Mengenal lebih dekat dengan COVID-19

Tahun 2020 ini adalah tahun terberat dan terburuk sekarang ini. Di mana dunia gempar dengan kehadiran wabah penyakit yang sudah mencemari beberapa negara di seluruh dunia. Kini, Virus corona semakin membesar dan memakan sebagian korban.Hal itu membuat para tenaga medis semakin kewalahan dalam berperang lawan virus ini dan berusaha menyelamatkan pasien. Sudah berkali-kali virus corona gak ada habisnya membantai hampir seluruh umat manusia. Korban mulai berjatuhan dengan skala yang banyak dan sudah melebihi dari 100 korban. Meskipun gak semuanya saja yang tidak selamat dari virus corona, tetapi sebagian besar adayang bisa sembuh dari virus corona berkat menjalani pengobatan yang rutin dan serius.

Bagi masyarakat pasti sudah kenal dengan virus mematikan atau yang di sebut dengan COVID-19 ini. Namun, ada beberapa sebagian orang awam masih belum tahu apa sih penyakit COVID-19. Kali ini aku akan bahas nih apa sih itu COVID-19.

Apa Itu COvid-19 ?

COVID-19 atau yang di sebut dengan Virus Corona adalah sebuah penyakit dari kerabat virus yang menyerang tubuh manusia lewat sistem pernapasan. Penyakit ini di bilang ringan-ringan berat sih karena penyakit ini mempunya gejala ringan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan gak enak badan. Dari kelihatan penyakit ini sih biasa-biasa saja seperti penyakit lainnya, tapi jangan anggap remeh dulu. Jika penyakitnya mulai parah, virus corona ini bakal menyerang sistem pernapasan yang menyebabkan gejalanya kian parah seperti demam tinggi dan pneumonia. Virus corona umumnya hanya menyerang orang-orang dewasa atau lansia. Tapi seiring meluasnya wabah, virus ini bisa menyerang semua umur, termasuk anak-anak yang jika memiliki tubuh yang rentan lemah dan gampang sakit itu akan gampang terdampar viris corona.

Latar pemicu wabah Covid-19

Berawal dari Negara Tirai Bambu ini tepatnya di Kota Wuhan, Tiongkok. Awal munculnya virus ini berasal dari sebuah tempat pasar yang biasanya berisi jualan daging-daging mentah yang beberapa daging itu sangat ekstrim seperti kelelawar, ular, tikus, dsb. Kandungan-kandungan buruk di daging hewan itulah yang menjadi penyebab lahirnya virus corona dan menyerang di sebagian wilayah Tiongkok, termasuk Kota Wuhan yang menjadi tempat pusat sekaligus Negara Tingkok pertama yang terpapar virus corona sejak Desember 2019. Wabah corona di Wuhan semakin membesar dan mulai banyak korban berjatuhan sehingga pemerintah Tiongkok pun memutuskan untuk me-lockdown Kota Wuhan itu selama beberapa bulan. Namun saat ini, wabah virus corona kini sudah melebar menyerang hampir seluruh negara di dunia, termasuk indonesia yang mau gak mau harus melakukan PSBB di sejumlah kota demi menghindar dari terjangkit virus ini.

Gejala-gejala Covid-19

Sudah aku singgung di atas, gejala-gejala COVID-19 ini akan terlihat seperti umumnya terkena penyakit biasa ini, seperti :

  • Demam di atas 36’C
  • Batuk berdahak
  • Flu di sertai pilek yang berlendir
  • Asma / Pernapasan pendek
  • Sakit dada

Dari gejala tersebut terlihat seperti biasa seperti penyakit umumnnya, tapi ini salah besar. Gejala-gejala di atas tersebut jika di abaikan saja, malah justru penyakitnya jadi lebih parah hingga dapat menular lewat kontak langsung oleh sekitar orang-orang. Jika sudah parah dan tidak berobat, maka akan terjadi kematian.

Hal ini yang gampang ketular Covid-19

Awal Virus Corona ini biasanya hanya di tularkan oleh hewan ke manusia. Namun seiring beberapa hari kemudian menjelang wabah, virus corona kini sudah tertular dari manusia ke manusia. Virus corona ini dapat tertular lewat lingkungan-lingkungan sosial, seperti acara massal, pernikahan , atau event terbuka. Virus ini akan gampang tertular lewat :

  • Bertemu orang langsung (biasanya bertemu orang yang sudah terkena virus corona)
  • Menyentuh orang penderita atau menyentuh bagian tubuh termasuk area wajah seperti mata, hidung, mulut tanpa mencuci tangan habis menyentuh)
  • Ikut acara-acara kumpul massal, baik pernikahan, pesta, maupun rapat
  • Tidak pake masker atau menutup mulut jika sedang bersin atau batuk

Mendektesi covid-19 melalui tubuh

Untuk mengetahui apakah pasien tersebut terpapar atau tidak, biasanya dokter akan mewawancarai kepada pasien apakah pasien tersebut habis keluar kota/ke luar negri dan bertemu kontak langsung dengan orang-orang penderita penyakit tersebut. Biasanya untuk mengecek diagnosis pasien tersebut akan di lakukan serangkaian rapid test atau tes lainnya untuk mengetahui apakah pasien tersebut terpapar atau tidak. Jika tidak terpapar, maka pasien tersebut di anjurkan untuk karantina di Rumah dan menjaga kesehatannya secara rutin. Jika pasiennya terpapar, maka wajib ke Rumah sakit dan harus menjalani perawatan secara intensif dan ketat.

cara mencegah covid-19

Kini, beberapa negara sudah menemukan vaksin yang tepat untuk membasmi virus ini dan masih dalam tahap pengembangan/ uji coba. Untuk menghindari dari Virus Corona, alangkah baiknya kalian harus menjaga kesehatan dengan sederhana dan secara rutin. Seperti :

  • Menerapkan social/ physical distancing untuk menjaga jarak dari hubungan kontak langsung dengan orang-orang di sekitarnya
  • Mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun & hand sanitizer
  • Memakai masker tiap hari saat berpergian ke luar Rumah
  • Olahraga ringan secara teratur agar tubuh kalian sehat
  • Istirahat yang cukup
  • Makan makanan yang bergizi
  • Selalu minum vitamin / madu untuk melindungi imun tubuh dari penyakit
  • Jagalah kebersihan benda-benda di sekitarnya

Yuk, jaga kesehatan kalian. Rajinlah olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Yang penting kalian akan aman di Rumah dari ancaman virus corona. Dansatu lagi, di usahakan jangan melihat berita tentang wabah virus corona terlalu sering. Karena itu akanmenjadi semakin cemas dan khawatir dengan kondisi wabah di luar atau menjadi takut dengan kondisi tubuh jika sedang sakit. Yang penting jaga kesehatan kalian ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s