Pilih Blogger atau Penulis Fiksi ?

Menulis adalah hobi ku saat ini yang berusaha aku fokus. Menulis merupakan sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh semua orang, semua orang pasti bisa menulis tetapi tidak terlalu jago dan hanya sekadar menulis pesan chat atau mencatat materi pelajaran yang dikasih oleh guru atau dosen. Kini, pekerjaan menulis semakin banyak diminati oleh orang-orang. Pekerjaan menulis itu bukan hanya cuman sebagai Penulis saja, masih banyak kok beredar jenis-jenis pekerjaan yang cocok bagi yang pecinta penulis, seperti Content Writer, Copywriter, Editor, dll.

Dari di antara jenis-jenis pekerjaan menulis itu salah satu dua pekerjaan yang sedang ngehits sampai sekarang ini adalah Blogger dan Penulis Fiksi. Blogger dan Penulis Fiksi itu adalah salah satu pekerjaan yang juga sama-sama menulis, tetapi beda. Biasanya dua jenis itu memiliki gaya/ bahasa tulisan yang berbeda.

Awalnya itu aku lebih suka untuk memutuskan terjun ke dunia Blogger, karena di Blogger itu kita tuh bebas menulis apa saja atau share-share pengalaman kita maupun review-review produk dan artikel yang kita buat. Intinya sih, menurutku blogger tuh bebas mau nulis tentang apa saja yang kita sukai di blognya. Lain dengan Penulis Fiksi, Penulis Fiksi itu adalah sebuah Penulis kreatif yang isinya tuh macam-macam, ada yang puisi, novel, dan cepren. Aku tuh sebenarnya gak hanya minat dengan Blogger kok, aku juga suka menulis cerpen dan puisi akhir-akhir ini.

Yang menjadi pertanyaan di pikiran aku, sebenarnya aku tuh pilih passion ke Blogger atau Penulis Fiksi ? Sebelum aku menjelaskan tentang pilihan dua jenis itu, aku akan menjelaskan sedikit perbedaan Blogger dan Penulis Fiksi.

1. Sama-sama Menulis

Blogger dan Penulis Fiksi adalah dua jenis pekerjaan yang sama-sama juga di bidang kepenulisan. Bedanya, Blogger itu biasanya isi tulisannya itu kebanyakan sharing-sharing artikel atau pengalaman kehidupan si Blogger. Blogger itu wadah kepenulisan yang luas banget, jadi kita tuh bebas mau menulis apa saja di blog itu. Kita juga bisa kok berbagi pengalaman kita lewat tulisan, atau menulis artikel informasi seputar lifestyle, bussiness, dll. Dan juga kita bisa menuliskan opini tentang pengamat hal-hal yang terjadi di kehidupan kita atau sumber dari berita terkini, asal opini nya harus baik dan juga di beri sedikit sesuai fakta dari informasi yang sebenarnya.

Berbeda dengan Penulis Fiksi, Penulis fiksi itu adalah sebuah karya tulisan yang bagi kalian yang suka berimajinasi dan suka sastrawan. Penulis Fiksi itu biasanya macam-macam, ada yang puisi, cerpen, dan novel. Penulis Fiksi itu biasanya tuh untuk yang kalian suka banget bikin cerita Fiksi atau suka menulis syair seperti puisi. Pekerjaan Penulis Fiksi itu tuh biasanya ada yang novelis dan sastrawan.

2. Gaya tulisan

Blogger dan Penulis Fiksi tuh punya ciri khas gaya tulisannya masing-masing. Kalau Blogger itu isi gaya tulisan nya itu bebas sesuai pemikiran kita sendiri, bisanya isi gaya tulisan di blogger sifatnya formal dan kadang juga baku seperti tulisan berita dan hampir mirip tulisan jurnal/ karya ilmiah. Biasanya gaya tulisan Blogger itu hanya buat kita yang ingin menulis artikel/berita gitu, sedangkan yang lainnya kita tetap bebas menulis gaya bahasa sesuka kita di blog. Sedangkan Penulis Fiksi gaya bahasa tulisan itu benar-benar seperti cerita dan banyak sekali beberapa gaya diksi yang khas di cerita fiksi tersebut, umumnya terdapat di cerpen dan novel. Sedangkan untuk puisi sudah jelas bahasa nya pasti benaar-benar puitis dan kadang juga ada sedikit kata ungkapan/ peribahasaanya.

3. Punya kesulitan

Dua jenis itu dari terlihat sangat gampang sih soalnya kan tugasnya cuman hanya menulis aja, tetapi ternyata gak jgitu juga ya. Setiap menulis pasti punya kesulitan yang kita hadapi sedang saat menulis. Menurut aku, Blogger itu emang kelihatan gampang sih, soalnya Blogger itu adalah sebuah wadah blog yang dimana kita bebas menulis sepuasnya. Cuman beberapa kesulitannya sih menurut aku paling yang masalah link/ html gitu belum lagi masalah SEO nya yang kadang aku bingung kadang tidak. Cuman yang masalah domain, plugin, dan pokonya yang bahasa link atau keyword itu sebenarnya aku masih gak ngerti. Soalnya sih kalau masalah tentang SEO dan link-link keyword gitu emang harus wajib sih bagi seorang Blogger, tetapi aku hanya sebatas blogger yang suka menulis pun aku masih tidak paham dan agak cuek dengan masalah link atau keyword SEO gitu sih 😦

Sedangkan yang Penulis Fiksi itu yang paling sulit sih cuman Ide/imajinasi. Ide tuh terkadang terus bermunculan saat kita sedang ngapa-ngapain. Ide tuh bakal hilang kayak hantu, kalau kita ketemu idenya, cepat-cepat catat idenya di notes atau hp seperti kita sedang berburu hantu, kalau tiba-tiba gak sengaja ketemu penampakan hantu. Siap-siap bawa ponsel atau kemarenya dan jepret penampakan hantu itu. Jika kita gak melakukannya, si hantu itu seketika menjadi hilang begitu saja, begitu juga dengan ide yang muncul gak lama-lama dan langsung hilang begitu saja.

Ide tuh terkadang sih belum sempurna juga sih meskipun sudah di tuangkan ke dalam sebuah tulisan cerita. Malah tulisan karya cerita aku hasil ide yang aku dapat malah justru menjadi aneh dan ngaco gitu lah, iyalah namanya juga belajar bikin cerita,wkwk. Selain masalah ide, tata tulisan dan bahasa tulisan itu juga sangat penting saat menulis karya cerita, seperti dialog tag, dan diksi. Cuman yang paling agak sulit sih yang masalah letak penggunaan tanda titik, seru, dsb gitu.

Nah, balik lagi ke pilihan dua jenis menulis ini. Menurut aku sih di antara dua jenis itu aku malah condong ke Penulis Fiksi. Kenapa? karena aku tuh suka mengkhayal atau berimajinasi gitu, tetapi aku belum pernah membuat cerita hasil khyalanku pada awalnya gitu sih, awalnya sih aku masih gugup dan merasa minder gitu sih kalau mau bikin cerita kayak cerpen atau novel gitu. Kini aku udah jadi terbiasa menulis cerpen dan juga puisi meskipun masih ada sedikit gugupnya,wkwkw.

Sedangkan untuk Blogger, aku masih suka banget sih meskipun aku hampir jarang ngepost konten dan cuman hanya blogwalking saja, wkwkw. Tapi untuk Blogger nya sih aku lagi mencoba fokus menulis ulasan review apa saja yang sudah aku coba dan pernah aku lakukan. Seperti review makanan, film, buku, dll. Menurut aku sih kalau tema review itu gampang daripada menulis tentang lifestyle, health, dll. Selain menulis ulasan review, aku juga suka menulis tentang sharing pengalaman aku sih.

Itulah dari tulisan aku tentang pembahasan mau milih Blogger atau Penulis Fiksi. Kalau kalian lebih suka Blogger atau penulis Fiksi ? Atau kalian lebih suka hobi apa saja nih?

10 tanggapan untuk “Pilih Blogger atau Penulis Fiksi ?

  1. Halo mba, salam kenal 😁
    Saya pilih sebagai blogger karena memang lebih terbiasa dan bisanya blogging, while menulis fiksi nggak bisa dan nggak ada bakat πŸ™ˆ

    Suka

    1. Aku kadang juga belum tau luas tentang pembloggeran gitu, kayak seo, keyword, atau link html gitu πŸ™ƒ tapi sih sekarang aku malah lebih condong ke fiksi drpd nulis artikel blog πŸ™ƒ. Kalau nulis blog biasanya cuman cerita pengalaman aku dan cuman ngepost cerita fiksi gitu ☺

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s