Mencari teman Online lewat Grup Wa dan IG Roleplayer

Di sini ada yang punya teman dunia online selain teman di dunia nyata ? Pasti punya donk. Di jaman era teknologi yang serba canggih, kita bisa mudah menemukan teman-teman baru di sosial media. Sosial media tuh kan membuka jaringan pertemanan gitu, kita juga bebas donk mencari teman-teman online yang bertujuan ingin berteman dan saling mengenal satu sama lain.

Aku sudah punya sih teman-teman online dari sesama grup komunitas termasuk grup blogger / penulis dan teman-teman wordpress di sini. Asal tujuannya saling mengenal dan juga sama-sama belajar serta bekerjasama. Membuat grup komunitas yang terdiri dari teman-teman online juga termasuk bertujuan menciptakan jaringan pertemanan dan saling baur-membaur.

Tetapi semua teman-teman online tuh gak cuman punya hanya kelebihan positif aja, tetapi banyak sekali hal-hal buruk yang gak enak di dunia maya di sosial media sekarang ini. Seperti para netizen yang hanya bisa menyinyir dan suka ngejudge mencampuri orang lain yang berunjung cyber bullying. Gak hanya netizen saja, bahkan di beberapa grup sosmed pun juga sering seperti begitu dan sama-sama parah kayak netizen. Itu menurut dari pengalaman aku ya guys.

Di sini, aku akan cerita nih sebuah coretan tentang pengalaman mencari teman-teman online di sosmed. Cuman hanya bermodal Hp dan Laptop saja, aku sudah mulai berkenalan dengan teman-teman online yang tidak ku kenal.

1. Grup whatsaap

Sebelum whatsaap, aku pernah aktif di Line. Pertama, aku bergabung di grup Wattpad dan Grup Game online. Sisanya sih grup-grup line square yang aku ikuti. Dulu di grup line aku tuh rame banget dan gak berhenti-henti chat nya sampai sekarang. Dan sekarang grup nya menjadi sepi dan kebanyakan sudah berimigrasi ke Whatsaap. Ya otomatis, aku memutuskan untuk menghapus grup yang aku buat dan juga keluar dari grup wattpad di line karena aku udah jarang buka chat line lagi. Tinggal grup square line yang masih aku ikuti, grup square di sini biasnya aku masuk grup tentang curhat-curhat masalah gitu. Di situ aku bebas menceritakan hal-hal kehidupan ku yang ku hadapi. Sebenarnya aku sudah berada di grup square line ini sudah lama banget, dan sudah beberapa kali aku keluar-masuk terus karena yaa aku tuh masalah kehidupan aku suka naik terun terus, kadang curhat di grup kadang nggak.

Dan kini, aku sudah left dari grup dan gak mau bergabung lagi. Sekarang boro-boro nyari grup square line di Line, orang aku aja udah jarang buka line lagi. Dan menurut ku, teman-teman member di square line yang aku ikuti itu baik, friendly, dan adminnya tuh peka banget dengan aturan-aturan dan memantau member-member yang jika ada yang langgar, kalau ada yang langgar otomatis membernya di kick/block dari grup square line itu, keras juga nih adminnya.

Kini, aku berpindah ke whatsapp untuk mencari grup komunitas lain. Karena di line itu tuh aku gak terlalu akrab banget dengan teman-teman di grup square line. And finally, kini banyak sekali beberapa grup-grup WA yang aku ikuti, seperti grup wattpad, menulis, dan juga blogger. Banyak sekali teman-teman online dari member grup yang meminta ku berkenalan dan juga saling save kontak, wkwk. Yang penting juga dapat teman dan juga sama-sama belajar 🙂 biasanya aku mencari teman-teman online karena mencari minat hobi yang sama dan juga nanya-nanya tentang kepenulisan.

2. roleplayer

Di sini ada yang pernah main roleplayer ? atau kalian tahu roleplayer gak ? Bagi yang kalian gak tahu apai itu roleplayer, roleplayer ata yang di singkat dengan RP adalah sebuah akun sosmed yang di mana kita memerankan sebuah tokoh-tokoh yang kita sukai dan biasanya suka mencari-cari teman sesama roleplayer dan akhirnya membuat sebuah grup pertemanan. Dan juga dimana itu sesama roleplayer saling berinteraksi dan suka banget berinteraksi sesuai dengan gaya karakter tokoh-tokoh animasi, film, dll.

Aku sebenarnya sudah bermain roleplayer dari tahun 2018, wow sudah 2 tahun berarti. Awalnya aku tau roleplayer itu berawal dari instagram. Waktu itu aku iseng-iseng ngescroll konten-konten instagram. Dan di komentar post itu, terdapat sebuah komentar dari akun tokoh upin-ipin yang bikin pansos ngakak karena komentar nya itu sesuai dengan karakter tokohnya, udah gitu banyak sekali akun-akun rp yang berkeliaran di instagram. Gara-gara akun ig upin-ipin itu, aku jadi tertarik dan akhirnya membuat akun ig rp ku.

Dan waktu itu aku bikin akun roleplayer dengan tema karakter superhero. Dan di situlah pertama kalinya aku memakai akun rp ku di Instagram itu. Dan untungnya, banyak sekali akun-akun rp superhero dan lainya yang aku temui dan akhirnya aku mulai bertaman dengan teman-teman rp di instagram dan memutuskan untuk membuat sebuah grup IG khusus pertemanan rp. Kebanyakan akun rp nya tuh cowok semua dan ada sih akun roleplayer cewek yang juga ikutan join.

Awalnya sih semua enjoy-enjoy aja dengan pertemanan akun roleplayer di grup ig. Ada yang ngepost post tokoh superhero, video, bahkan sampai-sampai ada juga akun-akun rp tuh ternyata sama-sama suka atau pacaran gitu dengan sesama akun rp.

Namun saat ini, dunia roleplayer di instagram ku sudah sepi banget. Bahkan, ada yang memutuskan untuk berhenti jadi rp dan kembali ke akun instagram aslinya. Dul pernah di dunia rp instagram ku itu pernah sekali terjadi keributan antar grup yang membuat hampir semua grup rp gitu tuh saling bermusuhan cuman gara-gara saling ejek toxic gitu. Dan aku pernah terseret kasus Rp war terebut. Jadi gini, rp aku tuh pernah di ejek oleh temen rp aku dengan kata-katanya agak rasis gitu. Gara-gara itu aku jadi tersinggung dan juga kesel dengan kelakuan itu. Saking kesalnya, aku sampai ngeblock akun temen rp ku dan sampai situ grup rp ku terpecah menjadi 2 belah. Dan di situ aku ngakak banget sih dengan kelakuan teman-teman rp ku yang saling bacot-membacot dan sampai-sampai saling post gambar editan yang isinya tuh kayak mengejek sebelah grup gitu, wkwkw dan aku sih diam aja di situ.

Dan sekarang kasus itu sudah kelar, aku dan teman rp ku akhirnya sudah baikan dan kini jalin pertemanan lagi meskipun sifat buruknya masih aja terus di pake. Dan begitu juga dengan teman-teman rp ku yang lainnya yang berdamai dengan grup sebelah. Sekarang nih rp udah sepi banget sejak bulan ramadhan. Dan syukurlah, sekarang ini dunia rp IG ku sudah kembali ramai. Dan sudah banyak temen-temen rp baruku yang bermunculan untuk meramaikan dunia rp IG ku. Aku sih udah mulai agak jarang sih bermain rp karena kondisi kehidupan nyata ku agak sibuk dan belum lagi minggu depan mau UAS, tugas-tugas selalu berdatangan untuk mengacaukan ketenangan ku. Meskipun sibuk, aku masih tetap berbaur dengan teman-teman rp ku di Instagram.

Well itu lah secoret tulisan pengalamanku bersama teman-teman online di sosmed. Sorry ya kalau misalnya tulisan ku agak panjang dan sedikit aneh karena aku menulis ini dengan kondisi yang rasanya tuh mulai ngantuk gitu, wkwkwk.

Kalau kalian, apakah kalian suka mencari teman-teman online di sosmed ? atau kalian pernah main roleplayer ?

Punya sharing pengalaman berteman dengan teman online, tulis di kolom komentar ya.

10 tanggapan untuk “Mencari teman Online lewat Grup Wa dan IG Roleplayer

  1. Hai! Salam kenal! Aku juga punya kenalan baru semenjak aktif ngeblog. Menyenangkan ya punya temen di dunia maya, malah cerita sama mereka lebih nyaman gitu.

    Semoga kita juga bisa jadi teman hihihi

    Suka

  2. Kebanyakan teman saya malah dari dunia maya, introvert sih wkwk. Sebenarnya ada aja jalan buat ketemu sama temen” dunia maya itu, tapi tetap saya tidak mau

    Suka

    1. dari instagram. biasanya gak hanya kelas nulis untuk blog kok, kalau di grup wa aku kebanyakan grup nulis buat bikin cerita fiksi gitu. Tapi ada sih grup komunitas blogger

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s