.

Namun, sebagian orang merasa dirinya tidak bisa menulis meskipun hanya bisa mennulis lewat mencatat materi pelajaran atau menulis pesan teks, menutur sebagian orang menulis itu susah dan juga bingung mau nulis tentang apa. Bahkan mereka menganggap menulis itu adalah hal sulit karena membutuhkan ide atau informasi yang lebih matang. Padahal menulis itu gampang kok, kalian tinggal hanya menulis apa saja yang kalian pikirkan dan tidak masalah meskipun jelek dan berantakan itu namanya juga belajar menulis.

Awal suka menulis

Seingat aku, aku mulai awal menulis bermula sejak aku belajar menulis diary sejak SD. Waktu itu aku belajar menulis diary yang saat itu diajarkan oleh gurunya tentang menulis diary. Awalnya menulis diary itu terlihat gampang karena diary itu berisi tentang pengalaman kita di kehidupan sehari-hari. Tetapi saat aku menulis diary kok agak sedikit sulit ya, dan aku bingung mau nulis tentang apa. Ya sudahlah akhirnya aku menulis seingat aku tentang pengalaman-pengalaman pada umumnya, seperti liburan ke suatu tempat.

Ketika sudah kelas 6 SD, akhirnya ini pertama kalinya aku membuat buku diary di buku binder aku. Waktu itu aku menulis tentang masalah uneg-uneg aku yang benar-benar menyebalkan, tetapi aku merasa menulis di buku diary kok masih gak aman gitu ya semenjak adik aku gak sengaja membaca buku diary aku. Akhirnya aku memutuskan berhenti menulis diary itu lagi dan merobek kertas isi tulisan aku, dan disitulah aku mulai merasa gak gugup dan mulai minder usai menulis diary ku.

Bertahun-tahun sejak aku enggan menulis lagi, di tahun 2018 aku berpikir kembali untuk mulai menulis lagi. Tapi bukan nulis di buku lagi, tetapi kali ini aku mau nulis di blog karena aku baru mendengar istilah blog/blogger yang aku baca di blogger orang lain. Awalnya sebenarnya aku sudah pernah pertama kali iseng-iseng membuat blog di blogspot habis itu bingung mau nulis apa, dan di blog itu aku hanya cuman ngepost foto hewan favorit aku dan habis itu blog aku di tinggalkan begitu saja sampai blog aku hilang, duh aku masih inget aku waktu aku pertama kali bikin blog di blogspot, entah waktu tahun berapa itu ya, wkwwk.

Oke kembali lagi di tahun 2018. Nah akhirnya aku bikin deh blog aku yang berbasis wordpress. Alasan aku memilih WordPress karena blog itu tampilannya bagus banget dan belum lagi theme nya itu keren banget, terus fasilitas dan tool blog wordpress itu lengkap banget dah, tetapi sayangnya sebagian tuh ada yang berbayar :(. Dan saat aku bikin blog dan menata desain theme nya, akhirnya jadi deh blog aku pertama di wprdpress. Awalnya aku bingung lagi mau nulis apa blog ini, dan akhirnya aku mulai mencoba menulis lagi yang isinya itu masih abal dan ngaco banget dah, dan semua tulisan aku itu gak penting banget. Tetapi kok tiba-tiba aku kembali merasa minder dan gugup lagi ya saat aku mulai menulis. Saking minder dan gugupnya, mau gak mau akhirnya aku menghapus post-post tulisan aku di blog dan pergi meninggalkan blog begitu saja. Lagi-lagi aku mulai gak minat nulis lagi 😦

Selang beberapa 2 tahun semenjak aku ogah menulis lagi, di awal januari tahun 2020 akhirnya aku mulai kembali minat menulis lagi dan membuka blog aku yang sudah seperti rumah hantu dan mulai menulis blog itu lagi di bulan februari. Namun, kali ini aku mulai fokus menulis terus dan semakin banyak aku menulis dan semakin banyak juga post-post tulisan aku di blog ini. Dan saat ini, post blog ku sudah mencapai 80 post. Itu berarti aku sudah menulis banyak tentang hal-hal yang aku tahu dan juga isi pengalaman kehidupan ku. Blog ku kini sudah banyak dikunjungi oleh viewer dan aku merasa beryukur akhirnya blog aku kembali hidup dan terus merawatnya seperti anaknya sendiri.

Meskipun aku masih merasakan minder dan gugupnya itu tapi aku tetap berusaha untuk menulis dan terus mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kini, selain ngeblog aku juga fokus membuat karya fiksi seperti cerpen dan novel, kalau untuk puisi aku belum mahir dan hasil puisi aku tuh masih abal-abal dan berantakan banget. Namanya juga belajar menulis.

Belajar ilmu dari menulis

Selain menulis di blog, aku juga lebih fokus membuat cerita fiksi aku seperti cerpen. Cerpen itu menurut aku gampang-gampang susah sih. Dan aku sekarang malah lebih fokus bikin cerita fiksi dibanding ngurusin nulis di blog, wkwkwk. Yaah tetapi sih aku masih nulis di blog kok dan aku cuman menulis hal apa saja tentang pemikiran aku dan juga ngepost sebuah cerita fiksi kecil.

Awal aku suka menulis fiksi itu berawal dari tahun 2019 kemarin. Sama juga kayak pertama kali aku mulai menulis, sama-sama gugup dan minder. Dan juga masih bingung banget dan susah saat pertama kali bikin cerita fiksi sehingga cerita buatan aku jadi gagal berapa kali. Itu sih dulu ya, tapi kalau sekarang udah bisa sih menulis cerita fiksi dan akhirnya aku berhasil bikin cerpen pertama kali hingga sudah bikin sebanyak 5 buah cerpen, padahal semua cerpen itu buat tugas dari kelas menulis di WAG. Gara-gara tugas itu ya udah akhirnya aku mulai suka dengan menulis cerita fiksi.

Dan aku sudah rajin mengikuti seminar online dan kelas online di WAG yang dimana itu narasumber akan mengakari aku dan memberi ilmu menulis. Well, sejak saat itu aku mulai suka menulis dan suka membaca apa saja tentang hal kepenulisan. Mulai dari diksi, gaya bahasa, sampai teknik-teknik menulis serta menulis buku. Belajar dari ilmu menulis itu mengajarkan bahwa kita harus rajin menulis terus dan juga harus giat membaca buku agar kita mendapat informasi pengetahuan serta ide yang kita dapatkan. Jika ide pengetahuan itu sudah dapat, segeralah tuangkan ide kita itu kedalam tulisan agar ide itu tidak hilang. Dan yang terpenting tingkatkan niat menulismu dan ciptakan karya tulisanmu agar selalu dibaca dan di kenang oleh orang-orang dan pembaca setia.

Menulis itu ternyata gak susah amat kok, asal kita harus niat untuk menulis dan benar-benar rajin belajar. Ntar kalian bakal terbiasa kok rajin menulisnya dan tulisan kalian lama-lama menjadi bagus.

Oke, ituah cerita ilmu yang di dapat dari menulis. Bagi yang kalian suka menulis, semoga kalian tetap semangat menulis nya ya dan suatu saat kalian bakal jadi penulis hebat atau juga jadi Blogger terkenal di Indonesia, amiin.

6 tanggapan untuk “Belajar dari Ilmu Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s