Menulis itu Mudah, Ternyata…..

Blogger adalah salah satu pekerjaan yang saat ini di gandrungi oleh masyarakat, khususnya pecinta menulis. Blog adalah rumah nya para blogger sekaligus tempat wadah untuk berimajinasi lewat menulis. Gak hanya isinya cuman teks tulisan semua aja, kita juga bisa menambahkan gambar ilustrasi / video untuk mempercantik dan supaya artikel kita semakin jelas dan sebagai gambaran contoh yang sesuai isi artikelnya.

Membahas seputar menulis, dari keliatannya menulis itu adalah kerjaan paling mudah cuman hanya bermodalkan pensil/pulpen dan buku tulis. Jadi tinggal menulis apa aja yang kita tulis, atau tidak bermodalkan laptop/pc pun juga bisa menulis di blog. Yaa emang mudah banget sih kalau namanya menulis, tapi jangan hanya liat cover luar aja guys.

KEHABISAN IDE alias WRITER BLOCK’S

Di balik karya tulisan bagus dan sangat disukai oleh para pembaca ini, ternyata butuh ekstra kerja keras dan harus bisa benar-benar kreatif. Dan merangkai kata-kata pun harus benar-benar kreatif asal jelas apa isi artikel itu. Sampai idenya terkuras sampai habis di otaknya, penulis pun makin jadi bingung dan ngestuck menulis saking kebanyakan mikir demi mendapat ide yang baru. Sampai-sampai perjalanan menulis pun jadi buntu dan tersesat dan tak tau arah jalan pulang . Fenomena itulah yang di sebut dengan writer block’s.

Ternyata menulis itu gampang-gampang-susah. Dimana kalian harus kembangkan ide tulisan dulu sebelum mulai menulis, misalnya membuat kerangka alur cerita dulu sebelum mulai di esekusi (biasanya itu wajib sekali jika ingin bikin cerita novel, baik fiksi, all genre, maupun cerpen). Ini hampir yang di rasakan oleh seperti aku yang pernah iseng-iseng bikin cerita tapi gagal 😦

MAGER

Mager atau di sebut malas adalah penyakit selanjutnya setelah writer block’s.

Katanya mau jadi blogger kok post artikel mu gak pernah update lagi sih ?

Katanya mau jadi novelis kok ceritanya masih setengah-setengha ?

Katanya bla…. bla…. bla……

Mager adalah ujian paling sulit yang di hadapi oleh penulis/ blogger. Jangan berhenti untuk menulis meskipun sudah keseringan atau baru pertama kali menulis, terus menulis dan terus menulis. Jika keseringan malas dan rebahan terus di kasur yang empuk, bisa-bisa minat dan keinginan menulis kalian akan jadi hilang secepatnya. Kok sama kayak aku ya πŸ™‚ *Dasar Pemalas.

AKU MAU BANGET JADI BLOGGER ATAU PENULIS, TAPI AKU GAK BISA NULIS CERITA. GIMANA YA ?

Gimana mau jadi penulis/ blogger kalau kalian belum latihan menulis tapi cuman ngaku-ngaku bercita-cita saja ? Heyyy!!! itu yang kalian sering nyatat materi di sekolah atau kampus kan kok kamu bisa nulis ? katanya gak bisa nulis. Jangan asal pesimis dulu jika mau jadi penulis blogger profesional. Semua usaha itu harus di mulai dari nol. Kalau masih bingung mau nulis apa, banyakin baca buku sebanyak-banyaknya biar menemukan inspirasi dan ide dari buku. Kalau gak mau baca buku, usahakan baca berita atau artikel di browser web. Jika kalian sudah mendapatkan ide lebih banyak, waktunya eksekusi menulis. Itu baru kalian bisa menulis. Terusin aja latihan kalian dan ulangi terus tahapan-tahapan proses menulis.

Well, segitu saja coretan gaje ku tentang dilema-dilema dalam kepenulisan. Tetap semangat untuk menulis ya. Terus lah menulis. Semakin kecanduan menulis artikel/cerita, semakin pula skill menulis kalian naik secara dratis.

Kalian yang paling susah dalam menulis itu apa ? Tulis do komentar ya πŸ™‚

7 tanggapan untuk “Menulis itu Mudah, Ternyata…..

  1. Halangan terbesar saya soal menulis saat pikiran saya lagi berantakan, dan gak fokus, pingin ngerjain banyak hal dalam 1 waktu, akhirnya jadi gak mau nulis πŸ˜€

    Semangat terus menulisnya!!

    Suka

  2. Aku beberapa kali ketemu orang ya, mereka semacam melucu tapi aku nggak nanggepin.
    Mereka bilang begini “Aku juga suka nulis, tapi aku nggak suka baca. Jadi aku nggak baca buku, tapi nulis” Ehm… sebenarnya aku kepo nih, bisakah seseorang pinter nulis kalau membaca aja nggak mau? Kosa katanya dari mana?

    Pengen deh aku kasih nih link, soalnya dibalik rajin nulis kita butuh perjuangan banget biar nggak mager apalagi ngalami writer’s block.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s