Perjuangan untuk mendamaikan diri sendiri

Kesehatan Mental itu sangat penting bagi kita. Meskipun itu hanya dianggap kecil dan hanya sebatas stress saja, ternyata kesehatan mental sangat penting bagi kesehatan kita dan kita juga harus pandai mengendalikan emosi. Stress adalah salah satu gangguan mental terkecil yang semua orang pasti banyak mengalaminya. Semua orang pasti juga merasakan stress. Stress karena tugas yang menumpuk, stress karena marah, dan sebagainya.

Tapi disini aku gak bahas tentang stress, kali ini aku akan bahas tentang cara mendamaikan diri sendiri. Beberapa orang yang sedang mengalami banyak masalah dan baginya hidup itu tidak adil dan mulai membenci diri sendiri. Seperti di bully, mengalami kekerasan, dan juga penindasan. Hal itu membuat seseorang mengalami gejala-gejala penyakit mental yang sangat serius. Mulai dari Depresi, Gangguan panik, Bipolar, dan masih banyak lagi. Namun sayang sekali penyakit-penyakit itu malah justru mendapat stigma dari orang-orang yang menganggap kalau penyakit mental itu sama aja kayak sakit jiwa yang di alami oleh orang gila.

Well, sebenarnya aku merasa tak enak jika aku bercerita pengalaman tentang kehidupan diriku, tapi aku hanya bercerita yang sebagian hanya yang aku alami saja.

Aku sebenarnya sering sekali merasa stress, apalagi di rumah. Sampai sekarang aku masih merasakan hal itu juga, tetapi gak hanya stress aja kok yang aku mengalaminya, cemas pun sampai sekarang aku merasakannya. Dan aku juga agak insecure karena berbagai masalah yang aku alami. Dan itu membuat penyakit ini sampai menyerang ke bagian tubuh ku, seperti kadang-kadang aku suka sakit perut, dada sedikit sakit, dan yang paling parah bagian kepalaku. Stress dan Cemas sekarang udah bener-bener menyerang fisik ku sehingga aku mengalami serangan gangguan psikis. Sampai akhirnya, aku di bawa ke dokter waktu itu cuman karena sakit kepala. Saat itu Dokter menanya padaku.’Kamu sakit kepala karena apa?’

Aku bilang ke dokter alasanku karena aku sering cemas setiap hari. Tapi dokter itu bilang ‘Cemas karena apa? Apakah masalah kuliah mu atau masalah yang lain?’ Di situ aku merasa gak enak jika mengungkapkan alasan sebenarnya dengan diriku. Dan akhirnya sampai rumah aku di nasehatin oleh Ibuku kalau aku harus berusaha untuk menghindari stress, dan tetap tenang dan strong untuk menjalani kuliah ini. Dan ibuku bilang kalau aku ini tuh kena gangguan psikis sehingga kepala ku itu sering sakit akibat ini. Well, aku juga ada masalah sih di masa perkuliahan ini, karena tugas yang sulit dan matkul nya juga semakin sulit yang membuatku menjadi stress dan cemas sehingga menjadi penyebab serangan psikis yang menyerang fisik tubuhku ini.

Untuk masalah diriku, aku tak pernah membenci diriku sendiri. Tetapi aku hanya merasa kurang nyaman dengan penampilan fisik ku ini, seperti badan ku yang sudah agak gede karena terlalu banyak, hingga rambutku yang aneh dan beberapa rambutnya ada yang pendek sebelah. 2 masalah fisik ku ini aku benar-benar gak nyaman. Dan sekarang ini aku sudah terlalu cuek dengan penampilanku ini. Aku juga agak gak suka dengan diriku yang sekarang, apalagi fisik badan ku seperti perut yang sudah banyak lemak. Percuma saja berolahraga, malas saja adalah musuh terbesar ku yang masih terus menyerangku.

Tapi aku bersyukur aku bisa banyak bergerak di rumah aja, seperti mencuci baju, melakukan pekerjaan rumah, hingga bersih-bersih kandang peliharaanku yang kotornya luar biasa. Dan olahraga saja sudah cukup dengan jalan-jalan pagi di sekitar komplek.

Sedangkan masalah cemas dan stress, aku berusaha terus untuk mendamaikan pikiran ku yang sudah merusak diriku sendiri. Aku terus berjuang untuk mendamaikan dengan pikiran-pikiran ku yang tak menyenangkan serta perasaan ku yang insecure agar diriku bisa tenang kembali. Kini, aku berusaha untuk menulis diary di blog untuk merendam semua pikiran ku yang berat serta perasaan ku yang sedang gak enak banget. Terus, aku juga melakukan hal-hal aktivitas hobi yang aku kusukai. Seperti main game, membaca buku/ artikel, dan mendengarkan lagu. Kalau denger lagu sih sekarang ini aku udah jarang banget ngelakuin hal ini, karena rumah ku itu berisik jadi aku gak bisa mendengarkan lagu kesukaanku ini jadi gak tenang.

Yang penting, terus berjuang,berjuang,berjuang. Meskipun feeling dan cemas ku masih menyerangku, aku masih tetap untuk mendamaikan diriku sendiri dan juga berusaha untuk cara menyelamatkan fisik tubuh ku dengan cara diet dan berolahraga.

Semoga di coretan tulisan ku ini akan menjadi bermanfaat bagi kita yang terutama sedang berjuang untuk mendamaikan diri sendiri.

2 tanggapan untuk “Perjuangan untuk mendamaikan diri sendiri

  1. Hi, Alya. Salam kenal, ya๐Ÿ‘‹๐Ÿป I don’t know who you are in real life since i just know you from this post and @bloggerperempuan’s site, but one thing for sure is you’re not alone. It’s fine and very normal to have the anxiety and insecurity. Masalah anxiety dan mental illness adalah sesuatu yang sangat mungkin dialami oleh kita-kita yg ada di masa quarter life crisis, karena sepertinya banyak banget hal yg harus dipikirin dan seringkali kita gak bisa mengurainya satu persatu.

    Kayaknya km kurang lebih sama kayak aku deh๐Ÿ˜…, aku kalo stress tuh haduuh jatohnya kepala bisa sakit sampe berhari-hari dan bahkan dibawa tidur juga gak ilang. Saranku kalau nanti kamu butuh penanganan dokter lagi, ceritain aja apa-apa yang bikin kamu cemas sampe nimbulin sakit secara fisik, siapa tau nanti ada jalan terang dari dokternya, entah dirujuk ke psikolog atau saran medis lain, supaya hal yang sama gak terulang.

    Anyway, semoga kamu selalu sehat dan selalu happy ya. Semoga masalah-masalah yang lg kamu hadapi juga bisa mendapat solusinya satu persatu. Gak perlu langsung memang, at least perlahan tapi pasti. Sekali lagi salam kenal ya๐Ÿ˜

    Suka

    1. Makasih kakak, semangat juga terus berjuang melawan anxiety/ sress . Kita juga sama-sama berjuang ๐Ÿ™‚

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s