Berbicara dengan Masker, Si Tameng Mulut

Kini Masker adalah alat yang oaling langka dan barang paling berharga saat Pandemi Corona. Masker sudah jarang di temukan lagi di sekitar Pasar/Kios sejak terjadi wabah virus corona. Masyarakat berboyong-boyong untuk mencari keberadaan masker itu agar mereka bisa mendapatkan masker itu untuk melindungi tubuhnya dari Virus. Masker saat itu adalah barang paling wajib di pakai saat sedang wabah corona, beberapa di luar rumah seperti tempat umum, atau berpergian memakai transportasi juga harus memakai masker dengan ketat, Banyak polisi/petugas mengalakkan ke masyarakat untuk memakai masker saat sedang di luar rumah. Hal ini bertujuan untuk kebaikan kepada masyarakat agar tubuh tetap sehat dan terlindung dari virus corona.

Pada kali ini, kita akan berkenalan nih dengan si tameng kecil, yaitu masker.

Apa itu masker ?

Masker adalah salah satu barang kesehatan yang sering sekali di pakai orang-orang pada umumnya. Masker ini berfungsi sebagai melindungi mulut dan hidung dari terpapar penyakit atau polusi-polusi udara serta bau yang tidak sedap. Benda nya yang ringan dan mudah di bawa kemana-mana serta praktis dan harganya sangat murah sehingga mudah di beli.

Fungsi masker

Meskipun di bilang benda paling kecil dan agak tipis, tapi benda ini punya manfaat nya loh. Masker juga berfungsi melindungi mulut dan hidung kita dari paparan polusi udara. Polusi adalah salah satu asap yang berasal dari knalpot transportasi, pabrik, maupun asap kebakaran yang umumnya menyerang sistem pernapasan kita sehingga timbul berbagai penyakit seperti batuk, sesak nafas ,dan batuk. Selain itu masker juga berfungsi menghindar dari orang yang sedang sakit, sehingga penyakitnya tidak tertular ke kita. Dan juga masker juga melindungi hidung & mulut kita dari bau-bau yang tidak sedap seperti bangkai, sampah, dan cairan kotor yang mengandung bau yang tidak sedap.

Cara pemakaiannya

Untuk pemakaian masker itu cukup mudah untuk di pakai, asal memakainya harus di benar sesuai dengan petunjuknya. Apa sih langkah-langkah memakai masker dengan benar ?

  • Sebelum memakai masker, pastikan bagian warna yang agak gelap di bagian temgah supaya tidak terbalik
  • Gunakan memakai masker cukup sekali saja, habis itu di buang
  • Gantilah dengan masker yang bersih dan baru jika masker yang kalian pakai itu sudah kotor dan rusak
  • Melepas masker pun cukup dengan memegang tali dan buang csecepatnya
  • Untuk memakai masker, cukup saja memegang tali dan gantungkan tali itu di daun telinga
  • Usai memegang masker yang sudah di buang/di pakai, jangan lupa segeralah cuci tangan dengan sabun

jenis jenis masker

Meskipun kalian cuman hanya mengenal masker bedah yang sering di pakai pada umumnya ? ternyata masker itu punya banyak beragam jenis-jenis masker, mulai dari masker umum hingga masker khusus. Meskipun sama-sama masker, tetapi fungsi dan pemakainnya juga beda loh. Bahkan ada yang makai masker yang khusus untuk para tenaga medis atau petugas-petugas tertentu. Berikut masker-masker ini adalah paling banyak yang di pakai oleh masyarakat dan orang-orang khusus.

1. masker bedah

Masker ini adalah salah satu masker paling populer yang sering di pakai oleh orang-orang umumnya. Masker ini sering sekali di temui oleh banyak-banyak tempat, seperti Apotek, Toko, Pasar, dan Supermarket. Barangnya yang ringan, tipis, dan mudah di bawa kemana-mana ini sangat befungsi melindungi mulut dan hidung dari penyakit. Serta masker ini punya banyak beragam warna yang unik dan juga ada model desain masker dengan gambar yang unik.

Masker bedah ini terdiri dari 3 lapisan. Yaitu lapisan luar dan lapisan satu di tengah berfungsi sebagai penyaring fliter dari kotoran.

2. masker n95

Masker n95 atau yang di sebut dengan masker respirator adalah salah satu masker yang berfungsi sebagai menyaring dari kotoran/ partikel yang berbahaya. Masker ini banyak di pakai oleh para tenaga medis di Rumah sakit seperti di wabah corona sekarang ini. Masker ini juga ampuh melindungi mulut dan hidung dari penyakit dan virus.

3. masker gas

Masker ini adalah masker yang sangat langka dan hanya di pakai oleh tenaga medis, petugas, atau pemadam kebakaran khusus. Masker ini termasuk masker yang paling besar yang berfungsi melindungi dari asap/gas yang berbahaya seperti gas radioaktif/ gas radiasi. Masker ini bukan masker untuk di pakai oleh masyarakat pada umumnya, karena masker ini tergolong berat dan hanya untuk melindungi dari gas/ asap yang berbahaya yang umumnya adalah gas radioaktif.

4. masker kain

Masker ini adalah masker yang sangat praktis dan bisa di gunakan kembali karena masker ini adalah salah satu masker yang bisa di cuci dan tidak mudah rusak. Makser ini juga banyak sekali di pakai oleh masyrakat umum karena sangat efektif dan bisa di pakai kembali oleh kapan saja. Masker ini terbuat dari kain yang sangat tebal sehingga dapat melindungi mulut dan hidung dari polusi/penyakit. Meskipun efektif dan bisa di pakai, kalian juga harus tetap cuci tangan setelah memegang masker yang sudah kalian pakai.

Nah seperti itulah selak-beluk mengenai masker. Yuk memakai masker dengan benar agar kita bisa terlindungi dari berbagai penyakit termasuk virus corona.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s